Saturday, September 3, 2016

Perawatan Kulit Gatal Bayi Dilihat Dari Penyebabnya MENGATASI KULIT GATAL PADA BAYI

Perawatan Kulit Gatal Bayi - Sebagai ibu Anda pasti pernah ataupun sedang mengalami keadaan dimana bayi Anda gatal-gatal. Gatal pada bayi memang hal yang biasa karena kulit bayi memang sangat sensitif, namun walaupun biasa Anda tidak boleh membiarkannya saja karena iritasi kulit pada bayi karena terjadi. Gatal pada bayi dibagian tertentu terutama wajah, tangan, ataupun kaki akan reflek membuat bayi Anda merasa tidak nyaman dan akan menggaruknya.


Perawatan Kulit Gatal Bayi Dilihat Dari Penyebabnya
Ada beberapa jenis gatal yang biasanya dialami oleh bayi Anda. Anda perlu tahu penyebab dari gatal yang sedang dialami oleh bayi Anda, entah karena bakteri, alergi makanan, virus, gigitan nyamuk atauoun semut. Anda harus langsung melakukan perawatan ekstra cepat untuk menyembuhakan kondisi gatal tersebut.

Dibawah ini ada beberapa penyebab gatal dan bagaimana cara mengatasinya, simak ulasannya berikut.

Penyebab dan Cara Perawatan Kulit Gatal Bayi

Gatal Bayi Karena Bakteri dan Virus
Gatal yang sedang dialami oleh bayi Anda bisa dilihat dari gejalanya. Jika gatal karena bakteri atau virus pasti akan disertai dengan demam. Gatal karena bakteri merupakan gatal impetigo atau yang biasa disebut dengan cacar api. Sementara penyebab gatal pada bayi karena virus biasanya akan menimbulkan cacar air dan juga herpes.

Cara perawatan untuk gatal yang disebabkan virus, Anda harus memberikan obat antibiotik yang bisa And dapatkan diapotik, sedangkan untuk gatal yang disebabkan oleh virus, kebersihan dan penanganan intensif harus dilakukan.

Gatal Bayi Karena Biang Keringat
Biang keringat pasti dialami oleh hampir seluruh bayi. Biang keringat merupakan penyebab gatal dimana pori-pori keringat pada bayi tertutup sehingga terjadilah penumpukan keringat didalam kulit. Biang keringat akan muncul disekitar tubuh bayi terutama pada leher dan punggung dengan bentuk bintik-bintik kecil berwarna merah. Bintik merah ini akan menimbulkan gatal bercampur rasa panas pada kulit bayi.

Cara perawatan untuk gatal karena biang keringat bisa dilakukan dengan pemberian bedak dingin atau tepung kanji untuk menghilangkan sumbatan-sumbatan keringan pada kulit bayi Anda.

Gatal Bayi Karena Biduran
Sementara gatal biduran pada bayi biasanya dikarenakan oleh pengkomsian makanan tertentu seperti susu formula atau makanan pendamping ASI. Tidak semua bayi memiliki kondisi dimana bisa memakan semua jenis makanan yang Anda berikan, karena setiap tubuh memiliki imun yang berbeda-beda. Cara perawatan gatal biduran pada bayi ini bisa Anda lakukan dengan mengoleskan madu hitam, sari kurma, atau jintan.

Gatal Bayi Karena Digigit Serangga
Tidka seperti orang dewasa yang memiliki kulit tebal, bayi cenderung lebih menderita kalau digigit serangga seperti nyamuk atau semut. Rasa gigitan tersebut akan sangat membuat kulit bayi gatal tidak karuan dan pada akhirnya membuat bayi Anda sangat tidak nyaman. Cara mengatasi gigitan serangga pada kulit bayi sangat sederhana, cukup dengan mengoleskan bahan alami seperti minyak kelapa ataupun minyak goreng (yang belum terpakai). Bisa juga dengan minyak telon atau minyak kayu putih.

Itulah ulasan mengenai penyebab-penyebab gatal dan cara perawatan kulit gatal bayi yang bisa Anda jadikan sebagai pengetahuan disaat bayi Anda sedang mengalami gata-gatal. Selain itu selalu jaga kebersihan tempat tidur bayi dan pakaian bayi kecil Anda.

Perawatan Kulit Gatal Bayi Dilihat Dari Penyebabnya. Kalau bisa gunakanlah detergen khusus untuk mencuci pakaian bayi Anda karena kulit bayi yang cenderung masih sensitif mungkin saja akan merasa panas jika merasakan bahan kimia dari detergent yang mungkin saja masih menempel pada baju bayi Anda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon