Sunday, February 26, 2017

MAKANAN YANG DAPAT MELINDUNGI PAPARAN SINAR MATAHARI Tips Meningkatkan Pertahanan Kulit

Perlindungan Kulit dari Sinar Matahari. Mengoleskan sunscreen untuk melindungi kulit dari terpaan sinar matahari tidaklah cukup. Selain perlindungan dari luar, dibutuhkan asupan makanan yang mampu melindungi kulit dari dalam.


Beberapa makanan ternyata dapat meningkatkan pertahanan alami tubuh kita terhadap matahari.

Makanan berikut ini juga mampu meningkatkan pertahanan kulit jika dikonsumsi dengan rutin.

1. Tomat

Tomat telah lama dikaitkan dengan melindungi kulit Anda dari efek berbahaya matahari. Bahkan sebuah studi dari BBC menemukan bahwa setelah 12 minggu mengonsumsi pasta tomat, oarng-orang tersebut memiliki ketahanan kulit yang meningkat sebanyak 30%.

2. Pomegranate

Buah delima diyakini kaya akan anti oksidan yang mampu memberi perlindungan pada kulit sehingga sebagai anti-inflamasi.

3. Bayam

Bayam tinggi di Coenzyme Q10 yang bertindak sebagai perisai dari kerusakan radikal bebas, dan mampu menghentikan kerusakan yang diakibatkan sinar matahari.

4. Tahu dan Susu Kedelai

Produk kedelai mengandung genistein yang berfungsi sebagai antioksidan dan membantu dalam produksi kolagen.

5. Semua Jenis Berry

Buah beri kaya akan pigmen ungu yang disebut antosianin. Selain rasanya enak, buah beri juga mengandung SPF alamiah. membantu menangkis radikal bebas dan merangsang pertumbuhan kolagen pada kulit.

6. Labu kuning

Warna kuning dari buah ini berasal dari kandungan karotenoid. Menongumsi labu kuning sangat dianjurkan untuk mereka yang sering berada di bawah sinar matahari.

7. Paprika

Warna merah, kuning atau oranye dari paprika berasal dari pigmen alami yang disebut karotenoid. Antioksidan ini diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh yang akan melindungi sel kulit dengan menghambat kerusakan pada lapisan lemak di sekitar sel kulit.

8. Salmon

Kandungan Omega-3 pada salmon bisa membantu untuk menghambat inflamasi yang diakibatkan sinar UVB sampai 52 persen. Selain itu, salmon pun berguna untuk menghalangi sinar UV yang mencoba mengurangi kolagen kulit sehingga dapat mengurangi potensi keriput.

Kandungan vitamin D pada salmon sehingga dapat melindungi sel kulit dari kerusakan. Dengan kata lain, salmon membantu kekebalan kulit yang terkena matahari dari kulit belang sampai akibat yang lebih parah seperti kanker.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon