Friday, September 15, 2017

Kenali Penyebab Kaki Gajah dan Penyembuhannya

Penyakit kaki gajah, sesuai dengan namanya penyakit tersebut adalah penyakit yang menyebabkan terjadinya sebuah pembesaran pada kaki penderita yang mana kaki penderita menyerupai kaki seekor gajah. Penyakit ini bukan merupakan penyakit yang cukup mematikan namun kondisi yang dirasakan dapat mengganggu penderita dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan banyak penderita malu dengan penyakit yang dideritanya.

Kenali Penyebab Kaki Gajah dan Penyembuhannya


Seseorang yang punya penyakit ini kakinya berukuran sangat besar dan di luar batas wajar, pembesaran tersebut bisa dialami satu kaki maupun keduanya. Bahkan bagi seorang pria kantung buah zakar juga akan ikut membesar, karena terjadi pembesaran pada pembuluh getah bening sebagai infeksi serta adanya perkembangbiakan organisme pada daerah tersebut.

Kenali Penyakit Kaki Gajah Sejak Dini


Penyebab Kaki Gajah

Kaki gajah dalam bahasa kesehatan adalah filariasis merupakan penyakit yang timbul karena adanya infeksi cacing filaria. Infeksi dari cacing filaria ada disebabkan gigitan nyamuk kemudian cacing filaria disuntikkan oleh nyamuk dan masuk pada pembuluh getah bening manusia sehingga cacing tersebut berkembang biak di dalamnya.

Perlu diketahui bahwa penyakit ini bersifat kronis dan berlangsung cukup lama secara bertahap. Namun kecacatan akan menetap yang ditimbulkan melalui pembesaran kaki, lengan serta alat kelamin, hal ini terjadi karena penderita tidak melakukan pengobatan. Penyakit ini biasanya menyerang wilayah tropis terutama negara Asia Tenggara yaitu Thailand dan Indonesia.

Kenali Cacing Filaria

Cacing filaria adalah cacing nematoda yang memiliki bentuk seperti benang. Terdapat 3 macam spesies cacing ini yang menyebabkan penyakit kaki gajah yaitu Wuchereria Bancroffi, Brugia Malayi, Brugio Timor. Penularan tersebut melalui 20 jenis nyamuk yang menyebabkan adanya penyakit kaki gajah semakin besar. Cacing yang masuk ke pembuluh getah bening manusia memiliki ukuran yang sangat halus.

Penularan Kaki Gajah

Mulainya penularan penyakit ini dimulai pada saat nyamuk menggigit dan mengisap darah manusia yang telah mengandung cacing filaria. Mikrofilaria tersebut kemudian akan masuk pada rongga perut nyamuk, dan berbentuk seperti sosis tahu larva stadium satu. Setelah satu minggu kulit, tubuh mulai panjang dan gemuk masuk pada larva stadium II. Hari kesepuluh larva berubah ke stadium III dan sangat aktif bergerak alat tusuk nyamuk.

Pada stadium ini larva akan mudah masuk ke tubuh manusia, dan di dalam tubuh manusia mengalami 2 kali perubahan kulit yaitu stadium IV dan V. Cacing filaria yang berada di tumbuh mengalami pembesaran dan menyumbat aliran pada getah bening, kelenjar getah bening yang sering terinfeksi adalah bagian lipat paha yang pada akhirnya akan menyebabkan kaki gajah.

Cacing dewasa betina mampu bertahan dalam, tumbuh selama 10 tahun dan pada saat itu cacing filaria tetap tumbuh dan dapat menghasilkan sepuluh ribu Mikrofilaria per hari dan terbentuk terus menerus di pembuluh darah dan setiap harinya cacing tersebut dihisap oleh nyamuk.

Penyembuhan dan Pencegahan Kaki Gajah


Bagi seseorang yang memiliki penyakit kaki gajah sangat diharapkan agar memiliki kesadaran untuk memeriksakan dan mengobatinya ke dokter agar segera mendapatkan pengobatan sehingga penyakit tidak mudah menyebar kepada masyarakat yang lain. Oleh  sebab itu perlu adanya pendidikan dan pengenalan penyakit kepada penderita dan warga sekitar sebagai langkah awal pencegahan yang paling utama.

Langkah pencegahan lain yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga lingkungan agar tidak kotor sehingga jauh dari genangan air, yang menyebabkan berkembang-biaknya nyamuk,. Selanjutnya menjaga kebersihan badan, badan harus dijaga dengan cara mandi teratur dua kali sehari dan mencuci tangan dengan sabun.

Menghindari gigitan nyamuk, yang dapat dilakukan dengan menggunakan pakaian yang panjang atau bisa juga memakai obat nyamuk baik obat bajar, elektrik maupun lotion. Dan terakhir tanam tanaman lavender, lavender adalah tanaman yang paling tidak disukai nyamuk dan kemungkinan masuk ke rumah menggigit manusia sangat kecil.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon