Saturday, September 16, 2017

Segudang Manfaat Kunyit Yang Perlu Anda Tahu

Kunyit ternyata tidak hanya bisa digunakan sebagai salah satu bumbu masakan saja. Tanaman rimpang yang sekelas dengan jahe ini memiliki banyak manfaat, khususnya untuk kesehatan. Selain untuk meningkatkan nafsu makan, karena mengandung senyawa kimia kurkumin, kunyit juga memiliki manfaat lain jika dikonsumsi.

Segudang Manfaat Kunyit Yang Perlu Anda Tahu

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan


Meringankan Osteoarthritis

Penyakit osteoarthritis adalah penyakit kaku sendi. Pada penderita penyakit ini, sendi mereka akan terasa kaku, nyeri, serta kehilangan fleksibilitasnya hingga sulit digerakkan. Kunyit memiliki kinerja yang hampir sama dengan ibuprofen sehingga dipercaya dapat membantu mengurangi nyeri pada sendi penderita osteoarthritis.

Untuk mengurangi nyeri sendi, penderita osteoathritis dapat mengkonsumsi segelas air rebusan kunyit dua kali sehari, atau jika tidak sempat membuat rebusan, dapat diganti dengan mengkonsumsi ekstrak kunyit dengan dosis 500 mg.

Mengatasi Ruam pada Kulit

Kulit yang kemerahan karena ruam atau gatal juga dapat diatasi dengan kunyit. Cukup bubuhkan kunyit yang sudah dihaluskan pada kulit yang terkena ruam, atau bisa juga dengan membuat pasta kunyit yang dibuat dari bubuk kunyit yang dijual di supermarket. Produk yang mengandung unsur kunyit juga direkomendasikan untuk penderita ruam kulit.

Kulit Gatal

Kurkumin yang terkandung di dalam kunyit juga ampuh mengatasi kulit yang gatal. Mengkonsumsi produk yang mengkombinasikan kurkumin dengan cabe jamu dan esktrak lada hitam dapat membantu mengurangi kulit yang gatal.

Nyeri Datang Bulan

Kaum hawa pasti sudah akrab dengan minuman yang terbuat dari kunyit ini. Pasalnya kunyit dipercaya dapat mengurangi nyeri ketika sedang datang bulan. Jamu kunyit ini dapat dibuat sendiri di rumah. Caranya, cukup rebus segenggam kunyit yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong dengan dua gelas air. Campurkan dengan asam jawa dan gula merah. Rebus hingga mendidih. Saring dan minum.

Konsumsi air rebusan kunyit ini tiga hari sebelum, selama dan tiga hari setelah datang bulan. Namun jika tidak sempat membuatnya di rumah, sekarang sudah banyak sekali dijual di pasaran produk jamu kunyit asam baik yang berupa minuman maupun serbuk. Anda tidak perlu lagi merasakan nyeri ketika datang bulan tiba.

Dispepsia (Maag)

Kandungan dalam kunyit dapat merangsang pemroduksian empedu yang baik untuk meningkatkan kinerja pencernaan. Selain itu, kunyit juga membantu mengurangi produksi asam lambung yang membuat perut kembung. Alasan itulah yang membuat kunyit baik dikonsumsi bagi mereka yang menderita disepsia dan juga tukak lambung ( terlukanya pada dinding lambung ).

Kanker kolorektal (usus besar)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kandungan di dalam kunyit sangat ampuh untuk meningkatkan kinerja pencernaan. Jika pencernaan lancar, maka beban kerja usus, termasuk usus besar juga lebih ringan. Hal inilah yang membuat kunyit dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker usus besar.

Efek Samping

Walaupun kunyit sangat baik untuk kesehatan, namun tentu masih ada efek sampingnya jika dikonsumsi dengan tidak benar. Mengkonsumsi kunyit secara berlebihan bisa saja menimbulkan beberapa reaksi seperti gangguan pada kantong empedu, kontraksi uterus, gangguan hati, perdarahan, mengurangi kesuburan pada pria, dan gangguan perut serta pencernaan. Maka mengkonsumsi kunyit juga harus bijak dan sewajarnya saja.

Batas konsumsi kunyit adalah tidak boleh lebih dari 500 mg setiap harinya. Mengkonsumsi kunyit dalam takaran yang melebihi dosis dapat membuat kerja organ dalam tubuh menjadi tidak normal, bahkan konsumsi berlebihan dapat mengganggu ritme jantung.

Kunyit juga tidak disarankan untuk dikonsumsi secara rutin bagi penderita diabetas, ibu hamil dan menyusui, orang yang kekurangan zat besi, penderita gangguan pendarahan dan  yang akan melakukan operasi.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon