Friday, October 6, 2017

Berikut Ciri-ciri Awal Mula Penyakit Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ dalam tubuh yang memiliki pembuluh darah sangat banyak dan berfungsi menyaring serta membersihkan darah. Organ penting ini adalah salah satu organ yang sangat berpengaruh dalam pencernaan, apabila ginjal mengalami gangguan atau kerusakan maka pencernaan pun akan mengalami gangguan yang menimbulkan berbagai penyakit kronis dan berbahaya. 

Berikut Ciri-ciri Awal Mula Penyakit Ginjal

Ciri atau Gejala Awal Penyakit Ginjal 


Salah satunya penyakit gagal ginjal, batu ginjal, infeksi ginjal, dan peradangan pada ginjal. Kondisi penyait ginjal bisa menjadi masalah yang serius jika disertai dengan diabetes atau penyakit jantung. Namun sayang penyakit ginjal sering tidak menunjukan gejala saat seseorang mulai terserang, apabila sudah dalam kondisi yang cukup parah baru gejala ginjal akan terlihat.  Nah berikut simak gejala awal penyakit ginjal.

Gangguan buang air kecil

Setiap gangguan yang berhubungan dengan penyakit ginjal biasanya muncul dalam bentuk kerusakan pada saluran kandung kemih. Para penderita penyakit ginjal akan sering buang air kecil pada malam hari, tetapi kadang-kadang sulit buang air kecil. Salah satu gangguan awal penyakit ginjal juga dapat ditandai dengan bercampurnya darah dalam urin.

Nyeri pinggang

ciri-ciri yang kedua yaitu nyeri pada bagian pinggang atau tulang sendi mengalami rasa linu dan sakit. Dalam beraktivitas sehari-hari pun akan terhambat. Nyeri pinnggang ini dapat di obati dengan berbagai cara, salah satunya dengan meminum ramuan dari daun herbalis. Nyeri pada pinggang yang sering terjadi ini, biasanya dipicu karena penyakit ginjal sudah tergolong akut.

Mudah lelah

Kelelahan sudah biasa terjadi apabila kita menjalankan aktivitas sehari-hari dengan berlebihan. Tetapi apabila bagi kamu yang terkena penyakit ginjal, kelelahan ini alasannya karena ketidakmampuan ginjal untuk memproduksi erythropoietin dalam jumlah yang tepat atau kurang. Hal ini menyebabkan otak dan otot mudah sekali merasa lelah.

Pembengkakan

Bengkak yang besar pada bagian tubuh atau tumbuhnya peradangan ini diakibatkan oleh beberapa hal. Bengkak ini dapat terjadi pada siapa saja dan dimana saja. Salah satu fungsi pada ginjal untuk tubuh yaitu dengan menyingkirkan cairan yang berlebihan. Jadi apabila sistem ginjal sehat menjadi tidak efisen ketika membuang cairan, hal ini disebabkan gejala seperti pembengkakan wajah tangan, pada kaki atau pergelangan kaki.

Masalah pernafasan

Para penderita penyakit ginjal sering mengeluh susah bernafas secara tiba-tiba. Hal ini terjadi karena ginjal tidak mampu membuang makanan  dan mengakibatkan terkumpul di dalam paru-paru. Mereka juga akan mengalami bau tak sedap dari mulit, padahal tidak ada masalah pada mulut dan juga gigi, ini terjadi karena terbentuknya sisa makanan dalam darah penderita. 

Diare mual dan muntah

Bila anda mengalami gejala berkurangnya air urin yang di ikuti dengan gejala diare serta muntah hebat, kamu perlu curiga akan kemungkinan terkena penyakit ginjal. Gejala yang ditandai dengan diare serta muntah hebat memang kerapkali menjadi penyebab akan timbulnya penyakit ginjal, hal ini dikarenakan banyaknya cairan yang telah dikeluarkan ketika sedang bab dan muntah.

Bengkak pada bagian kaki

Kaki dan tungkai yang membesar disebabkan karena terjadi penumpukan cairan berlebih yang akan menumpuk di kaki. Selanjutnya, pada penyakit ginjal kadar protein di dalam darah akan berkurang sehingga bisa menyebabkan kaki menjadi bengkak. Jadi jika kaki anda mulai membengkak, segera periksa ke dokter. Nah berikut merupakan gejala awal penyakit ginjal, agar dapat menunda diagnosa. Mencegah lebih baik, maka dari itu lakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur agar kamu rentan terhadap penyakit. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon