Monday, October 23, 2017

INI DIA ARTI SIMBOL PADA PRODUK KOSMETIK

Cara Membaca Simbol dalam Kemasan Produk Kosmetik. Saat memerhatikan kemasan produk kecantikan, mungkin Anda pernah melihat berbagai simbol yang tertera di sana. Biasanya di tiap produk kecantikan ada beragam jenis simbol untuk menjelaskan kriteria produk tersebut, sehingga Anda sudah bisa mengetahui sebagian informasi penting soal produk hanya dengan melihat simbol yang ada. Namun terkadang tidak semua wanita memahami arti dari simbol tersebut. Sebagai referensi, baca juga Tips Muda Cek Waktu Kedaluwarsa Makeup

INI DIA ARTI SIMBOL PADA PRODUK KOSMETIK

Berikut arti simbol pada kemasan produk kosmetik.

Simbol E

simbol E pada kosmetik

Jika Anda menemukan simbol E, maka itu artinya produk tersebut sudah sesuai dengan aturan atau regulasi yang dikeluarkan oleh Uni Eropa (EU) terkait dengan volume atau isi produk. Biasanya simbol ini ditempatkan setelah keterangan volume. Jika tertulis 100 ml yang diikuti simbol E itu artinya isi bersih dari produk adalah 100 ml di luar berat kemasan.

Ecocert

simbol Ecocert pada kosmetik

Jika Anda memiliki produk kosmetik dengan lambang ini, bisa dipastikan bahwa 95% formulanya berasal dari bahan natural. Di bawah logo Ecocert, jika terdapat kata “Organic Cosmetic”, maka 95% bahan itu berasal dari tanaman organik. Sedangkan jika terdapat kata “Natural Cosmetic”, maka hanya 50% kandungan dari bahan kosmetik tersebut berasal dari tanaman organik.

Leaping Rabbit

simbol Leaping Rabbit pada kosmetik

Logo berbentuk kelinci berlari ini menandakan bahwa produk kosmetik tersebut bersifat cruelty free, yang menandakan produk dan kandungan dalam kosmetik tidak diuji coba pada hewan atau mengandung bahan dengan unsur hewani. Anda juga akan melihat simbol ini ketika berbelanja produk kecantikan berlabel vegan.

Simbol UVA

Arti simbol UVA pada kosmetik

Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, cari simbol ini dalam produk perawatan andalan. Sesuai dengan tulisannya, lambang tersebut mengartikan jika item dilengkapi dengan kandung SPF yang bisa melindungi Anda dari sinar UVA, sehingga mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan penuaan dini serta resiko kanker pada kulit.

Hourglass

Arti simbol Jam Pasir pada kosmetik

Mirip dengan PAO, simbol ini menunjukkan usia penggunaan produk tersebut. Produk dengan simbol ini menandakan bahwa produk dapat digunakan selama 30 bulan. Simbol ini biasanya ditemukan para produk kecantikan yang berasal dalam lingkup wilayah Uni Eropa, sedangkan produk yang berasal dari Amerika umumnya tidak mengharuskan produk kecantikan dengan masa pakai kurang dari 30 bulan menyertakan simbol ini.

PAO (Periode After Opening)

Arti simbol PAO (Periode After Opening)  pada kosmetik

Wadah kecil dengan simbol berbagai angka di dalamnya ini menandakan waktu yang direkomendasikan ketika kemasan produk sudah dibuka. Misalkan, jika ditulis 6M, maka jangka waktu ideal produk untuk digunakan sampai habis adalah 6 bulan. Produk skin care yang melebihi jangka waktu tersebut idealnya tidak digunakan kembali karena biasanya kandungan utama dalam produk sudah tidak lagi bekerja maksimal, meskipun produk belum memasuki masa kedaluwarsa. Jika tidak mau mubazir, Anda juga bisa mengalihfungsikan produk untuk berbagai hal lain.

Green Dot

Arti simbol Green Dot  pada kosmetik

Berbeda dengan simbol lainnya, logo ini memang paling berwarna. Sebagian dari Anda mungkin sudah bisa menebak jika lambang tersebut punya makna positif karena dihadirkan dengan palet hijau. Logo ini memang bisa diartikan bahwa perusahaan memproduksi item tersebut bekerjasama dengan organisasi daur ulang. Hal itu dilakukan agar limbah kemasan bisa dikelola dengan cara yang ramah lingkungan.




Artikel Terkait


EmoticonEmoticon