Tuesday, October 24, 2017

TES KESEHATAN SEDERHANA YANG BISA DILAKUKAN D RUMAH

6 Tes Kesehatan Sederhana yang Bisa Dilakukan di Rumah. Menjaga kesehatan sangat penting. Tetapi, sebagian orang takut dan malas untuk memeriksakan diri di rumah sakit. Ada cara mudah yang bisa kamu lakukan jika hanya untuk mengetes kesehatan tanpa harus pergi menemui dokter. Baca juga Alat Kesehatan Canggih yang Terhubung Internet dan Smartpone

TES KESEHATAN SEDERHANA YANG BISA DILAKUKAN D RUMAH

Berikut tes kesehatan sederhana yang bisa dilakukan di rumah sebelum memutuskan menemui dokter.

1. Jantung

Pertama, cek kondisi tubuhmu dengan menghitung detak jantung. Caranya, duduk diam selama 5 menit dan letakkan jarimu di area pergelangan tangan lalu temukan denyut nadi. Hitung selama 1 menit ada berapa kali denyutan. Bagi orang dewasa dan anak-anak di atas 10 tahun, denyut nadi 60-100 kali setiap menit dalam kondisi normal. Kurang atau lebihnya jumlah denyut nadi ini dalam mengindikasikan masalah pada tekanan darah.

Meski begitu, kamu tidak boleh asal mendiagnosis sendiri dan sebaiknya periksakan ke dokter jika tekanannya terasa tak normal.

2. Jari

Hanya dengan menggunakan jari, kamu juga bisa mengetahui sirkulasi darah dalam tubuh. Caranya adalah, ambil segelas air dingin dan celupkan jarimu selama 30 detik. Jika jarimu berubah warna menjadi putih atau biru, kamu memiliki masalah dengan sirkulasi darah.

Kalau sudah begini sebaiknya kamu menghindari perubahan suhu yang ekstrem. Temperatur yang berubah secara signifikan dalam menyebabkan kontraksi pembuluh darah yang menyuplai di jari tangan maupun kaki, hidung dan telinga. Akibatnya, bagian tubuh itu akan kekurangan pasokan darah dan bisa mati rasa.

3. Sistem Pernafasan

Untuk mengecek sistem pernafasan, cara ini juga mudah untuk dilakukan sendiri di rumah. Nyalakan korek api. Ambil nafas dalam dengan hidung lalu keluarkan lewat mulut perlahan-lahan, kemudian padamkan nyala dari korek api saat menghembuskan nafas.

Jika kamu membutuhkan usaha yang cukup keras hanya untuk memadamkan api itu, sistem pernafasanmu kemungkinan lemah. Ini disebabkan karena kamu sering merokok, atau kurang olahraga, atau menderita saluran pernafasan kronis. Sebaiknya temui dokter jika mulai parah.

4. Retensi Cairan

Tekan bagian atas atau bawah kaki dengan jempol. Jika ada bekas berupa lekungan di sana setelah ditekan, kemungkinan kamu menderita retensi cairan. Kalau sudah begini, yang dapat kamu lakukan adalah mengurangi konsumsi garam dan makanan olahan pabrik.

5. Tiroid

Tutup mata, luruskan tangan dan rentangkan jarimu. Minta orang lain meletakkan kertas di atasnya. Jika kertas itu bergetar dan begitu pula dengan jari-jarimu, kamu sebaiknya segera menemui ahli endokrinologi.

6. Mata

Ini merupakan cara mudah untuk memeriksa kondisi kesehatan mata. Caranya tutup sebelah matamu dan mundur lima langkah dari monitor. Perhatikan gambar di atas baik-baik, dan lihat apakah beberapa garis berubah menjadi gelap dibandingkan garis yang lain. Jika ya, maka tidak ada salahnya segera ke optik karena kemungkinan kamu menderita astigmatis.

7. Pencernaan

Sistem pencernaan yang mengandalkan banyak anggota tubuh berpotensi menghadirkan beragam penyakit. Mulai dari tidak lancarnya sistem pencernaan tubuh, perut kembung, sering merasa lapar, hingga infeksi usus. Beberapa tes dapat Anda lakukan sendiri di rumah untuk mengetahui gejala awalnya.

Pertama, periksa lidah Anda. Perhatikan warna lidah Anda di cermin. Lidah yang sehat biasanya berwarna merah muda. Jika warna lidah Anda kekuningan, ungu, merah tua, atau putih pucat kemungkinan Anda mengalami gangguan sistem pencernaan. Apalagi jika lidah Anda terasa sakit saat makan dan menelan makanan. Menurut John Renshaw, dokter ahli pengobatan tradisional Cina, gejala-gejala ini dapat diredakan dengan makan makanan hangat seperti sup dan air putih hangat. Hindari makanan yang dapat meningkatkan asam lambung seperti kudapan yang digoreng, junk food, minuman yang mengandung kafein tinggi, dan minuman bersoda.

Kedua, ukur waktu lapar Anda. Makanlah dengan porsi normal dan cukup sesuai kebutuhan tubuh. Lihat apakah Anda merasa lapar lagi setelah dua jam. Jika iya, Anda berpotensi mengalami masalah pada energi tubuh. Hal ini yang kerap membuat tubuh cepat lelah, gampang marah, dan sangat mendambakan makanan manis. Penuhi kebutuhan gula darah Anda dengan mengkonsumsi roti gandum, oats, dan karbohidrat lainnya yang kaya serat seperi gandum. Perlahan makanan ini dapat menaikkan gula dalam darah.

Mudah bukan untuk memeriksa kesehatan di rumah secara sederhana. Perlu diingat, untuk lebih akurat tetap kunjungi dokter Anda. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Itulah salah satu alasan pentingnya cek kesehatan bagi setiap orang.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon