Friday, August 4, 2017

BAHAYA MEMAKAI KOSMETIK KEDALUWARSA Tips Mudah Cek Waktu Kedaluwarsa Makeup

Waspada Memakai Makeup Kedaluwarsa. Beraneka ragam jenis kosmetik membuat wanita menjadi lapar mata, sehingga berlebihan dalam membeli produk kecantikan khususnya kosmetik dan sering melupakan kapan harusnya berhenti menggunakannya karena telah kedaluwarsa. Lihat juga TIPS MENGHILANGKAN GATAL RUAM IRITASI Khasiat Oatmeal Pada Kulit Gatal

BAHAYA MEMAKAI KOSMETIK KEDALUWARSA Tips Mudah Cek Waktu Kedaluwarsa Makeup

Wanita terkadang tidak memperhatikan kapan dirinya pertama kali menggunakan alat make up tersebut. Padahal itu merupakan salah satu kunci untuk mengetahui sampai kapan make up tersebut bisa digunakan.

Salah satu ciri makeup yang sudah kadaluarsa adalah dari bau dan warnanya yang sudah mulai berubah.

Kulit Anda akan sangat berisiko rusak jika terus menggunakan makeup yang sudah kedaluwarsa. Salah satu bahaya memakai kosmetik kadarluasa adalah iritasi pada kulit, gatal, bahkan terjadi pembakaran pada kulit. Bahaya dari kosmetik kadaluarsa tergantung dari produk-produk yang digunakan

Begini jadinya kalau Anda lalai akan hal tersebut:

Foundation

Jika Anda melewatkan tanggal kedaluwarsa pada foundation, akan membahayakan kondisi pori-pori pada wajah Anda.

Mengapa? Karena kandungan minyak pada foundation akan muncul ke permukaan, sehingga bila diaplikasikan pada wajah, akan menyebabkan penyumbatan pori-pori dan kemudahan bagi bakteri untuk berkembang.

Beragam iritasi yang biasa disebut dengan acne cosmetica seperti komedo, bintil-bintil, dan kemerahan pun akan bermunculan.

Lipstik

Bibir yang merupakan lapisan paling tipis pada seluruh tubuh. Karenanya bibir sangatlah rentan terkena bakteri.

Sedangkan lipstik yang dipenuhi kandungan natural dan pelembap, juga sangat rentan terkena bakteri bila disimpan melewati tanggal kedaluwarsanya.

Karena itu, mengaplikasikan lipstik kedaluwarsa pada bibir sudah pasti akan mempermudah terjadinya bibir kering, pecah-pecah, bahkan infeksi.

Maskara

Bulu mata diciptakan tentunya untuk melindungi mata dari kontaminasi kotoran yang berterbangan di udara.

Bila Anda menggunakan maskara kedaluwarsa yang notabene sudah banyak mengandung kotoran, sudah bisa dipastikan tak hanya mata Anda yang akan mengalami iritasi atau infeksi, tapi kulit wajah juga akan mengalami pengelupasan dan kemerahan.

Bedak & Blush

Bedak dan blush memang bisa bertahan tiga hingga empat tahun. Namun bila tidak dirawat dengan baik, kedua produk makeup ini tetap berisiko menyebabkan kemerahan dan penyumbatan pori-pori pada wajah.

Hal ini disebabkan oleh menempelnya minyak wajah pada bedak atau blush ketika diaplikasikan, baik dengan jari atau brush.

Tidak hanya batas waktu kedaluwarsa makeup, menggunakan alat makeup yang kotor untuk mengaplikasikan berbagai produk makeup juga dapat memicu perkembangbiakan mikroorganisme yang menyebabkan herpes, kurap atau impetigo yaitu penyakit menular yang mengakibatkan kulit lecet-lecet. Karena itu, selain memperhatikan kedaluwarsa makeup, penting untuk membersihkan alat-alat makeup.



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon