Thursday, October 12, 2017

Penyebab Dan Cara Sederhana Mencegah Penuaan Dini

Usia memang menjadi salah satu masalah untuk mempertahankan penampilan cantik pada kulit wajah kita. Semakin usia bertambah maka tidak dapat di pungkiri wajah akan mengalami perubahan. Tetapi penuaan pada kulit wajah kita tidak hanya disebabkan dengan perubahan usia saja, tidak menjaga dan merawat kulit menjadi penyebab lainnya. Kerutan di_wajah memang sangat mengganggu penampilan. 

Penyebab Dan Cara Sederhana Mencegah Penuaan Dini


Banyak wanita yang sudah mengeluarkan banyak uang untuk menghilangkan kerutan di_wajahnya. Keriput dapat terjadi ketika kulit kehilangan kelembaban yang berakibat kulit menjadi kurang elastis. Namun jika wanita sudah kehilangan kelembapan saat masa muda, itu dapat terjadi karena beberapa faktor. Namun, selain itu ada banyak penyebab lain seseorang terlihat lebih tua sebelum masanya atau disebut sebagai penuaan dini. 

Untuk menghilangkan kerutan pada wajah memang tidak mudah, dan membutuhkan suatu proses. Nah, bagi anda yang ingin mengetahui penyebab dan cara mencegah penuaan dini, simak tips sederhana berikut ini.

Penyebab Alami Penuaan Dini dan Cara Menguranginya


Sinar matahari

Ada beberapa penyebab yang perlu anda ketahui, agar dalam mencegahnya pun tidak terlalu sulit. Yang pertama disebabkan oleh sinar matahari, yang merupakan faktor eksternal yang cukup memberikan pengaruh yang signifikan bagi seseorang yang mengalami penuaan dini. 

Waktu yang paling berbahaya dan patut untuk dihindari ialah ketika sinar matahari berada pada titik klimaksnya yakni antara jam 10.00-15.00. Anda perlu menggunakan tabir surya untuk bagian wajah dan tubuh yang terbuka, untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari secara langsung.

Kelembaban udara

Kelembaban pada udara yang tidak stabil juga dapat mempengaruhi kulit wajah kita. Cara untuk melindungi kelembaban kulit terutama bagi anda yang hidup di_daerah tropis dan terkenal memiliki kelembaban udara yang tidak stabil dengan cara menggunakan pelembab yang dapat mempertahankan kadar air dalam kulit. 

Radikal bebas 

Radikal  bebas yaitu  efek dan adanya polusi lingkungan, pemakaian air yang tercampur Bahan-bahan kimia, perubahan cuaca yang ekstrem serta faktor lainnya yang dapat menyebabkan targanggunya pertumbuhan kolagen. Radikal bebas merupakan sebuah molekul ganas yang menggrogoti Sel-sel tubuh termasuk di_dalamnya terdapat jaringan kolagen. 

Untuk mencegahnya anda dapat mengkonsumsi banyak vitamin seperti buah dan protein. Kerusakan radikal bebas merupakan salah satu penyebab utama penuaan dini. Kerusakan ini dapat terjadi karena akumulasi abnormal elastin pada kulit, yang mengakibatkan kelebihan produksi metaloproteinse dan pada akhirnya akan terbentuk kerutan pada wajah.

Polusi udara 

Polusi udara yaitu kondisi udara yang buruk, yang akan mengakibatkan kulit menjadi tidak sehat. Kulit akan menjadi keriput jika anda sering berada ditempat dengan polusi udara yang buruk. Asap kendaraan, asap pabrik dan lain sebagainya akan membuat kulit anda tak sehat. Nah sebaiknya anda sering menggunakan pembersih wajah sehabis bepergian agar asap atau debu yang menempel dapat langsung menghilang.

Merokok 
Semua orang tahu jika merokok sebuah kegiatan yang tidak baik untuk kesehatan. Merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit serius seperti serangan jantung dan kanker Paru-paru. Selain itu rokok juga menjadi penyebab penuaan dini. 

Nikotin yang terdapat pada sebuah rokok akan membuat sel kulit kekurangan cairan hingga akhirnya kulit menjadi kering.  Merokok juga mengganggu peredaran darah sehingga membuat kulit menjadi pucat dan membuat sel kulit banyak yang mati. Sehingga kulit akan nampak lebih tua.

Alkohol

Alkohol juga tidak baik untuk kesehatan. Selain dapat menyebabkan obesitas, serangan jantung hingga stroke. Alkohol juga tidak baik untuk kesehatan kulit. Kebiasaan mengkonsumsi alkohol akan menyebabkan penurunan kondisi kulit. Bagi orang yang kecanduan dengan alkohol akan memiliki pola makan yang buruk, dan mempengaruhi nutrisi pada kulit. Kebiasaan meminum alkohol membuat kulit menjadi kering dan menua.

Kurang tidur atau sering begadang

Bisa kalian lihat, Orang-orangyang kurang istirahat atau sering begadang, memiliki kulit yang terlihat lebih tua dari usianya. Hal ini dikarenakan begadang atau kurang tidur dapat menyebabkan penuaan dini. Orang yang sering begadang akan mengakibatkan regenerasi kulit terganggu, oleh sebab itu usahakan tidur dengan teratur.

Nutrisi yang kurang dalam tubuh

Nutrisi yang buruk dapat menyebabkan kondisi kulit menjadi buruk. Nutrisi yang tidak seimbang akan membuat kulit menjadi kering dan cepat keriput. Setiap hari kulit membutuhkan Sel-sel baru untuk melawan sinar matahari. Oleh sebab itu nutrisi sangat penting untuk kesehatan kulit.

Stress

Beban pikiran yang berat seperti stress juga akan berdampak buruk pada kecantikan kulit anda. Jika anda mengalami stres alangkah baiknya anda beristirahat. Jangan terlalu memaksakan kegiatan yang menyebabkan anda stres, karena hal ini tidak baik untuk kesehatan. Stres juga tidak baik untuk kesehatan kulit anda, karena kulit anda akan cepat keriput dan menua apabila anda sering mengalami stres.

Cara mengatasi penuaan dini Secara bahan Alami


Menggunakan madu

Cara pertama mengatasi penuaan dini yaitu dengan menggunakan madu. Pasti kalian semua tahu khasiat madu dalam dunia kecantikan. Madu dapat menghilangkan keriput, mencerahkan kulit, dan menghaluskan kulit. Manfaat madu juga dapat mengatasi penuaan dini secara alami Gunakanlah madu sebagai masker wajah. Aplikasikan madu pada wajah dan leher, diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih. 

Pisang 

Bahan alami berikutnya adalah buah pisang. Buah satu ini merupakan bahan alami yang sering digunakan wanita untuk perawatan kulit wajah. Anda dapat menggunakan pisang sebagai masker wajah. Menurut dokter pisang merupakan bahan alami yang paling ampuh untuk menyamarkan tanda penuaan dini.

Kentang dan bengkoang

Seperti bahan alami yang telah disebutkan sebelumnya, kentang dan bengkoang juga kerap dijadikan sebagai bahan alami untuk perawatan kulit wajah. Kentang dan bengkoang mampu menjaga kelembaban dan elastis pada kulit. Selain itu keduannya dapat  mencerahkan kulit.

Minyak zaitun dan lemon

Cara berikutnya yaitu dengan mengkobinasikan antara minyak zaitun dan lemon. Minyak zaitun mengandung sebuah nutrisi serta antioksidan yang baik untuk kulit, sementara lemon berfungsi untuk membersihkan, mencerahkan dan mengencangkan kulit. Kombinasi keduanya dipercaya ampuh untuk mengatasi tanda penuaan seperti keriput atau garis halus pada kulit.

Mentimun

Mentimun merupakan buah yang memiliki kandungan air yang banyak. Mentimun dapat membantu mencegah dehidrasi pada kulit. Dehidrasi sendiri akan menyebabkan kulit menjadi kering dan cepat keriput. Nah maka dari itu gunakanlah mentimun  untuk mengatasi penuaan dini, caranya mudah sekali, tiriskan mentimun kemudian anda tempelkan pada kulit wajah anda selama beberapa menit.

Minyak kelapa 

Selain minyak zaitun, minyak kelapa juga dapat membantu anda mengatasi masalah penuaan dini. Minyak kelapa merupakan salah satu bahan alami yang sangat baik untuk mengatasi kerutan pada kulit. Anda cukup mengoleskan minyak kelapa pada kulit, namun perlu anda ingat. Minyak kelapa yang anda pakai adalah minyak kelapa alami.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon