Wednesday, November 1, 2017

Posisi Tidur Yang Tepat Untuk Kesehatan Anda

Tidur merupakan cara terbaik untuk melakukan istirahat setelah lelahnya dari aktivitas sepanjang hari selain itu tidur juga merupakan kebutuhan yang dibutuhkan bagi tubuh kita. Seperti yang sudah kita ketahui orang dewasa sehat memerlukan tidur malam sebanyak 7 atau 8 jam sehari. 

Posisi Tidur Yang Tepat Untuk Kesehatan Anda


Bahkan telah dilakukannya penelitian juga tidur siang yang dilakukan kurang lebih 5 sampai 10 menit akan membantu meningkatkan konsentrasi Anda kembali yang telah melakukan rutinitas yang melelahkan. Pada saat kita dalam keadaan tidur hal ini dapat meningkatkan produksi sel pembuat materi pelapos yang biasa disebut dengan mylein, mylein ini berfungsi untuk melindungi sirkuit otak. 

Berdasarkan penilitian di Journal of Nouresciense yang dilakukan oleh Dr. Chiara Cirelli beserta koleganya dari Universitas Winconsin menemukan bahwa tingkat produksi sel seperti oligodendroctytes, myelin, berlipat ganda saat tidur. Uji coba ini dilakukan dengan menguji pada seekor tikur yang sedang tidur.  

Terlepas dari jumlah jam dan waktu tidur ternyata posisi tidur juga mempengaruhi kesehatan tubuh. Pengaruh yang diberikan disini pengaruh positif maupun negatif. Untuk mengubah posisi tidur merupakan hal yang sulit dilakukan apalagi jika kita terbiasa tidur dalam keadaan miring tiba – tiba harus tengkurap merupakan hal yang sangat sulit. 

Akan tetapi perlu Anda ketahui juga posisi tidur yang baik dan buruk bagi kesehatan itu seperti apa, agar menambah referensi pengetahuan Anda: 

Berikut Posisi Tidur yang Baik bagi Kesehatan


Tidur Terlentang 

Posisi tidur terlentang merupakan posisi tidur terbaik untuk Anda. Karena pada posisi ini Anda dapat menyeimbangkan berat badan, kesesuaian organ tubuh bagian dalam, mencegah sakit sakit punggung atau tulang belakang serta leher, selain itu jika Anda memiliki riwayat penyakit asma tidur dalam posisi terlentang merupakan posisi terbaik untuk Anda. 

Karena pernapasan akan sangat lancar dan tidak terganggu seperti halnya jika tidur dalam kondisi tengkurap yang akan mengganggu pernapasan. Dapat mencegah sakit punggung karena punggung dan tulang belakang dapat didukung dengan kasur yang akan memaksimalkan posisi tidur Anda. 

Tidur pada posisi terlentang bagus juga untuk kecantikan. Hal ini disebabkan posisi wajah yang menghadap keatas akan mengurangi kekenduran pada otot wajah, sehingga hal  ini akan mengurangi keriput pada wajah. 

Tidur Miring

Posisi tidur miring ini sering dilakukan kita saat kita masih bayi hingga sekarang. Tidur miring dengan posisi lutut ditekuk dapat mengurangi ketegangan pada punggung. Akan tetapi perlu diperhatikan saat tidur seperti ini gunakan bantal agar menjaga kepala pada posisi netral, sehingga posisi kepala tidak naik turun. 

Bagi kesehatan tidur miring dapat mengurangi rasa sakit mual – mual dan asam lambung, tentu hal ini ditujukan bagi orang yang mempunyai masalah ini. Bahkan dokter juga menyarankan kepada wanita yang sedang hamil untuk tidur pada posisi miring kiri, karena hal ini akan meningkatkan sikulasi darah menuju jantung, hal ini sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan bayinya. 

Karena jika ibu hamil tidur dalam posisi terlentang hal ini akan berakibat  sakit pada punggung bagian bawah dan dapat menyebabkan pinsan. Akan tetapi jika posisi tidur miring baik untuk ibu hamil lain halnya dengan orang yang tidak hamil sebaiknya saat tidur dalam posisi miring, maka miringkan badan ke kanan. 

Sebaiknya menggunakan bantal yang tidak lunak untuk ditaruh dibawah kepala dan leher agar mengurangi tekanan pada pundak dan sisipkan bantal pada kedua kaki supaya tumpuan badan tidak terpusat di pinggul dan menyebabkan pegal – pegal. Bahkan menaruh tumpukan bantal pada kedua kaki juga sangat ampuh dilakukan saat kaki terasa pegal dan dapat mengurangi rasa pegal – pegal tersebut. 

Tidur Tengkurap

Tidur tengkurap sangat tidak dianjurkan bagi Anda yang memiliki kesehatan baik, karena pada dasarnya tidur tengkurap memiliki hal yang positif hanya untuk menolong orang yang memiliki masalah sleep apnea atau kebiasaan mendengkur. Jika Anda tidak memiliki masalah kebiasaan mendengkur sebaiknya Anda hindari posisi tidir yang tengkurap.

Tidur Menyamping 

Tidur menyamping baik untuk kesehatan secara keseluruhan hal ini karena dapat mengurangi untuk mendengkur dan merenggangkan tulang belakang. 

Berikut Posisi Tidur yang Buruk Bagi Kesehatan 

Tidur Terlentang 

Tidur terlentang ini mempunyai dampak yang buruk bagi kesehatan untuk yang memiliki masalah dengan sleep apnea atau mendengkur, karena orang yang memiliki masalah dengan mendengkur sangat tidak diuntungkan dengan tidur dalam keaadaan terlentang. 

Hal ini dikarenakan efek grafitasi dapat membuat pangkal lidah turun di saluran pernapasan, hal ini akan menghambat sirkulasi udara yang masuk dan justru akan menimbulkan suara mendengkur yang lebih keras. 

Tidur Miring 

Seperti yang sudah disarankan oleh dokter untuk wanita hamil akan lebih baik jika tidur dalam posisi miring kiri, tetapi tidur miring ke kiri dapat membuat tekanan pada perut serta paru – paru . Tidur dalam posisi miring dengan keadaan meringkuk, lengan berada dibelakang kepala merupakan posisi yang sangat umum dilakukan oleh kebanyakan orang, akan tetapi perlu diketahui hal ini dapat mempengaruhi otot dan syaraf. 

Karena posisi kepala, dan tubuh pada satu lengan dapat membatasi aliran darah serta menekan saraf, tanpa kita sadari hal ini sering terjadi pada kita seperti rasa sakit yang luar biasa atau kesemutan (mati rasa). Selain itu tidur pada posisi ini juga dapat menyebabkan bahu terasa lebih berat hal ini dapat terjadinya penyempitan paa leher serta otot bahu. 

Tidur Tengkurap

Tidur tengkurap merupakan posisi tidur yang paling buruk bagi kesehatan jika dibandingkan dengan yang lainnya karena hal ini dapat membuat posisi kurva mendatar secara alami pada tulang belakang, selain itu juga dapat membuat sakit nyeri punggung pada bagian bawah. 

Bisa kita rasakan jika tidur semalaman dalam keadaan kepala menghadap ke bawah terus menurus juka akan mengganggu kesesuaian tulang leher, dan tanpa kita sadari saat bangun tidur akan merasakan pegal – pegal pada leher. Akan tetapi jika ini memang posisi yang sudah terbiasa Anda lakukan sebaiknya tambahkan posisi bantal secara bertahap untuk melatih tubuh agar dapat tidur di salah satu sisi. 

Tidur Menyamping

Tidur pada posisi menyamping dapat menyebabkan kesehatan payudara berkurang seperti payudara kendur, selain itu pada posisi tidur ini juga memiliki dampat negatif untuk kecantikan yaitu dapat mengakibatkan kerutan pada kulit.

Hal diatas merupakan beberapa cara tidur yang baik dan buruk untuk kesehatan, dan dari setiap posisi tidur tidak dapat dipungkiri memiliki hal yang positif dan negatif. Pada umumnya orang tidur dengan posisi tidur yang dianggap mereka nyaman. Akan tetapi jika Anda ingin mencoba mengubah posisi tidur Anda jauh lebih baik tidak ada salahnya. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon