Tuesday, March 6, 2018

8 KHASIAT JOJOBBA OIL UNTUK PERAWATAN KULIT

Ini dia Alasan Jojoba Oil Baik untuk Perawatan Kecantikan. Jojoba oil adalah minyak alami yang diekstrak dari biji tumbuhan herbal parenial Buxaceae yang disebut Jojoba. Tanaman yang tumbuh di daerah gurun seperti California dan Meksiko ini tahan terhadap panas, juga tetap dapat menyimpan air walaupun berada di tengah kerasnya gurun. Jojoba oil tidak memiliki aroma apa pun, karena diekstraksi langsung dari semak jojoba. Lihat juga RANGKAIAN TAHAPAN PERAWATAN WAJAH DENGAN CLEANSING OIL

8 KHASIAT JOJOBBA OIL UNTUK PERAWATAN KULIT

Jojoba oil adalah bahan yang sangat lembut dan cocok untuk hampir semua jenis kulit. Jojoba oil juga dapat berfungsi untuk menghidrasi kulit dan rambut kering, mengunci kelembapan, dan menjadi pembersih wajah, karena sifat anti inflamasinya.

Jojoba oil lebih terasa manfaatnya jika digunakan langsung pada bagian tubuh yang bermasalah.

Berikut beberapa khasiat jojoba oil untuk kecantikan.

1. Melembabkan Kulit

Dibandingkan dengan minyak alami lainnya, jojoba oil termasuk yang paling aman dengan tingkat alergi sangat rendah. Kandungan Wax Ester dalam jojoba oil memiliki karakteristik yang sama dengan struktur kompisisi kulit manusia sehingga bisa dipastikan aman bagi kulit manusia. Kandungan ini akan mencegah kulit dari kekeringan dan menjaga agar kulit tetap lembab.

Kulit bisa menjadi kering akibat stress maupun kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Wax ester ini akan menggantikan fungsi sebum yang hanya sedikit diproduksi oleh jenis kulit kering untuk melembabkan kulit. Jojoba oil bisa digunakan untuk melindungi kulit dari kekeringan sampai mengatasi penyakit kulit seperti Atopic dermatitis.

2. Mencegah Jerawat

Jojoba oil bekerja melembutkan sel-sel kulit, dan menaikkan kotoran atau komedo yang tersumbat di pori-pori menjadi mudah dibersihkan sehingga sangat cocok digunakan sebagai perawatan wajah berjerawat.

Selain itu kandungan wax ester akan mencegah penyumbatan pori-pori sehingga kamu terbebas dari risiko jerawat akibat pori-pori tak dapat bernafas dengan bebas.

3. Mengatasi Komedo

Jojoba oil memiliki kandungan yang dapat membantu kotoran menjadi lebih mudah dibersihkan, kemungkinan pori-pori tersumbat oleh kotoran dan berubah menjadi komedo juga akan berkurang.

4. Anti-Aging

Vitamin E dalam jojoba oil mempunyai sifat anti-oksidan. Proses oksidasi pada wajah akan mengakibatkan kulit keriput dan mengendur sehingga membuatmu terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Jojoba oil akan mencegah proses oksidasi pada kulit sehingga membuat kulit tampak kencang dan awet muda.

5. Pembersih Wajah

Mirip dengan minyak kelapa, kita juga bisa menggunakan minyak jojoba sebagai pembersih wajah harian.

Oleskan beberapa tetes minyak jojoba pada kulit yang kering, biarkan beberapa saat hingga mnyerap, kemudian bilas dengan air bersih.

6. Pembersih Make-up

Minyak jojoba dapat diaplikasikan langsung ke wajah dengan menggunakan bola kapas sebagai pembersih make-up terutama untuk riasan mata yang tahan air.

Maskara maupun eye liner yang tahan air akan lebih mudah dibersihkan bila make-up remover yang kita gunakan mengandung minyak jojoba.

Selain itu, minyak jojoba juga membantu menghilangkan sisa foundation, bedak, maupun riasan wajah yang masih menempel.

7. Melindungi dari Rambut & Kulit Kepala Kering

Sama seperti kulit, jojoba oil juga akan membentuk perlindungan bagi rambut saat diaplikasikan. Dengan menggunakan jojoba oil, rambut akan terlindungi dari rambut kering, debu, terik matahari, dan ancaman sinar ultraviolet.

Jojoba oil juga bermanfaat melindungi kulit kepala dari masalah ketombe dan gatal akibat kulit kepala kering.

Untuk pertumbuhan rambut yang lebih baik, pijat beberapa tetes jojoba oil ke kulit kepala untuk memberi nutrisi pada akar rambut. Biarkan selama 20 menit, lalu cuci rambut dengan sampo dan kondisioner, sebelum membilasnya bersih.

8. Mencegah Stretch Mark

Kekuatan melembabkan yang hebat dari jojoba oil akan membantu para ibu hamil mencegah timbulnya stretch mark dengan melembutkan kulit area perut jika digunakan secara rutin.

Di luar masa kehamilan pun, jojoba oil bisa digunakan untuk mencegah selulit. Bahkan jojoba oil bisa digunakan jika bayi mengalami iritasi akibat gesekan dengan popok.



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon