Tuesday, April 24, 2018

INI MASA KEDALUWARSA PRODUK MAKEUP DIAWALI DARI PRODUK PERTAMA KALI DIBUKA

Menghitung Umur Produk Makeup Sebelum Kedaluwarsa. Bukan hanya memperhatikan produk dan teknik penggunaan makeup, melainkan juga kapan Anda harus mengganti produk makeup yang digunakan. Sebagai pecinta makeup, Anda harus mengetahui dan memahami seberapa lama produk-produk kesayangan Anda dapat digunakan, bahkan jika tidak tertera satupun informasi pada kemasannya, agar terhindar dari potensi iritasi dan masalah kulit lainnya. Baca juga BAHAYA MEMAKAI KOSMETIK KEDALUWARSA

INI MASA KEDALUWARSA PRODUK MAKEUP DIAWALI DARI PRODUK PERTAMA KALI DIBUKA

Setiap produk makeup perlu diganti jika memang sudah tidak layak. Berikut masa berlaku produk makeup dihitung dimulai dari produk dibuka untuk pertama kalinya.

1. Foundation
Foundation cair memiliki kadar air yang cukup tinggi sehingga meningkatkan kemungkinan pertumbuhan bakteri. Anda hanya boleh menggunakannya maksimal selama satu tahun.

Ketika foundation disimpan semakin lama, maka konsistensinya semakin tebal. Itu berarti bakteri telah tumbuh subur di foundation. Anda akan melihat foundation akan semakin tebal tepat di bagian tutupnya. Area tersebut lebih banyak memiliki kontak dengan udara sehingga akan lebih banyak lagi bakteri di sana.

Untuk mencegah jerawat dan iritasi kulit, gantilah foundation setiap delapan bulan hingga satu tahun sekali. Hindari mengambil foundation dengan menggunakan jari. Lebih baik gunakan foundation dalam bentuk pump atau tabung.

2. Maskara
Maskara memiliki tekstur yang basah dan kondisi di dalamnya begitu gelap sehingga cocok untuk pertumbuhan bakteri. Anda harus mengganti maskara dalam waktu enam bulan. Karena sikat maskara menjadi benda yang paling dekat dengan mata dan Anda lebih mudah terinfeksi.

3. Eyeshadow
Produk bertekstur bubuk seperti eyeshadow memang tidak mudah dihinggapi bakteri seperti krim atau produk cair. Anda bisa menggunakan produk eyeshadow dalam tiga tahun. Satu hal yang pasti dilakukan adalah membersihkan kuas eyeshadow secara teratur karena ini menjadi cara terbaik untuk menghindari bakteri.

4. Lipstik
Lipstik harus diganti setelah satu tahun karena akan mulai mengering. Terutama untuk lipstik matte. Karena teksturnya yang kering akan membuat lipstik matte lebih mudah kering dibanding lipstik glossy.

5. Concealer
Jika Anda sering menggunakan concealer dengan jari-jari, Anda hanya bisa menggunakannya selama delapan bulan. Namun jika menggunakan kuas, Anda bisa menyimpan concealer selama 18 bulan.

6. Blush on dan bronzer
Karena produk ini bertekstur bubuk, membuatnya produk ini tidak mudah dihinggapi oleh bakteri. Anda dapat mengguunakan produk ini selama dua tahun tanpa perlu khawatir. Pastikan untuk menggunakan kuas yang bersih.

7. Eyeliner
Eyeliner gel dan cair yang digunakan dengan kuas harus diganti setiap enam bulan sekali. Karena produk ini sangat berhubungan area sensitif pada mata yang dapat menyebabkan infeksi jika terlalu banyak bakteri yang menumpuk.

8. Pensil mata dan pensil bibir
Setidaknya bisa bertahan antara 3 dan 5 tahun. Jangan lupa mengasahnya sebelum digunakan untuk membuatnya tetap dalam kondisi baik dan bersih.

9. Kuteks
Setidaknya satu tahun sejak dibuka sebelum menggumpal atau mengeras.

10. Perawatan kulit
Sebagian besar produk perawatan kulit memiliki masa simpan yang panjang. Namun hati-hati saat menggunakan krim mata. Karena penggunaannya dekat dengan area mata, membuat bakteri lebih mudah menyerang mata. Oleh sebab itu, khusus krim mata diganti setiap enam bulan sekali.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon