Thursday, July 19, 2018

10 GEJALA TUBUH KEKURANGAN NUTRISI

Tanda Ini Menunjukkan Tubuh Kekurangan Nutrisi. Tubuh akan memberikan sinyal pada kita jika kekurangan nutrisi yang penting, seperti vitamin, air, protein, lemak dan mineral. Lihat juga VITAMIN KULIT Makanan Alami untuk Kulit Sehat dan Cantik

10 GEJALA TUBUH KEKURANGAN NUTRISI

Oleh karena itu kita harus menyadari sinyal apa yang diberikan tubuh.

Berikut ini tanda yang diberikan tubuh jika kita kekurangan nutrisi :

1. Rambut dan kuku rapuh
Hal ini mungkin disebabkan karena kekurangan protein. Protein dalam tubuh terkandung pada tulang, otot, kulit, rambut dan kuku. Sehingga jika kita mulai kekurangan protein maka akan muncul gejala pada kuku rambut dan kulit.

Konsumsi daging, dan protein vegetarian seperti kacang-kacangan, buncis, jamur, tahu, gandum dan lain-lain.

2. Kulit kering dan kerutan
Asam lemak esential, terutama omega-6 sangat penting bagi kulit agar terhindar dari kerutan dan kulit kering. Gejala lain jika kekurangan omega 6 adalah kulit gatal, atau pecah-pecah, gejala lain yang mungkin muncul adalah ketombe, rambut rontok, dan mata kering.

Konsumsi ikan berlemak dan gunakan minyak dengan kualitas tinggi untuk mengatasinya.

3. Kelelahan yang konstan dan kelemahan otot
Jika saat bangun tidur saja kita sudah mengalami kelelahan dan merasa lemah, kemungkinan tubuh kekurangan magnesium. Konsumsi magnesium yang berasal dari almond, kacang tanah, biji labu, biji bunga, matahari, kacang mete dan kakao.

4. Kulit pucat
Kekurangan zat besi membuat kulit kita pucat karena hemoglobin dan sel darah merah kita turun. Mereka yang beresiko mengalami hal ini adalah ibu hamil, mereka yang mendonorkan darah secara teratur, mereka yang punya pola makan buruk, dan vegetarian.

Hati dan daging merah adalah makanan yang kaya dengan zat besi, atau konsumsi bayam, brokoli, atau suplemen zat besi untuk memperbaikinya.

5. Bibir kering dan pecah-pecah
Bibir yang tampak sangat kering, pecah-pecah dan terasa sakit, bahkan timbul keretakan di kedua sudut bibir, ini bisa menandakan tubuh Anda kekurangan vitamin B2 (riboflavin).

Sejumlah porsi kecil dari vitamin ini yang ada dalam tubuh biasanya cukup untuk pemakaian dalam beberapa minggu, sehingga gejala defisiensi akan mulai muncul begitu cadangannya sudah sangat menipis.

Bibir kering dan pecah-pecah akibat defisiensi B2 biasanya akan disertai dengan lidah yang membengkak dan berwarna merah tua, juga mulut yang membengkak. Jika tidak ditangani, defisiensi B2 bisa berlanjut makin parah, kadang menyebabkan kerusakan saraf sehingga memicu kesemutan di jari tangan atau kaki.

Masukkan lebih banyak riboflavin dalam menu makan Anda dengan menambahkan kacang almond, salmon, brokoli, keju cheddar, dan telur.

6. Jerawat dan ruam kulit
Kekurangan zinc akan menyebabkan masalah usus dan sistem kekebalan, hal ini bisa juga menyebabkan alergi dan berdampak negatif pada kulit.

Untuk memperbaikinya, coba konsumsi tiram, daging sapi, ayam, kacang, buncis, kacang mete, jamur dan bayam.

7. Kenaikan berat badan yang tiba-tiba
Jika tiba-tiba kita mengalami kenaikan badan, ada kemungkinan tubuh sedang kekurangan yodium. Yodium adalah zat yang mengontrol metabolisme tubuh, sehingga saat kita kekurangan yodium maka tubuh akan membakar lebih sedikit kalori dan menyimpan lemak.

Konsumsi yodium dari rumput laur, ikan (dari laut), kerang, garam beryodium.

8. Gusi berdarah dan luka yang susah sembuh
Jika kita mengalami hal ini, maka kemungkinan kita kekurangan vitamin C. Mereka yang beresiko adalah ibu hamil dan menyusui, orang tua dan perokok.

Sangat mudah menemukan vitamin C untuk dikonsumsi, buah dan sayuran segar bisa jadi asupan harian kita.

9. Depresi
Kekurangan vitamin D ternyata bisa membuat diri kita merasa depresi. Saat bulan-bulan di musim dingin jika kita merasa depresi, ada kemungkinan kita kekurangan vitamin D.

Karena kita kurang mendapatkan sinar matahari, dan faktor lain yang mempengaruhinya adalah kulit gelap dan kelebihan berat badan.

Dapatkan cukup sinar matahari dan konsumsi vitamin dan makanan kaya vitamin D seperti salmon, cod liver, sarden, udang, kuning telur, tuna, tiram, dan jamur.

10. Kesemutan
Hampir setiap orang pernah mengalami sensasi geli menggelitik dan menusuk yang datang tiba-tiba di tangan atau kaki. Kita umum menyebutnya dengan “kesemutan”, karena sensasi yang dirasakan layaknya digerayangi ratusan semut di bawah kulit.

Kesemutan biasanya disebabkan oleh saraf yang terjepit oleh tekanan berat, seperti saat kita menyilangkan kaki atau duduk bersila terlalu lama.

Tapi sensasi tidak nyaman ini juga bisa dihasilkan dari kekurangan asupan vitamin B, khususnya B6, folat, dan B12.

Anda bisa meningkatkan asupan vitamin B kompleks Anda dengan memasukkan produk gandum utuh, bayam, kacang-kacangan, dan telur ke dalam menu makan Anda.

Berkonsultasilah dengan dokter ataupun tenaga ahli lainnya yang dapat mengatasi gejala kekurangan nutrisi yang Anda alami.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon