Saturday, July 21, 2018

INI DIA ISTILAH-ISTILAH KECANTIKAN YANG SERING DIGUNAKAN OLEH BEAUTY BLOGGER / BEAUTY VLOGGER

14 Istilah yang Sering Kamu Dengar Saat Membahas Skincare. Anda sering mencari inspirasi dan mengintip video atau membaca konten terbaru dari beauty blogger atau beauty vlogger, tetapi banyak istilah-istilah kecantikan yang tidak Anda mengerti. Baca juga ISTILAH-ISTILAH KECANTIKAN YANG SERING DIGUNAKAN UNTUK RIASAN WAJAH

INI DIA ISTILAH-ISTILAH KECANTIKAN YANG SERING DIGUNAKAN OLEH BEAUTY BLOGGER / BEAUTY VLOGGER

Berikut penjelasan beberapa istilah-istilah kecantikan tentang kulit yang mungkin sering didengar.

White Cast
Salah satu pertimbangan yang harus dipikirkan saat membeli foundation atau concealer, yaitu apakah dua produk tersebut menyebabkan white cast. Bukan hanya pada kosmetik, white cast juga bisa timbul saat menggunakan skincare, lebih tepatnya saat menggunakan sunblock atau sunscreen karena mereka memiliki SPF, khususnya yang physical. Bagaimana mengetahui sunscreen atau sunblock dapat menimbulkan white cast atau tidak. Sama seperti foundation atau concealer, saat menggunakan sunscreen atau sunblock, coba berfoto dengan flash lalu lihat pada bagian wajah. Kalau ada warna putih, berarti sunscreen atau sunblock itu menimbulkan white cast.

Unscented
Sesuai dengan namanya, unscented berarti tidak beraroma. Istilah ini cukup sering digunakan dalam penamaan suatu produk. Sekilas, istilah ini akan terdengar 'ramah' untuk kita yang alergi kandungan Parfum/Fragrance, namun, unscented berarti ada suatu bahan non-fragrance yang ditambahkan ke suatu produk untuk menutupi bau asli dari produk tersebut, misalnya olive oil, cocoa butter, herbal, atau almond. Anda yang memiliki kulit acne prone atau sensitif, baca daftar kandungan dengan teliti.

Antioxidant
Antioxidant adalah sebuah kandungan yang mencegah datangnya efek buruk radikal bebas pada kulit, seperti polusi. Dua contoh kandungan antioxidant adalah niacinamide atau vitamin C yang berarti, antioxidant sangat berperan penting dalam mencerahkan kulit. Tidak hanya itu, antioxidant juga berfungsi untuk menghaluskan kulit dan mengurangi kerutan.

Moisturizing
Moisturizing, mengunci permukaan kulit untuk mencegah kehilangan kelembapan.
Moisturizing dan hydrating adalah dua hal yang berbeda, meski sama-sama melembapkan.

Moisturizing adalah formula yang dapat mengunci permukaan kulit untuk mencegah kehilangan kelembapan kulit. Ini bisa karena kandungan minyak atau petrolatum di dalam moisturizer yang menghambat terjadinya penguapan air pada permukaan kulit.

Pada dasarnya, moisturizer berfungsi untuk mencegah kehilangan kelembapan, bukan menambah kelembapan kulit.

Hydrating
Kalau kulit Anda terasa kering, Anda harus menggunakan produk-produk hydrating. Hydrating atau hidrasi berarti memberikan tambahan kadar air ke kulit. Biasanya, label hydrating umum digunakan pada toner, yaitu hydrating toner. Bagaimana cara mengetahui suatu produk masuk dalam kategori hydrating? Biasanya, tekstur produk itu adalah water-based alias cair. Pada ingredient list-nya, Anda akan menemukan nama-nama seperti glycerin, hyaluronic acid, aloe vera dan propylene glycol.

Non-Comedogenic
Non-Comedogenic adalah label pada produk kecantikan yang menjanjikan bahwa kandungan dalam produk tersebut tidak akan menyumbat pori-pori. Bukan cuma untuk kulit sensitif dan acne prone, bahkan sebaiknya kita juga mulai waspada dengan produk-produk berlabel ini.

Hypoallergenic
Jia melihat label 'Hypoallergenic' pada suatu produk skincare, berarti produk menyatakan bahwa adanya bahan baku yang bisa menimbulkan alergi atau iritasi minimal. Penambahan bahan tersebut walaupun 'berbahaya', tentunya memiliki tujuan baik, misalnya Alkohol, yang pada sebagian kulit akan menimbulkan iritasi namun di sisi lain juga bisa mengurangi kadar minyak berlebih. Untuk mengetahui suatu produk termasuk ke golongan hypoallergenic atau tidak, sebuah perusahaan harus melakukan patch test ke 100 hingga 200 subjek dan menunggu hasilnya hingga berminggu-minggu. Akan tetapi, sebaiknya, kalau melihat label ini pada produk perawatan kulit yang ingin dibeli, bacalah ingredient list-nya dengan teliti.

Skin Barrier
Kalau suka nonton tips mendapatkan kulit yang sehat dan glowing dari beauty influencer atau pun skincare expert di Youtube, pasti mereka selalu menekankan untuk menjaga skin barrier terlebih dahulu. Skin barrier adalah lapisan kulit terluar yang terbuat secara alami dari sebum, gabungan sel-sel, serta asam lemak dan berperan untuk melindungi kulit dari bakteri, sinar UV bahkan bahan kimia dalam skincare yang digunakan. Selain rajin menggunakan pelembap, Anda juga perlu menjaga skin barrier dengan rajin minum air putih agar kulit tetap lembap.

Extract
Jika menemukan kata 'Extract pada produk skincare Anda, berarti ada penambahan suatu kandungan pada produk tersebut. Umumnya, kandungan ini adalah kandungan alami seperti aloe vera, green tea dan tumbuh-tumbuhan lainnya. Namun, walaupun memiliki ekstrak bahan alami, belum tentu produk tersebut masuk ke golongan skincare natural.

Gentle
Dalam kamus Bahasa Indonesia, gentle berarti lembut. Dalam dunia skincare, mungkin Anda akan sering mendengar istilah ini saat sedang membahas facial wash. Umumnya, kata gentle pun juga langsung dijadikan nama pada suatu produk.

Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH)
Selain bopeng, bekas jerawat juga bisa berubah menjadi noda kemerahan atau kecokelatan atau dikenal dengan istilah Post Inflammatory Hyperpigmentation atau PIH. Tidak hanya disebabkan oleh jerawat, PIH juga bisa muncul akibat peradangan atau luka. Warnanya bisa berbeda-beda pada kulit. Misalnya jika memiliki kulit lebih terang, umumnya noda tersebut akan berwarna kemerahan sedangkan untuk yang berkulit sawo matang biasanya akan memiliki warna noda kecokelatan atau lebih gelap. Untuk mengatasi PIH, bisa menggunakan serum yang memiliki kandungan brightening seperti niacinamide atau vitamin C.

Discoloration
Discoloration adalah adanya perbedaan warna yang kurang rata pada kulit. Pada normalnya, kulit memiliki warna yang sama, kecuali untuk beberapa area yang terekspos sinar matahari atau bagian telapak tangan yang lebih terang. Namun, karena beberapa faktor, Anda bisa menjumpai discoloration pada kulit. Contohnya adalah flek hitam, hyperpigmentation yang akan dibahas selanjutnya, tanda lahir, atau daerah kulit yang kemerahan.

Redness
Redness adalah istilah yang dipakai saat area kulit tertentu memiliki warna kemerahan yang kurang ideal. Kondisi ini lebih sering terjadi pada kulit terang akibat terbakar sinar matahari atau iritasi dari efek samping produk kurang cocok.

Complexion
Kata complexion adalah istilah kecantikan tentang kulit yang memiliki arti warna, tekstur, dan tampilan kulit seseorang. Beberapa contoh complexion di antaranya adalah halus, kasar, kulit terang (fair), pucat (pale), gelap (dark), atau sawo matang (tan). Agak-agak mirip dengan skin tone atau menjelaskan tekstur dan warna kulit, ya? Kata complexion juga sering digunakan oleh beauty influencer dalam menjelaskan suatu warna foundation, bb cream, atau concealer yang terkait dengan warna kulit.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon