Tuesday, July 10, 2018

PERAWATAN KULIT SENSITIF 7 Tahapan Perawatan Sehari-hari untuk Kulit Sensitif

7 Tahapan Skincare untuk Kulit Sensitif. Berbeda dengan jenis kulit lainnya, kondisi kulit sensitif sangat mudah bereaksi terhadap berbagai macam faktor, misalnya lingkungan, produk makeup dan skincare bahkan makanan. Tanda-tandanyanya yang paling umum adalah kemerahan, rasa panas, gatal, kulit mengelupas sampai jerawat. Karena itu perlu berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulit dan juga jenis perawatan yang tepat. Baca juga Tips Perawatan Kulit Sensitif Tanpa Memakai Bahan Kimia

PERAWATAN KULIT SENSITIF 7 Tahapan Perawatan Sehari-hari untuk Kulit Sensitif

Berikut ini tahapan skincare yang cocok untuk kulit sensitif.

1. First Cleanser
Lakukan double cleansing, dengan menghapus makeup atau mengangkat kotoran wajah dengan menggunakan micellar water, face wipes, cleansing oil atau milk cleanser terlebih dahulu, sebelum mencuci wajah dengan facial wash. Produk-produk pada tahapan first cleanser akan membantu kerja facial wash dan mengurangi resiko makeup atau kotoran yang masih ada pada wajah, misalnya seperti mascara waterproof. Gunakan produk perawatan yang bebas alkohol dan pewangi, agar tidak menimbulkan iritasi.

2. Second Cleanser
Tahapan kedua dari double cleansing, yaitu mencuci wajah dengan facial wash. Kalau produk-produk dari first cleanser tidak membutuhkan air, maka produk di tahapan kedua ini harus dibasuh dengan air. Sama halnya dengan menggunakan makeup remover, kita pun harus selektif dalam memilih facial wash. Selain Alkohol dan Fragrance, sebaiknya hindari juga produk yang mengandung SLS alias Sodium Laureth Sulphate karena kandungan ini akan membuat kulit terasa kering.

3. Toner
Untuk kulit sensitif, sebaiknya gunakan hydrating toner agar kulit tetap lembab serta mengembalikan lagi pH balance setelah cuci muka. Hydrating toner membantu untuk mengurangi dehidrasi kulit. Dengan keadaan kulit yang masih lembab sehabis mencuci muka, tuangkan hydrating toner beberapa tetes ke telapak tangan lalu tepuk-tepuk ke seluruh bagian wajah. Pilihlah hydrating toner dengan daftar kandungan yang alami dan bebas dari Alkohol serta pewangi buatan untuk menghindari resiko iritasi.

4. Serum
Serum merupakan produk skincare yang tidak boleh sembarangan digunakan karena memiliki tujuan tertentu, di antaranya seperti anti-aging, mencerahkan dan melembabkan kulit. Namun, untuk kulit sensitif, hindari serum dengan tujuan anti-aging atau skin brightening karena serum-serum tersebut memiliki bahan aktif seperti Vitamin C dan Retinol yang bisa menyebabkan iritasi atau breakout. Sebaiknya, carilah serum yang memiliki tujuan untuk memberikan hidrasi serta menjaga kelembaban kulit.

5. Face Oil
Face oil bisa memudarkan dark spot akibat hyperpigmentation, mengecilkan tampilan pori-pori bahkan mengurangi minyak di wajah. Umumnya, botol face oil mirip dengan botol serum. Gunakan 2 hingga 3 tetes face oil ke telapak tangan, gosok ke seluruh telapak tangan dan tepuk-tepukan secara rata pada permukaan wajah. Selain mengurangi minyak, face oil juga dipercaya memberikan hidrasi ke kulit yang berarti, produk ini juga mampu menjaga kelembaban kulit.

6. Night Cream
Setelah menggunakan produk-produk yang berfungsi untuk membersihkan serta menjaga kelembaban kulit, jangan lupa gunakan night cream. Night cream bisa memberikan nutrisi ke kulit.

7. Acne Treatment
Acne treatment diperlukan, jika kulit sensitif Anda memiliki jerawat. Banyak produk perawatan jerawat dapat menyebabkan kulit kering, sehingga terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, pelembaban secara teratur adalah tindakan pencegahan penting untuk menghindari kulit terlalu teriritasi oleh perawatan jerawat. Pilihlah krim pelembab dari toko obat atau apotek, cari satu yang diberi label "hypoallergenic" (untuk kulit sensitif) dan "non-comedogenic" (cocok untuk orang yang berjerawat, yang berarti produk ini tidak akan turut berkontribusi memperburuk jerawat Anda).

Selalu berhati-hatilah ketika mencoba produk perawatan untuk pertama kalinya, terutama dengan kulit sensitif Anda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon