Tuesday, August 28, 2018

INI 8 MAKANAN SEHAT SUMBER PROBIOTIK TINGGI

8 Makanan Sumber Probiotik agar BAB Lancar. Probiotik pada dasarnya adalah bakteri "baik" yang hidup di usus kita. Probiotik telah dipercaya memiliki efek besar pada kesehatan. Makanan mengandung probiotik dalam membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Baca juga PROBIOTIK DAN TREN KECANTIKAN 2018 Wajah Cerah dengan Probiotik

INI 8 MAKANAN SEHAT SUMBER PROBIOTIK TINGGI

Tidak sekadar melancarkan pencernaan tapi juga menambah energi, mempercantik kulit hingga memperkuat daya tahan tubuh.

Apa saja makanan yang mengandung probiotik tinggi yang baik untuk pencernaan?

1. Cuka Apel

Cuka apel kaya akan probiotik dan bisa membantu memelihara kesehatan jika dikonsumsi dengan benar. Anda sebaiknya jangan minum langsung cuka apel karena sifatnya yang sangat asam bisa melukai lambung.

Konsumsilah cuka apel dengan mencampurkannya bersama makanan lain. Misalnya sebagai pengganti dressing salad dengan mencampurnya bersama minyak zaitun. Jumlahnya pun jangan terlalu banyak, cukup 1-2 sendok.

2. Kimchi
Makanan khas Korea Selatan ini punya citarasa asam segar dan sedikit pedas. Orang Korea biasa mengonsumsi kimchi dengan berbagai makanan sebagai pendamping. Kimchi terbuat dari sawi, kol, atau lobak yang difermentasi oleh bakteri lactic acid. Santaplah kimchi bersama nasi, daging, ayam atau dimakan langsung.

Makanan ini dapat memberikan manfaat kesehatan seperti mengatur keseimbangan mikroflora di usus, mengurangi masalah perut seperti diare dan sembelit serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh

3. Acar
Acar juga merupakan sumber probiotik selain yoghurt. Biasanya menjadi pendamping makanan seperti nasi goreng, mie goreng atau isian sandwich dan burger. Selain mengandung probiotik yang bermanfaat bagi usus, makanan ini rendah lemat dan kalori, namun, kaya akan serat dan Vitamin A serta K. Meski demikian, konsumsi acar secukupnya saja. Ini karena acar mengandung natrium yang tinggi.

4. Miso
Pasta hasil fermentasi kedelai ini dijadikan bumbu andalan oleh masyarakat Jepang. Umumnya datang dalam bentuk sup berisi tahu atau rumput laut. Sup miso sangat cocok jadi hidangan pendamping sushi atau barbekyu ala Jepang.

Miso merupakan sumber mineral antioksidan yang baik seperti tembaga, mangan dan seng. Miso juga mengandung fitonutrien dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Makan lebih banyak miso bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, termasuk stroke.

5. Tempe
Makanan khas Indonesia ini ternyata juga mengandung probiotik. Tempe yang merupakan hasil dari fermentasi kedelai juga kaya akan protein yang membantu membangun dan memperbaiki otot dan membuat kita merasa kenyang. Per potong bisa mengandung hingga 20 gram protein.

6. Keju Fermentasi
Beberapa jenis keju seperti cheddar dan Gouda juga mengandung bakteri lactic acid. Keju bisa dikonsumsi langsung sebagai camilan atau untuk isian roti. Tinggal pilih sesuai selera.

7. Kefir
Kefir adalah minuman susu fermentasi yang tak hanya mengandung probiotik. Makanan ini merupakan sumber kalsium dan protein. Protein dapat meningkatkan perasaan kenyang, yang dapat membantu mengendalikan nafsu makan.

8. Yogurt
Yogurt memang tidak populer untuk sarapan pagi, tapi ternyata memiliki manfaat besar. Yogurt mengandung biakan hidup dan aktif termasuk lactobacillus bulgaricus. Lactobacillus bulgaricus mampu menghasilkan asam laktat yang membantu melawan bakteri buruk. Pilihlah yogurt Yunani, yang memiliki lebih sedikit gula dan sodium dan lebih banyak protein daripada jenis lainnya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon