ADULT ACNE, SERBA SERBI JERAWAT YANG TETAP TUMBUH DI USIA DEWASA

Serba Serbi Adult Acne dan Cara Mengatasinya. Masalah jerawat ternyata bukan hanya dialami  pada masa remaja saja. Pada beberapa kasus, orang dewasa pun menggalami hal yang sama.  Lihat juga PERAWATAN WAJAH DI USIA 30 TAHUN Cara Merawat Wajah Cantik Alami Usia 30 Tahun

ADULT ACNE, SERBA SERBI JERAWAT YANG TETAP TUMBUH DI USIA DEWASA


Pada dasarnya, penyebab jerawat paling umum adalah pori-pori tersumbat, over-produksi minyak, kontaminasi bakteri, dan faktor hormonal. Untuk kasus adult acne, hormon menjadi faktor utama yang memicu jerawat. 

Berikut ini beberapa penyebab Adult Acne :

Gaya Hidup.
Tidur kurang dari 7 jam, merokok, atau rutin berada di ruangan penuh asap rokok juga merupakan pemicu berkembangnya si jerawat.

Makanan dan minuman. 
Kenali diri Anda dan coba untuk lebih sensitif terhadap apa yang Anda konsumsi. Beberapa wanita kulitnya meradang karena produk dairy, seperti susu, coklat serta keju. Ada juga yang jerawatnya muncul karena minum kopi hitam. Untuk amannya, sebaiknya kurangi kadar santan, gula, kacang-kacangan, dairy, dan alkohol sehari-hari agar kulit wajah Anda tetap segar, sehat dan awet muda. 

Kurangi makanan yang mengandung iodin. Iodin terdapat dalam seafood seperti lobster, udang, kepiting, juga sayuran seperti bayam dan seaweed. Perbedaan antara iodin dan makanan penyebap adult acne yang lain ialah iodin tak langsung memunculkan jerawat. Reaksinya membutuhkan berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan sebelum akibatnya muncul di kulit Anda.

Stres. 
Pekerjaan tak kunjung selesai, bertengkar dengan pasangan, apa pun yang memenuhi pikiran Anda secara negatif dapat memancing timbulnya adult acne. Saat kadar stres Anda melonjak, kelenjar adrenal dalam tubuh menciptakan hormon bernama kortisol yang bekerja membantu tubuh mengurangi kadar stres. Sayangnya, hormon tersebut juga memproduksi testosteron. Testosteron di tubuh wanita akan memancing kelenjar minyak untuk menghasilkan lebih banyak lagi minyak, yang mengakibatkan jerawat. 

Polusi. 
Udara kotor perkotaan menempel di kulit Anda dan lama-lama akan meradang. 

Makeup. 
Menumpuknya makeup yang dipakai tiap hari dalam pori-pori merupakan salah satu alasan mengapa begitu banyak wanita terkena adult acne. Makeup yang tak terangkat bersih lama-lama akan menumpuk dan menutup pori-pori kulit wajah. 

Salah menggunakan skincare atau makeup. 
CC cream, cream blusher, full cover foundation, makeup berbentuk stick serta compact powder positif memancing meradangnya adult acne. Begitu pun skincare yang terlalu berminyak, creamy dan kaya nutrisi. Cek daftar ingredient dalam produk yang Anda gunakan, dan hindari produk dengan coconut oil, sweet almond oil, vitamin E, jojoba oil, lauroyl lysine, squalene dan silikon di dalamnya.

Untu mengetahui penyebab adult acne, Anda dapat mengetahuinya dengan memperhatikan letak jerawat di bagian wajah.
- Bila jerawat bermunculan di dagu, sekitar mulut, bawah hidung, serta dahi, maka kemungkinan besar itu ulah hormon. Ketidakstabilan hormon, tak hanya akibat menstrual cycle, namun juga perubahan hormon yang dialami oleh wanita berumur 30an atau mendekati umur 30, adalah alasannya.

- Kalau jerawat bermunculan di pinggiran wajah, misalnya sekitar tulang pipi, dekat telinga, dan pinggir dahi, maka bisa jadi itu disebabkan oleh hal eksternal, seperti makeup!

- Sedangkan, bila jerawat kecil-kecil, tak bermata, dan menyebar, bisa diakibatkan oleh skincare yang tak sesuai.

Cara Mengatasinya:

1. Jangan malas membersihkan wajah
Terasa sepele namun ini penting sekali. Pagi hari, cukup bersihkan wajah dengan sabun muka. Anda dapat memilih sabun wajah dengan kadar salicylic acid bila kulit Anda berminyak. Untuk kulit sensitif dan kombinasi, pilih sabun wajah yang lembut, tanpa aroma keras. Bila mayoritas kegiatan Anda di luar ruangan, pastikan Anda mencuci muka lagi di siang hari. Pada malam hari, bersihkan wajah dengan cleansing oil, untuk Anda yang memiliki oily skin, atau cleansing cream untuk Anda yang berkulit kering. Ulangi proses cleansing sekali lagi bila dirasa belum bersih. Setelahnya, baru cuci wajah dengan sabun muka. Kenakan toner untuk memastikan sisa kotoran terangkat tuntas.

2. Gunakan Serum berbahan dasar Vitamin C dan Retinol 
Serum berbahan dasar Vitamin C dan Retinol dicoba untuk mengurangi peradangan, Selain itu, pilih skincare atau makeup tanpa alkohol juga fragrance yang kuat. Lebih baik gunakan produk bertekstur ringan seperti gel, cair, atau serum yang tak mengintimidasi kulit.

3. Kurangi penggunaan makeup
Kurangi dulu penggunaan makeup seperti foundation, blusher, compact powder dan concealer saat si acne sedang bermunculan. Biarkan kulit wajah bernapas sejenak, tanpa terbebani lapisan apa pun kecuali serum, moisturizer dan sunscreen.

4. Masker
Gunakan masker dengan efek membersihkan.

5. Facial, microdermabrasion, chemical peeling, serta laser
Bila adult acne semakin banyak, tak ada salahnya berdiskusi dengan dermatolog untuk menjalankan treatment kecantikan untuk mengatasi jerawat. Bila ditangani di klinik atau dermatolog yang terpercaya, perawatan klinik tak akan membuat jerawat meradang.

0 Response to "ADULT ACNE, SERBA SERBI JERAWAT YANG TETAP TUMBUH DI USIA DEWASA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel