Sunday, February 17, 2019

KAYA AKAN ZAT ANTI OKSIDAN, DAUN NEEM ATAU MIMBA AMPUH MENCEGAH PENUAAN DINI DAN MENGATASI JERAWAT

Manfaat Daun Neem untuk Kecantikan Kulit dan Rambut. Tren skin care natural yang kian merebak beberapa tahun belakangan, membuat industri kecantikan giat memanfaatkan bahan alami sebagai bahan baku produk kecantikan. Termasuk salah satunya adalah daun neem atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama mimba dan intaran yang berasal dari India. Sebagai referensi, baca juga RAHASIA PERAWATAN KECANTIKAN WANITA INDIA KUNO

KAYA AKAN ZAT ANTI OKSIDAN, DAUN NEEM ATAU MIMBA AMPUH MENCEGAH PENUAAN DINI DAN MENGATASI JERAWAT

Jenis tumbuhan yang dalam Bahasa Latin-nya disebut sebagai Azadirachta indica ini selain bisa digunakan untuk rambut, daun mimba juga mampu membuat kulit lebih mulus dan indah.

Selain daun, bagian kulit kayu, akar, biji, bunga, bahkan hingga buah dari neem pun bisa dimanfaatkan. Di tanah asalnya, bahan alami ini kerap diandalkan sebagai obat-obatan herbal untuk mengatasi berbagai penyakit, mulai dari gangguan mata, kusta, hidung berdarah, cacingan, gangguan perut, penyakit jantung, kardiovaskular, bahkan hingga diabetes dan liver.

Berikut manfaat kecantikan yang ditawarkan oleh daun neem.

- Radikal bebas dan anti-oksidan

Daun neem diketahui sangat kaya akan zat anti-oksidan yang mampu melindungi sel kulit dari efek radikal bebas. Tubuh sendiri sebenarnya memiliki kemampuan untuk memproduksi anti-oksidan alami. Sayangnya, kemampuan ini dapat berkurang seiring usia. Oleh karena itu, Anda dapat memenuhi asupan anti-oksidan yang dibutuhkan kulit dengan merawatnya menggunakan produk-produk yang mengandung daun neem. Menariknya lagi, daun neem juga mimba mengandung banyak flavonoid, seperti quercetin, katekin, karoten, dan juga asam askorbat.

- Mencegah Penuaan Dini

Garis-garis halus pada kulit wajah dapat dihilangkan dengan perawatan rutin menggunakan campuran minyak dan bubuk daun intaran. Hal ini dipercaya dapat memerangi patogen di bawah permukaan kulit.

- Mengusir jerawat

Bahan alami yang satu ini terkenal dengan kemampuannya sebagai skin toner. Selain itu, senyawa anti-oksidan pada daun neem juga mengandung antiseptik yang baik untuk mengatasi jerawat, bekas luka, pigmen kulit yang tidak rata, hingga noda kehitaman pada kulit. Cukup rebus daun mimba. Kemudian basuh kulit dengan air rebusan yang sudah dingin pada wajah Anda secara rutin.

- Melembabkan kulit

Daun mimba juga ternyata dapat digunakan sebagai masker wajah. Cukup campurkan rebusan daun mimba dengan jeruk, madu, yogurt dan susu kedelai. Aplikasikan sebanyak tiga kali seminggu untuk membantu melembabkan kulit kering dan mengecilkan pori-pori sehingga terhindar dari kulit berjerawat, komedo dan minyak berlebih.

- Melembabkan rambut

Campuran daun mimba, air dan madu yang direbus bersama-sama dapat digunakan sebagai kondisioner rambut. Aplikasikan campuran ini secara rutin maka Anda akan terhindari dari rambut kering dan pecah-pecah.

- Mengatasi masalah ketombe

Tak hanya mampu melembabkan rambut, daun mimba juga dapat menyelesaikan masalah ketombe. Ini dikarenakan zat anti inflamasi yang terkandung di dalamnya menjadikan daun mimba mampu menyembuhkan masalah yang dialami kulit, seperti jerawat, psoriasis, dan eczema.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon