Wednesday, March 13, 2019

HINDARI MEMINJAMKAN BARANG-BARANG PRIBADI INI JIKA TIDAK INGIN KETULARAN PENYAKIT

Deretan Barang Pribadi yang Sebaiknya Tidak Dipinjamkan ke Orang Lain. Saat merasa begitu dekat dengan seseorang, Anda cenderung ingin berbagi semuanya dengan mereka. Namun, ada beberapa barang yang sebaiknya Anda simpan saja untuk diri pribadi. Lihat juga 11 PRODUK DAN PERAWATAN KECANTIKAN YANG BERDAMPAK BURUK JIKA DIGUNAKAN BERLEBIHAN

HINDARI MEMINJAMKAN BARANG-BARANG PRIBADI INI JIKA TIDAK INGIN KETULARAN PENYAKIT

Bertukar barang pribadi dengan orang lain ternyata memiliki risiko penularan virus dan penyakit yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Inilah beberapa barang yang sebaiknya tidak Anda pinjamkan bahkan ke orang-orang terdekat Anda.

1. Sikat gigi

Selain tidak higienis, penggunaan sikat gigi secara bersamaan olle lebih dari satu orang dapat meningkatkan risiko penularan Hepatitis C.

Hal ini dikarenakan saat menggosok gigi, gusi Anda dapat berdarah tanpa disengaja dan darah inilah menjadi media penyebaran virus. Tak hanya itu, bertukar sikat gigi juga dapat menyebarkan bakteri dan infeksi mulut yang dimiliki oleh seseorang ke lainnya melalui aliran darah.

2. Earbud

Pemakaian earbud bergantian akan membagi kotoran telinga. Ada beberapa jenis bakteri tertentu yang berkembang biak pada telinga masing-masing orang, sehingga penggunaan earbud bergantian dapat meningkatkan risiko terkena infeksi pada saluran telinga bagian luar.

3. Sisir

Kondisi kulit kepala yang dimiliki tiap orang berbeda-beda, antara lain minyak rambut yang berlebih, ketombe, hingga kutu rambut. Ketiga hal ini dapat dengan mudah menyebar melalui sisir yang dgunakan secara bergantian.

4. Pisau cukur

Selain sisa-sisa rambut, bakteri, juga ada sel-sel kulit mati yang masih menempel pada pisau cukur. Lebih dari itu, pemakaian alat ini secara bergantian berpotensi menyebabkan penyakit yang berasal dari darah.

4. Handuk

Handuk yang digunakan oleh lebih dari satu orang rupanya dapat meningkatkan risiko penularan infeksi jamur dan bakteri. Terutama handuk yang digantung pada kamar mandi yang basah atau lembap. Infeksi yang ditimbulkan bisa bermacam-macam mulai dari infeksi mata, jerawat, hingga penyakit kelamin seperti herpes.

5. Sandal/sepatu

Cara ampuh untuk menyebarkan jamur kaki adalah dengan bergantian sandal atau sepatu. Terutama saat alas kaki tersebut sering digunakan dalam keadaan kaki yang basah atau keringat yang berlebihan. Jika terus dilakukan keadaan ini dapat memicu terjadinya penyebaran jamur dan bakteri, bahkan dalam keadaan parahh dapat menyebabkan kutil pada kaki.

6. Produk kosmetik bibir

Produk kosmetik bibir, seperti lipstik dan lipgloss dapat menjadi media penyebaran berbagai infeksi antara satu orang dengan yang lainnya. Virus yang dapat ditularkan adalah Herpes Labialis melaui air liur yang menempel saat menggunakan produk kosmetik tersebut.

7. Pasta gigi

Bahaya bertukar pasta gigi ini sepaket dengan sikat giginya juga. Karena pada saat menggunakan pasta gigi, sikat otomatis menempel dan bakteri pada sikat gigi sangat mungkin menempel di pasta gigi.

8. Busa mandi

Jamur, virus, bakteri, dan kulit mati dari orang akan berpindah pada badan Anda jika bergantian alat ini.

9. Anting-anting

Potensi penyakit darah ditularkan melalui pemakaian anting secara bergantian. Ada banyak pembuluh darah di telinga.

Itu sebabnya sangat mudah terinfeksi penyakit yang ditularkan melalui darah hanya dengan mengenakan anting milik teman.

Lain kali jika Anda ingin meminjam anting-anting, bersihkan dengan alkohol.

10. Spon bedak

Pada dasarnya kulit seseorang memiliki tingkat kelembaban, keasaman, bakteri dan kebersihan yang berbeda. Sementara spon yang digunakan bersama-sama bisa menjadi media untuk menyebarkan bakteri dan kuman yang ada di kulit orang lain ke kulit wajah kita.

11. Sabun batangan

Sabun batangan adalah benda yang sangat tidak boleh Anda pinjamkan. Berbagi sabun batangan dapat menyebabkan infeksi kulit karena perpindahan kuman. Sel kulit mati dan kuman bisa mengendap pada sabun ini.

12. Deodoran

Deodoran terutama yang berjenis roll-on sebaiknya tidak Anda pinjamkan ke orang lain, sebab akan menularkan bakteri dan kuman yang dibawa oleh orang tersebut dan menjadikan ketiak Anda malah jadi berbau.

13. Gunting kuku

Jamur bisa tersebar dari pemakaian gunting kuku secara bergantian. Sebaiknya Anda bisa membelinya sendiri dan simpan saja di kamar, jangan dipinjam-pinjamkan dan tetap selalu jaga kebersihannya.

14. Pinset alis

Jika Anda menggunakan pinset orang lain untuk mengatur alis Anda, ada masalah besar. Sebab, alat ini dapat menyebabkan penyakit serius di masa depan.

Dalam kasus seperti itu, pinset bisa menjadi pembawa hepatitis C dan HIV.

15. Kuas makeup

Hindari berbagi produk makeup yang bersentuhan dengan cairan tubuh seperti air mata, mukosa hidung, air liur, darah, atau jerawat.

Berarti juga lebih baik kita tidak berbagi eyeliner, eyeshadow, maskara, makeup base, lipstik, dan blush on.

Tambahan juga, jangan pernah menggunakan sampler di toko kosmetik. Karena sampler mungkin sudah digunakan puluhan orang.

16. Batu gosok tumit

Banyak orang menggunakan batu apung untuk menggosok kulit kaki mereka dan mengangkat sel kulit mati.

Meminjamkan batu apung pada orang lain dapat meningkatkan peluang terkena kutil dan jamur di kaki. Infeksi ini sangat menular dan sulit untuk disingkirkan.

Selalu bawa batu apung gosok sendiri bersama jika mandi di rumah teman dan hindari menggunakan batu apung gosok yang dipakai orang lain.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon