RAGAM VITAMIN UNTUK PERAWATAN RAMBUT RONTOK

Konsumsi Vitamin yang Tepat untuk mengatasi Kerontokan Rambut. Kerontokan pada rambut tidak hanya dapat diatasi dengan perawatan rambut dari luar, seperti menggunakan shampo yang tepat, mengaplikasikan hair tonic, masker rambut atau perawatan rambut lainnya. Anda juga dapat melakukan pengobatan rambut rontok dari dalam agar hasilnya maksimal. Caranya adalah mengonsumsi beberapa vitamin yang memang sangat bagus untuk kesehatan dan kekuatan rambut sehingga tidak mudah rontok. Lihat juga MANFAAT BIOTIN UNTUK MERAWAT RAMBUT AGAR TERHINDAR DARI KERONTOKAN

RAGAM VITAMIN UNTUK PERAWATAN RAMBUT RONTOK

Ada banyak jenis vitamin yang baik untuk rambut, namun kita tetap harus mengetahui vitamin apa saja yang paling tepat untuk mengatasi rambut rontok.

Berikut beberapa jenis vitamin yang diklaim ampuh membantu mengatasi masalah rambut rontok dari dalam.


Vitamin B7

Vitamin B7 atau yang juga disebut biotin merupakan jenis vitamin yang memang dikenal sangat baik untuk membantu merangsang pertumbuhan rambut. Biotin dapat membuat rambut menjadi lebih tebal, menguatkan rambut yang rentan patah, serta menutrisi rambut dari dalam. Vitamin B sendiri bekerja untuk membantu menghasilkan glukosa dan memecah protein menjadi asam amino. Asam amino sendiri juga memiliki peranan penting untuk menghasilkan rambut yang sehat dan kuat.

Vitamin B3

Salah satu vitamin yang masuk dalam komponen vitamin B kompleks ini bertanggung jawab untuk memelihara dan melembapkan kembali kulit kepala, serta membantu folikel rambut untuk menghasilkan helai rambut yang lebih kuat. Fungsi utama vitamin dengan nama lain niacin atau asam nikotinat ini adalah mengubah karbohidrat menjadi energi, membantu menjaga struktur sel darah, dan juga meningkatkan sirkulasi darah, sehingga menghasilkan aliran darah yang lebih besar ke kulit kepala, serta lebih banyak oksigen dan nutrisi ke rambut. Untuk perempuan, jumlah niacin harian yang direkomendasikan adalah sebesar 14 mg, dan 16 mg per hari untuk pria.

Vitamin A

Vitamin jenis ini menjadi salah satu vitamin penting untuk semua sel dalam tubuh manusia, termasuk sel-sel rambut yang merupakan jaringan paling cepat berkembang. Vitamin A akan membantu menghasilkan sebum alami yang berfungsi untuk melembapkan kulit kepala, dan membantu menjaga kesehatan, serta menstimulasi pertumbuhan rambut. Vitamin A juga mengandung anti-oksidan yang dapat melindungi kulit kepala dari polusi lingkungan dan mencegah rambut menjadi kering. Di dalam vitamin A terdapat asam retinoat yang berfungsi sebagai bahan sintesis alami untuk menjaga kekuatan folikel rambut. Selain dari suplemen, kamu bisa mendapatkan manfaat vitamin A untuk rambut rontok dari berbagai macam bahan alami seperti wortel, bayam, mangga ataupun ikan tuna.

Vitamin C

Sama dengan Vitamin A, vitamin Ini juga dikenal dengan kandungan anti-oksidan yang tinggi, dan memiliki peranan penting untuk kesehatan, serta mencegah kerusakan pada folikel rambut dari stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Kekurangan Vitamin C dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh dan cenderung akan mudah patah dan juga rontok. Dengan terpenuhinya kebutuhan Vitamin C dalam tubuh dapat mencegah produksi protein kebotakan DKK-1 yang biasanya terdapat pada orang yang mengalami kerontokan rambut. Selain itu, vitamin ini juga dapat membantu tubuh untuk menyerap zat besi yang diperlukan oleh rambut dari makanan yang masuk sehingga penyerapan lebih maksimal. Dikutip dari Kompas, ada sebuah penelitian yang menyebutkan jika orang yang mengalami kerontokan rambut memiliki cadangan zat besi lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang rambutnya sehat. Karena alasan tersebut, Vitamin C menjadi salah satu jenis vitamin yang baik untuk mencegah kerontokan rambut.

Vitamin D

Menurut penelitian, vitamin D membantu dalam mengatur gen yang mengendalikan pertumbuhan normal folikel rambut. Untuk mencegah kerontokan rambut, asupan 4000 IU vitamin D secara teratur dapat membantu menghentikan rambut rontok.

Vitamin E

Vitamin E membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah yang berfungsi untuk mencegah kerontokan rambut, yang terjadi karena folikel rambut tidak mendapat cukup makanan dari aliran darah. Vitamin yang juga baik untuk kesehatan kulit dan reproduksi ini, juga membantu melindungi folikel rambut dari peradangan dan kerusakan oksida. Vitamin ini juga dapat mengunci kelembapan kulit kepala dam rambut karena dapat menjaga keseimbangan minyak dan pH sehingga membuat rambut tidak kering, lembut, dan menjaga kilau alaminya. Kandungan anti-oksidan pada vitamin ini pun dapat mencegah munculnya uban di usia dini.

0 Response to "RAGAM VITAMIN UNTUK PERAWATAN RAMBUT RONTOK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel