TIPS MEMBERSIHKAN KOMEDO DI WAJAH BERDASARKAN TEMPAT TUMBUHNYA

Cara yang Tepat Membersihkan Komedo di Wajah Berdasarkan Tempat Tumbuhnya. Benjolan kecil yang muncul di pori-pori kulit atau sering disebut dengan komedo ini, biasanya muncul pada kulit wajah. Bukan hanya di hidung, komedo ternyata juga bisa timbul di area lain di wajah yang memiliki kelenjar minyak aktif. Mulai dari dahi, pipi, hingga dagu adalah sasaran empuk yang dapat ditumbuhi komedo jika pori-pori tersumbat. Sebagai referensi, baca juga MENGATASI SEBACEOUS FILAMENTS, BINTIK HITAM MIRIP KOMEDO

TIPS MEMBERSIHKAN KOMEDO DI WAJAH BERDASARKAN TEMPAT TUMBUHNYA

Untuk mengatasinya Anda tentu membutuhkan perawatan kulit khusus agar komedo tidak kembali lagi. 

Inilah 7 cara membersihkan komedo di wajah yang benar berdasarkan tempat tumbuhnya.

1. Komedo di dahi sebaiknya diatasi menggunakan masker mengandung lumpur

Untuk menghilangkan komedo di area dahi Anda bisa mengaplikasikan masker mengandung lumpur. Biasanya, masker dengan kandungan lumpur mempunyai tekstur tanah liat atau biasa disebut dengan clay mask.

Masker jenis ini cocok untuk kulit berminyak, kandungan lumpur mampu untuk mengontrol produksi minyak dan membersihkan kotoran sampai ke dalam pori-pori. Hal ini pula yang membuat masker dengan kandungan lumpur dapat menghilangkan komedo.

2. Komedo di pipi atasi dengan peel-off mask

Komedo di pipi biasanya timbul karena kotoran yang mengendap dan tidak terangkat dengan benar. Komedo ini adalah cikal bakal timbulnya jerawat di pipi. Oleh karena itu, jika muncul komedo di area pipi sebaiknya segera diatasi. Anda bisa mengaplikasikan masker dengan kandungan charcoal.

Bukan charcoal biasa, namun activated charcoal yang mampu untuk menyerap kotoran serta racun. Maka dari itu, produk masker dengan kandungan ini pun dapat menghilangkan komedo, minyak, dan mengangkat sel kulit mati sampai maksimal.

Diklaim aman untuk kulit, Anda juga bisa mengaplikasikan masker dengan jenis peel off karena mampu menghilangkan komedo. Namun, pemilik kulit sensitif harus lebih berhati-hati karena bisa membuat kulit jadi memerah.

3. Komedo di dagu bisa diatasi dengan bahan alami

Tekstur yang lengket dari putih telur mempunyai manfaat untuk kulit wajah. Seperti mengatasi masalah komedo, jerawat, dan juga bermanfaat untuk mengencangkan. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan astringent dan asam amino untuk meminimalisir produksi sebum serta meregenerasi sel kulit.

Anda bisa mencampurkan putih telur dengan jeruk nipis, lalu oleskan pada area wajah. Selain itu, bisa pula menggunakan bantuan kertas masker ataupun tisu dan menempelkannya di atas area kulit yang telah dioleskan putih telur.

Selain tiga cara tadi, masih ada empat cara membersihkan komedo di wajah yang bisa Anda coba. Dua di antaranya khusus untuk komedo yang timbul di hidung dan dibedakan berdasarkan jenis komedonya.

4. Komedo hitam di hidung bisa diatasi dengan skincare berkandungan khusus

Masalah kulit seperti timbunya komedo hitam sebaiknya diatasi dengan penggunaan produk skincare yang tepat. Biasanya, menghilangkan dan mencegah komedo hitam membandel adalah dengan memilih produk non-comedogenic.

Selain itu, dapat juga diatasi dengan produk yang mengandung salicylic acid, benzoyl peroxide, glycolic acid, serta retinol. Namun, sebelum itu jangan lupa untuk menyesuaikan dengan jenis kulit terutama bagi pemilik kulit sensitif.

5. Komedo putih di hidung bisa dihilangkan dengan pore strip

Salah satu cara yang paling mudah dan efisien untuk membersihkan komedo putih di hidung adalah dengan menggunakan pore strip atau pore pack. Tidak seperti clay mask, penggunaan jenis produk ini lebih efisien saat kamu sedang terburu-buru karena cara penggunaannya sangat mudah untuk hilangkan komedo.

Namun, Anda perlu membatasi penggunaan pore strip karena diklaim dapat membuat kulit jadi lebih sensitif. Jangan lupa untuk membersihkan kulit wajah terlebih dahulu dan membasuh hidung dengan air dingin setelah pemakaian agar tidak ada bakteri yang masuk ke dalam pori-pori.

6. Komedo di wajah bisa dibersihkan dengan rutin melakukan eksfoliasi

Tidak pernah membersihkan kulit wajah dengan metode double cleansing bisa membuat kotoran yang tersisa menumpuk di kulit wajah. Hal ini pula yang membuat timbulnya komedo pada kulit wajah. Maka dari itu Anda perlu juga melakukan eksfoliasi.

Terdapat dua jenis eksfoliasi, yaitu physical exfoliator seperti produk scrub. Sedangkan chemical exfoliator merupakan produk dengan kandungan BHA atau AHA. Lakukan secara rutin dua atau tiga kali dalam seminggu untuk mengangkat sel kulit mati, membersihkan pori-pori, sekaligus hilangkan komedo.

7. Angkat komedo membandel dengan bantuan alat khusus

Sudah rutin mengaplikasikan produk skincare tetapi komedo membandel masih juga ada di area wajah. Tidak perlu panik karena Anda bisa coba untuk menggunakan alat yang dapat membersihkan komedo seperti extractor dan juga blackhead tweezer.

Sebaiknya, hindari menekan area wajah denan menggunakan tangan. Lalu jangan lupa untuk memastikan alat pembersih komedo sudah dibersihkan terlebih dahulu. Kalau ragu, Anda bisa pergi ke beauty clinic untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

0 Response to "TIPS MEMBERSIHKAN KOMEDO DI WAJAH BERDASARKAN TEMPAT TUMBUHNYA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel