Saturday, September 10, 2016

Perawatan Kulit Luka Bakar Pada Anak CARA MENGATASI LUKA BAKAR ANAK

Perawatan Kulit Luka Bakar - Anak merupakan karunia tuhan yang maha besar. Orang tua diberikan oleh Tuhan seorang anak agar ia menjaga karunianya dengan baik dan benar. Ibu yang sibuk dan anak yang aktif kadang membuat ibu lupa untuk menjauhkan anak-anak pada benda-benda berbahaya yang ada disekitarnya.

Perawatan Kulit Luka Bakar Pada Anak

Maka, tak jarang anak mengalami kecelakaan dalam bermain seperti tak sengaja anak-anak menggunakan korek api, memegang api lilin, atau menyentuh panci panas yang akhirnya menyebabkan luka bakar.

Perawatan kulit luka bakar sangat berarti untuk mengembaikan struktur kulit yang rusak

Penyebab Luka Bakar 

Luka bakar merupakan luka yang lazim terjadi dan begitu menyakitkan. Meskipun luka bakar hanya sedikit di dalam kulit, hal ini memerlukan perawatan medis sampai tuntas untuk mencegah infeksi dan mengurangi bekas luka yang mungkin timbul nantinya.

Penyebab : Memegang Panci Panas, terkena air panas, menyentuh lilin.

Ciri-ciri diantaranya yaitu :
  1. Luka bakar tingkat satu , kulit terlihat memerah. Biasanya akan sembuh3-5 hari.
  2. Luka bakar tingkat dua, kulit memerah dan melepuh, terdapat cairan didalamnya.
  3. Luka bakar tingkat tiga, kulit memerah, melepuh dan menghitam. Luka terlihat kering dan berlendir. Biasanya merasa tidak sakit karena saraf rusak.
Hal yang perlu dilakukan :
  1. Dinginkan luka, letakkan luka bakar dibawah air yang mengalir selama 5-10 menit lalu oleskan salep dan tutup menggunakan perban. jangan oles dengan mentega atau pasta gigi karena akan membuat infeksi pada luka bakar.
  2. Bila ada pakaian yang melekat diluka bakar pastikan anda menggunting sekitar pakaian sekeliling luka bakar, lalu segera bawa anak kedokter atau rumah sakit terdekat dengan tetap pakaian yang melekat diluka bakar anak.
  3. Bila kulit melepuh, jangan dipecahkan sendiri. Bawalah anak kedokter agar dipecahkan secara bersih dan steril.
  4. Lalu anda dapat memberikan asetaminofen atau ibuprofen untuk mengurangi luka nyeri.
Perawatan Kulit Luka Bakar
Luka bakar merupakan hal yang menyebabkan kerusakan kulit atau jaringan kulit yang lunak yang berada dibawah lapisan kulit. Perawatan kulit luka bakar pertama yang perlu diketahui saat terjadi luka bakar lihat seberapa parah lukanya lalu lakukan penanganan dengan cepat. Pastikan Terlebih dahulu sudah dipadamkan akibat dari luka bakar tersebut

Oleskan Gel Lidah Buaya
Lihat seberapa parah luka bakar tersebut. Dinginkanlah luka bakar tersebut lalu bisa oleskan pelembab alami dengan menggunakan gel lidah buaya.

Oleskan Salep
Olesakn salep antibiotic ke luka bakar dan juga perban untuk mencegah bakteri masuk.

Balut Luka Dengan Kain Kasa
Tutuplah luka bakar menggunakan kasa steril namun jangan terlalu dtutup terlalu kuat.

Hindari Penggunaan Obat Rumah
Mentega dan Minyak tidakdianjurkan untuk digunakan dalam luka bakar. Mentega , minyak dan pasta gigi terbukti memberikan rasa dingin pada kulit akan tetapi hal tersebut memberikan efek menutupi percepatan kesembuhan luka bakar yang diderita oleh pasien luka bakar. Maka hendaknya jangan menggunakannya meskipun dalam keadaan darurat.

Jika sudah mengetahui hal tersebut hal yang paling utama bagi bunda jangan panik, meskipun bunda merasa ingin menangis dan merasa bersalah pastikan bunda dapat menahan hal tersebut agar anak tidak ikut panic dan bisa tenang. Peluk anak anda agar ia tetap merasa hangat dipelukan ibu. Pastikan perawatan kulit luka bakar dilakukan secara maksimal dan pastikan anak bunda tidak mengalami demam, jika demam segera beri paracentanmol yang berguna untuk mencegah demam yang lebih tinggi.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon