Friday, January 6, 2017

PERAWATAN KULIT SEHAT 9 Jenis Kandungan Bikin Kulit Sehat Terawat

Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Kulit. Agar kulit tampak lebih kenyal, bersih dan bercahaya, perlu dirawat dan terhidrasi secara tepat. Perawatan dari luar secara rutin dan juga asupan sehat yang mengandung zat-zat yang baik untuk menutrisi kulit, akan membuat kulit tetap sehat meski usia bertambah.


Ada 9 jenis kandungan makanan yang perlu Anda makan agar kulit tampak lebih terawat.

1. Antioksidan

Antioksidan adalah nutrisi (vitamin dan mineral) dan enzim (protein dalam tubuh) yang dapat membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan pada kulit. Antioksidan juga mampu menangkal radikal bebas. Makanan yang mengandung antioksidan adalah rangkaian buah beri, seperti blackberry dan raspberry. Selain itu ada juga buah aprikot, tomat, ubi dan bayam.

2. Lemak Omega 3

Lemak omega 3 mampu membantu mengatur produksi minyak pada kulit Anda. Sehingga dapat memerangi masalah kulit kering dan mengurangi peradangan kulit serta eksim pada kulit. Makanan yang mengandung lemak omega 3 adalah ikan sarden, salmon, tuna dan cod hitam. Selain itu terdapat juga dalam chia seeds dan kacang kenari.

3. Sulfur

Mineral ketiga yang paling berlimpah dalam tubuh Anda. Sulfur dapat membantu tubuh memproduksi kolagen sehingga menjaga kulit tampak halus dan kenyal. Konsumsi makanan yang mengandung sulfur seperti ikan, unggas, kuning telur, bawang merah dan putih, brokoli, kembang kol, kubis, dan kale.

4. Vitamin C

Vitamin C memberikan perlindungan antioksidan kuat yang dapat melindungi kulit dari bahaya radikal bebas seperti sinar UV dan polusi. Selain itu, vitamin C juga mampu membantu meningkatkan produksi kolagen, mengurangi peradangan dan iritasi kulit serta mencegah timbulnya flek hitam. Untuk itu jaga kecantikan kulit Anda dengan mengkonsumsi buah sitrus seperti jeruk, stroberi, mangga, brokoli, cabai, paprika hijau dan merah, pepaya dan kale.

5. Zinc

Zinc merupakan mineral penting yang dapat membantu mempercepat regenerasi kulit dan mengontrol minyak pada kulit. Selain itu zinc juga mampu menyembuhkan luka dan melindungi kulit terhadap radiasi sinar UV. Makanan yang mengandung zinc adalah biji labu, kacang-kacangan, sereal, tiram, telur dan daging merah.

6. Selenium

Selenium merupakan mineral antioksidan yang mampu menjaga elastisitas kulit serta mencegah kerusakan sel-sel kulit dari radikal bebas seperti bahaya sinar UV. Oleh karena itu, mengkonsumsi selenium sangat dianjurkan untuk membuat kulit Anda tetap sehat. Makan makanan yang mengandung selenium seperti kacang Brazil (makan hanya 2-3 kacang Brazil perhari), telur, beras merah, roti gandum, jamur, kepiting dan tiram.

7. Vitamin A

Vitamin A bekerja dengan menormalkan fungsi kulit sehingga dapat mengurangi keriput dan meningkatkan kolagen serta menjaga kulit tetap kenyal. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti telur, sayuran hijau, susu, wortel, labu, jeruk, melon dan hati sapi.

8. Vitamin E

Jenis vitamin yang satu ini merupakan vitamin yang paling terkenal dan sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kecantika kulit. Vitamin E adalah antioksidan yang efektif membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Untuk menjaganya rajinlah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin E seperti biji bunga matahari, kacang tanah, kacang almond, gandum dan sayuran hijau.

9. Probiotik

Menjaga keseimbangan antara bakteri baik dan jahat dalam tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik atau bakteri baik. Probiotik dapat membantu meningkatkan penampilan kulit Anda dari usus yang sehat. Konsumsi probiotik seperti yogurt, kefir, serta makanan yang berfermentasi seperti kimchi, tauco, roti, tempe, dan tahu.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon