Saturday, April 1, 2017

9 BAHAN KOSMETIK & ATURAN PEMAKAIAN Manfaat 9 Bahan Utama Kosmetik

9 Bahan Utama Kosmetik.Pada dasarnya ada 9 bahan utama yang sering digunakan produsen kosmetik. Bahan-bahan utama inilah yang patut dilihat di setiap label kosmetik yang kita pilih dalam merawat kulit.

10 BAHAN KOSMETIK & ATURAN PEMAKAIAN Manfaat 10 Bahan Utama Kosmetik

1. Asam hialuronat atau hyaluronic acid

Khasiat asam hialuronat sangat baik untuk menjaga kulit bebas dari kering dan kerut. Pelembap dengan bahan asam hialuronat akan membuat kulit tetap lembap. Menariknya asam hialuronat baik untuk semua jenis kulit. Pemakaiannya setelah kulit muka benar-benar bersih, baik di pagi atau malam hari untuk memberi kelembapan pada kulit.

2. Alpha Hydroxy Acid atau AHA.

Nama bahan satu ini juga tak kalah familiarnya, dibanding asam hialuronat. AHA kerap ditemukan dalam produk seperti pembersih wajah, penyegar dan pelembap. Fungsinya untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit menjadi lebih segar dan kencang. Pada dasarnya, sebuah studi menemukan bahwa mereka yang mengenakan bahan 25 persen glycolic, lactic dan citric acid (semua AHA) mengalami peningkatan kelembapan kulit, mendorong produksi kolagen dan lebih elastis. Gunakan AHA sekali atau dua kali seminggu di malam hari.

3. Peptides

Protein satu ini mendorong produk kolagen lebih banyak dan mengurangi kulit kendur dan kerutan. Pemakaiannya dianjurkan saat malam hari sebelum tidur.

4. Tabir surya

Dengan kandungan SPF yang memblok atau menghalangi sengatan sinar ultraviolet, tabir surya menjadi salah satu bahan penting dalam merawat kulit. Terutama untuk menghindari noda hitam dan potensial untuk mengalami kerut lebih cepat. Dianjurkan dipakai 20 hingga 30 menit sebelum melangkah keluar ruangan dan setiap 60 sampai 80 menit setelahnya.

5. Retinoid

Bahan satu ini juga tak kalah pentingnya seperti tabir surya, karena diyakini dapat memperbaiki kulit dari kemunduran seiring bertambahnya usia. Ketika memakainya, retinoid akan mengikat DNA yang disebut ligan untuk meningkatkan tekstur kulit dan membuatnya tampak lebih kencang. Retinoid sebaiknya dikenakan pada malam hari. Jadi, ketika pada siang hari mengenakan tabir surya, dan malamnya retinoid, perlindungan total akan membuat kulit tetap terawat. Jangan lupa bagian leher dan kulit di tangan.

6. Antioksidan

Sinar matahari, polusi udara, asap rokok, dan faktor eksternal berbahaya lainnya kadang merusak kulit lebih besar, kemudian menyebabkan kerut, kusam dan jerawat. Antioksidan adalah bahan yang berfungsi sebagai pencegah terhadap apapun yang berbahaya buat kulit. Dr Tanzi mengatakan ia menggunakan serum antioksidan seharian karena itu melindungi dia terhadap apapun yang merugikan buat kulit, terutama polusi. Gunakan serum antioksidan di pagi hari, setelah mencuci muka dan sebelum menggunakan pelembap dan tabir surra.

7. Kinetin

Selain membantu melembapkan kulit, kinetin membantun hormon menstimulasi produksi kolagen. Gunakan produk dengan kinetin, jika punya masalah dengan bahan menggunakan retinoid. Meski tidak sekuat retinoid, khasiatnya sama.

8. Hydroquinone

Produk perawatan kulit ini kerap disebut bleaching creams, karena dapat meminimalisir hiperpigmentasi. Dalam sebuah studi menemukan mereka yang memakai krim hydroquinone merawat kulit lebih baik dan mencegah masalah hiperpigmentasi.

9. Niacinamide

Bahan satu ini akan membuat kulit lebih lembut dan lembap, baik untuk yang sensitif dan berjerawat.

10. Salicylic acid

Salicylic acid mempunyai banyak manfaat yang dapat membantu kita dalam mengatasi masalah jerawat. Beberapa manfaat dari salicylic acid antara lain dapat mengeksfoliasi kulit dan membuang sel kulit mati, memberikan efek menenangkan pada kulit dan meredakan peradangan, serta dapat mengecilkan pori-pori.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon