Wednesday, August 30, 2017

7 Makanan Yang Baik Untuk Tulang

Kesehatan tulang merupakan yang mutlak harus dijaga dengan baik terutama bagi orang yang sudah menginjak usia lanjut dan rentan terhadap serangan penyakit tulang. Sebab apabila kesehatan tulang tidak dijaga dengan baik berisiko terkena penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang dan berbagai penyakit tulang lainnya. Tentu hal ini akan akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Upaya menjaga kesehatan tulang harus dimulai sedini mungkin agar kelak mendapati masa tua yang sehat dan bahagia dan bebas dari berbagai penyakt tulang. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah dalam konsumsi makanan Anda terutama makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Berikut beberapa makanan yang baik untuk menjaga kesehatan tulang.

7 Makanan Yang Baik Untuk Tulang

7 Makanan Sehat Untuk Tulang


Yogurt

Cara yang murah dan mudah dalam menjaga kesehatan tulang adalah dengan mendapatkannya melalui sinar matahari di pagi hari. Sebab sinar matahari di pagi hari mengandung vitamin D yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Namun selain cara praktis tersebut Anda bisa mendapatkannya dengan konsumsi makanan sehat seperti yogurt.

Yogurt atau susu fermentasi bisa Anda dapatkan dengan mudah di sejumlah toko. Pilihlah jenis yogurt yang rendah lemak dan diperkaya vitamin D. Konsumsi yogurt minimal satu cangkir setiap hari untuk memenuhi kebutuhan kalsium tulang Anda.

Susu

Susu merupakan minuman terbaik dalam menjaga kesehatah tulang Anda. Setiap tegukan susu mengandung kalsium untuk memenuhi kebutuhan gizi harian Anda. Bagi yang ingin manjaga berat badan sekarang juga sudah ada susu bebas lemak yang bisa dikonsumsi setiap hari tanpa takut berat badan naik. Selain itu produk susu tertentu didesain khusus sebagai pemenuhan kebutuhan kalsium dan vitamin D bagi tulang.

Keju

Keju selain rasanya yang enak dan lezat juga bisa dijadikan konsumsi baik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang Anda. Dalam setiap 1 ons keju mengandung 200ml kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang.

Ikan Laut

Berbagai jenis ikan yang hidup di laut mempunyai kaya manfaat bagi tulang Anda seperti ikan salmon dan ikan tuna. Ikan salmon dan ikan tuna kaya akan omega-3 dan mengandung banyak vitamin D. Selain bermanfaat bagi kesehatan tulang minyak ikan salmon dan ikan tuna juga kaya akan protein yang dapat mendukung kecerdasan otak. Sehingga sangat baik untuk dikonsumsi anak-anak yang masih dalam proses pembelajaran aktif.

Selain itu sekarang ini juga sudah tersedia ikan sarden dalam bentuk kemasan kaleng yang praktis dan mudah untuk didapatkan. Setiap 3 ons ikan tuna dalam kemasan kaleng menyediakan 154 IU  atau sekitar 39 % dari kebutuhan vitamin D dalam tubuh dan tulang Anda.

Telur

Telur merupakan makanan praktis yang mudah untuk dimasak dalam waktu yang singkat. Telur juga bisa dihidangkan dalam variasi sajian seperti omlet, campuran untuk nasi goreng, dan lain sebagainya. Makanan yang satu ini umumnya disukai oleh banyak orang terutama anak kecil. Selain enak dan praktis dalam memasaknya telur juga merupakan makanan sehat yang banyak mengandung protein dan vitamin D terutama pada bagian kuning telurnya.

Bayam

Bagi Anda yang tidak suka dengan makanan berbau amis seperti susu, keju atau telur bisa menggunkan sayur bayam sebagai penggantinya. Sayur hijau yang satu ini mengandung tinggi kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang Anda.

Brokoli

Sayur brokoli umumnya dimasak sebagai campuran makanan si kecil. Selain digemari oleh banyak ornag karena enak dan tampilannya juga menarik, brokoli juga kaya akan vitamin D dan vitamin K yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Anda bisa menyajikannya dalam bentuk jus brokoli yang segar dan enak.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon