Friday, August 18, 2017

Masalah Kesehatan Akibat Tidur Saat Rambut Basah

Kebanyakan orang yang memiliki pekerjaan seperti di kantor memiliki aktivitas yang padat sampai sore. Hal tersebut membuat kita ingin cepat pulang dan beristirahat dengan mandi sebelum tidur.

Mandi juga dapat membuat tubuh menjadi rileks dan kita dapat tidur lebih nyenyak saat malah. Dengan begitu dapat mengurangi setres dan ketegangan otot karena kelelahan.

Masalah Kesehatan Akibat Tidur Saat Rambut Basah

Dampak Kesehatan Karena Rambut Basah


Biasanya rasa lelah dapat membuat kita langsung tidur, apalagi dalam keadaan rambut yang masih basah. Tapi sebenarnya kebiasaan ini dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang akan semakin berkembang.

Meskipun tidak begitu berbahaya, ada juga masalah yang akan menyebabkan reaksi merugikan dengan tingkat kapiler, pada otot dan sistem kekebalan tubuh manusia. Tapi banyak juga yang tidak sadar dengan masalah tersebut dan tetap melakukannya sebagai kebiasaan.

Dengan kebiasaan tersebut akan muncul beberapa efek negatif yang akan membuat kita berfikir dua kali untuk tetap tidur dengan kebiasaan rambut yang masih basah tersebut.

Masalah Yang Timbul Saat Tidur Dengan Rambut Basah

Masalah kesehatan yang akan timbul dengan kebiasaan rambut yang masih basah seperti rambut rusak, sakit kepala, gatal & bengkak, infeksi kulit, alergi & pilek, rambut berminyak dan nyeri otot.
Saat sakit kepala datang karena terbiasa tidur dengan rambut basah, terjadi karena kelembapan yang dapat menyebabkan perubahan suhu tubuh secara mendadak. Membungkus rambut juga akan membuatnya tambah parah, karena digunakan dengan jangka waktu yang lama.

Hal ini dapat mempengaruhi sirkulasi darah dari kulit kepala dan saat ketegangan semakin meningkat maka rasa sakitnya akan mengganggu saat kita tidur.

Tidur dengan rambut basah juga dapat mendorong lemahnya helai rambut sepanjang waktu, membuat rambun rentan rusak dan lebih cepat rontok.

Selain itu tidur dengan rambut basah juga dapat membuat gatal & bengkak, alergi dan pilek. Karena perubahan suhu saat tidur tersebut dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Dapat juga memicu kondisi karena kelembaban yang terjadi selama beberapa jam, jadi mekanisme pertahanan tubuh semakin melemah dan membuat virus atau bakteri mulai menyerang.

Nyeri otot dan rambut berminyak juga merupakan masalah kesehatan yang timbul saat kita tidur dengan rambut masih basah. Karena selama tidur, kelebihan lemak akan cenderung meningkat dan menjadi lengket. Perubahan tersebut terjadi karena kelenjar sebaceous yang membuat tingkat pH tidak seimbang.

Perubahan suhu yang tidak stabil dapat menyebabkan masalah pada peredaran darah dan meningkatkan kejang sampai ketegangan yang terjadi pada otot tubuh kita.

Masalah Kesehatan Yang Berbahaya

Selain masalah kesehatan seperti sakit kepala ringan, tidur dengan rambut basah juga dapat menyebabkan infeksi dan tumbuh jamur pada kulit kepala. Tapi yang lebih parah dapat menyebabkan kanker kulit tumbuh di tubuh.

Jamur yang tumbuh di kulit kepala muncul karena kita menggunakan bantal yang biasanya menjadi tempat berkumpulnya bakteri setelah menyerap keringat, debu, sel kulit mati dan minyak yang keluar dari tubuh.

Jika kita tidur dengan rambut basah, maka bantal dapat menjadi basah juga sehingga dapat membuat tempat yang cocok untuk jamur mengembangkan virus atau infeksi.

Sedangkan rambut basah yang dapat menyebabkan kanker sendiri belum ada penelitian yang menjelaskan. Tapi sudah jelas jika rambut basah, langsung dan dibawa tidur dapat merusak sel kulit kepala dan menyebabkan kanker kulit kepala.

Biasanya orang punya kebiasaan buruk ini juga didorong dengan adanya gen kanker pada orang tersebut, ditambah dengan pencetus sampai kanker muncul.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon