Saturday, August 19, 2017

Posisi Tidur Yang Tepat Untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

Tidur memang merupakan hal yang penting, terutama untuk kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu jika kita mengalami posisi tidur yang salah akan menyebabkan leher menjadi sakit dan tidur tidak nyenyak.

Sedangkan untuk tidur kita harus menemukan posisi tidur yang nyaman, karena dapat membantu meringankan beberapa masalah kesehatan yang sedang dialami oleh tubuh kita.

Posisi Tidur Yang Tepat Untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

Posisi Tidur Untuk Mengatasi Masalah Kesehatan


Dengan posisi tidur yang tepat kita dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti masalah sinus, mulas, sakit kepala dan sakit bahu.

Pada masalah kesehatan sinus, terjadi karena infeksi yang dipengaruhi oleh cara tidur kita. Cara mengatasinya dengan tidur pada posisi kepala lebih tinggi. Karena cara tersebut dapat menghalangi lendir dari penyatuan sinus yang terjadi.

Karena mulas dapat mengganggu dan menyerang siapa saja, cara terbaik untuk mengatasi masalah ini dengan tidur di sisi kiri.

Sedangkan pada sakit kepala yang dapat memperburuk keadaan, biasanya sakit ini muncul karena leher yang terlalu lama tertekuk saat tidur. Cara mengatasinya dengan menaruh bantal pada sekeliling kepala supaya tidak terlalu memutar kepala saat sedang tidur.

Pada sakit bahu cara mengatasinya dengan sedikit menekuk kaki, pegang bantal ke arah dada dan letakkan bantal diantara kedua lutut kita. Selain masalah tersebut, posisi tidur juga dapat mengatasi masalah kesehatan lainnya seperti tekanan darah tinggi, PMS, sakit punggung dan sakit leher.

Cara Tidur Tanpa Gangguan Asam Lambung

Untuk mencegah gangguan asam lambung kita dapat memperbaiki posisi saat tidur di malam hari. Caranya dengan meninggikan tatakan kepala, tidur dengan sisi sebelah kiri, menurunkan berat badan, menjaga porsi makan, memakai pakaian longgar dan hindari makan saat sudah larut malam.

Cara lainnya dengan memiliki kebiasaan makan yang baik, mengunyah permen karet, menghindari makanan yang dapat memicu asam lambung, berhenti merokok dan beristirahat setelah makan.

Cara Menghilangkan Insomnia

Tidak sedikit orang yang memiliki masalah dengan kesulitan tidur atau biasa disebut dengan insomnia. Masalah tidur ini terjadi karena cenderung lebih khawatir, tertekan, lebih sering mengantuk, memiliki banyak kekhawatiran, masalah pribadi dan kurang percaya diri.

Orang yang mengidap biasanya sulit tidur pada malam hari dan bangun terlalu pagi. Orang yang terkena insomnia juga sering merasa tidak segar saat bangun tidur, mudah capek dan sulit berkonsentrasi.

Insomnia sendiri biasanya berupa insomnia sementara yang hanya terjadi beberapa malam saja. insomnia jangka pendek, biasanya terjadi karena stress mendadak dan insomnia kronis yang cukup parah sampai beberapa minggu.

Cara menghilangkannya dengan berfikir positif, membuat badan menjadi rileks, hindari minuman bersoda atau kopi, tidak merokok, membiasakan waktu tidur teratur, olahraga dan pola makan yang sehat.

Cara Menghilangkan Dengkuran Saat Tidur

Banyak orang yang mendengkur beberapa kali saat tidur dan sering mempengaruhi kualitas dan kuantitas tidur. Tapi ada juga cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan dengkuran tersebut.
Saat mendengkur yang berasal dari mulut, cara mengatasinya dengan meminta pasangan untuk memperhatikan suara dengkuran yang terjadi saat mulut terbuka atau tertutup. Saat mulut terbuka solusinya dengan menjaga supaya mulut tetap tertutup selama tidur.

Mendengkur yang berasal dari lidah cara mengatasinya dengan tidur tengkurap. Untuk mengetahui dengkuran akan hilang atau tidak, karena dengkuran yang terjadi biasanya karena lidah yang jatuh.
Ada juga mendengkur dengan hidung dan tenggorokan. Cara mengatasinya dengan menekan satu sisi hidung dengan jari dan mencoba bernafas dengan mulut. Cari penyebabnya dan lakukan pemeriksaan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon