Monday, August 28, 2017

Penemuan Alat Kesehatan Untuk Kesejahteraan Hidup

Dengan semakin berkembangnya teknologi di dunia kesehatan menjadikan penemuan alat-alat kesehatan yang lebih modern kian banyak. Penemuan alat-alat kesehatan baru di dunia dapat membuat Anda terheran-heran. Yang lebih menarik lagi, penemuan alat-alat kesehatan ini mampu meningkatkan kesejahteraan hidup. Hal ini bisa dilihat dari manfaat yang dirasakan dari penggunaan alat kesehatan tersebut.

Penemuan Alat Kesehatan Untuk Kesejahteraan Hidup

Penemuan Alat Kesehatan Modern


Bola Mata Bionik

Alat kesehatan modern yang pertama adalah bola mata bionik. Alat kesehatan ini merupakan solusi untuk orang yang mengidap penyakit pada bagian retina mata serta degenerasi makula atau hilangnya penglihatan dikarenakan usia. 

Cara kerja bola mata bionik adalah dengan menggunakan kamera berukuran kecil yang ditempelkan pada sepasang kaca mata yang digunakan oleh pasien. Kamera kecil ini berfungsi untuk mengumpulkan gambar seperti mata pada umumnya. Kemudian, diteruskan ke cip mikro yang dilapisi dengan titanium pada bola mata. Cip ini akan merangsang ke sel saraf retina, lalu mengirim gambar sepanjang saraf optik ke otak.

Bola Energi Multifungsi

Bola energi multifungsi ini disebut dengan soccket. Soccket mampu menghasilkan dan menyimpan energi saat seorang pemain menendangnya. Yang mengejutkan lagi, bola yang diletakkan di lapangan selama 15 menit dapat memberikan energi untuk menyalakan lampu selama tiga jam.

Tentu saja cara ini dapat membantu orang-orang di negara berkembang sebagai pengganti minyak tanah ketika terjadi pemadaman. Bola energi yang multifungsi ini akan dijual di Amerika Serikat sebagai pengisi baterai ponsel kelas atas.

Cairan Pengganti Bor Gigi

Bagi Anda yang mengalami masalah dengan kesehatan gigi pasti merasa takut ketika harus berhadapan dengan bor gigi. Namun, saat ini sudah ada cara baru dalam dunia kesehatan, yakni dengan menggunakan cairan yang disuntikkan ke gigi. Cairan ini terbukti lebih cepat mengatasi kebusukan yang terjadi pada gigi jika dibandingkan menggunakan bor.

Banyak pasien yang lebih menyukai cara ini karena tidak harus disuntik menggunakan bius dan dibor. Cairan yang sangat berfungsi mengatasi masalah gigi ini sudah beredar di pasaran Eropa dan akan beredar di Amerika.

Pompa Jantung Terbaru

Saat ini juga terdapat pompa jantung terbaru yang memungkinkan pasien bisa bertahan hidup lebih lama. Pompa jantung ini dibuat khusus untuk pasien pengidap jantung yang tidak memenuhi syarat untuk transplantasi. Alat pompa jantung terbaru ini langsung ditanamkan ke perut pasien.

Pil untuk Periksa Kanker Usus

Dari sebuah penelitian yang dilakukan menemukan bahwa sebanyak 40 persen orang Amerika yang berusia di atas 50 tahun tidak melakukan skrining kanker usus besar. Hal ini dikarenakan untuk melakukan proses skrining membutuhkan waktu yang lama karena harus melalui beberapa tahapan.

Saat ini telah ada metode pemeriksaan terbaru dengan menggunakan pil yang bisa melihat. Penggunaan pil ini dinilai lebih praktis dalam memeriksa apakah seseorang berpotensi mengidap kanker usus ataukah tidak. Cara kerja pil dengan dipasang sebuah kamera mini, kemudian gambar yang ditangkap akan diteruskan melalui komputer.

Kacamata Khusus

Kacamata khusus ini dirancang sedemikian rupa sehingga mampu menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar. Hal ini didukung oleh cairan menyerupai minyak silikon khusus. Jika Anda menginginkan penglihatan yang lebih tajam maka bisa menekan plastik yang ada di tiap lensa untuk menambah lebih banyak cairan silikon. Cairan ini mampu membentuk lensa, sehingga penglihatan bisa lebih tajam.

Dengan begitu banyaknya penemuan alat-alat canggih di dunia kesehatan menjadikan kesejahteraan manusia kian meningkat. Karena penyembuhan penyakit yang awalnya menggunakan metode yang sulit menjadi lebih mudah.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon