Monday, August 28, 2017

Cara Mengatasi Alergi Pada Hidung

Sering kali orang mengalami alergi pada hidungnya seperti bersin-bersin berulang kali saat mencium aroma tertentu dan sebagainya. Hal tersebut tentu sangat mengganggu akivitas terutama bagi Anda yang sibuk dalam dunia kerja. Sehingga sangat dibutuhkan cara terbaik dalam mengatasi alergi pada hidung. Berikut tips mengatasi alergi pada hidung dengan benar.

Cara Mengatasi Alergi Pada Hidung

Cara Mengatasi Alergi Pada Hidung


Menjaga Udara Dalam Ruangan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menjaga kualitas udara dalam ruangan yang bebas polusi dari luar. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan AC dan mengaturnya pada filterasi khusus. Penggunaan AC meminimalisir terjadinya polusi udara dalam ruangan. 

Jangan lupa untuk menutup pintu atau jendela ruangan Anda untuk menghindari penyebab allergen lain masuk ke ruangan. Terutama ketika di luar ruangan sedang terjadi produksi asap berlebih atau polusi akibat debu dalam  kategori tinggi. 

Terapi Alternatif

Meski hasil penelitian belum menunjukkan secara jelas dan masih bertentangan, namun beberapa kalangan berhasil menemukan tanaman herbal atau suplemen khusus yang dapat meredakan tingkat alerginya terutama alergi musiman atau yang hanya terjadi pada saat tertentu saja. Salah satunya adalah betterbur atau petasites yang terbukti dari beberapa penelitian menunjukkan dapat mengurangi alergi pada hidung.

Penelitian lain juga menyatakan bahwa butterbur dapat bekerja dengan baik sebagai antihistamin bagi sebagian kalangan. Namun tanaman ini termasuk golongan tanaman yang langka dan tidak bisa dengan mudah ditemukan. Sebab tanaman butterbur hanya bisa tumbuh di daerah utara garis khatulistiwa atau di Amerika Serikat dan Eropa. Di sana manfaat tanaman butterbur sudah dikemas dalam bentuk pil dan dipasarkan secara online.

Hilangkan Alergen

Ketika Anda keluar dari rumah dan menuju tempat tertentu berarti Anda memasuki tempat berbeda dengan keadaan lingkungan dan udara yang berbeda dan pastinya belum terjadi adaptasi dengan baik sebaik penyesuaian diri di rumah Anda sendiri. Pada alam terbuka baik pakaian, tas, sepatu dan kulit ditutupi oleh partikel-partikel kecil dari tempat atau lokasi yang Anda kunjungi.

Sedangkan ketika Anda pulang kembali ke rumah partikel-partikel dari luar masih terbawa dan sampai ke rumah Anda. Untuk membersihkan diri dari penyebab allergen tersebut bisa dilakukan dengan mandi dan mengganti pakaian. Akan lebih baik juga jika Anda melepaskan sepatu di pintu dan jangan terbawa masuk ke rumah.

Meningkatkan Konsumsi Vitamin D

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat berisiko menimbulkan alergi dan membuat alergi dapat bertambah buruk. Meski Anda bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari namun akan lebih baik lagi jika didukung dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang banyak mengandung vitamin D seperti minyak ikan dan lemak ikan.

Jenis ikan yang banyak mengandung vitamin D yang baik bagi kesehatan tubuh seperti ikan tuna, ikan salmon dan sebagainya. Bisa juga dengan mengkonsumsi suplemen khusus jika tidak bisa mengatur pola makan Anda. Selain itu perhatikan bahaya kulit saat terkena sinar matahari. Pakailah tabir surya dengan SPF minimal 15  yang dapat memblokir vitamin D dan menghalangi dari bahaya sinar UV.

Gunakan Masker 

Cara paling efektif dalam mengatasi alergi hidung adalah dengan mengenakan masker. Masker dapat mencegah alergen memasuki saluran pernafasan Anda. Cara ini paling efektif digunakan sebab mudah dan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Pola Makan Sehat

Menjaga pola makan dapat membantu mengatasi gejala alergi. Terutama konsumsi makanan-makanan hijau yang banyak mengandung vitamin dan gizi seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan. Minimal konsumsi satu buah segar setiap harinya dan jangan lupa untuk makan secara teratur tiga kali sehari.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon