Tuesday, September 18, 2018

√ KONSUMSI 10 MAKANAN INI BANTU ATASI KRAM ATAU NYERI SAAT HAID

Daftar jenis makanan yang Bisa Meringankan Nyeri saat Menstruasi. Beberapa wanita mengalami pusing, nyeri haid, sakit pinggang dan sebagainya hingga terpaksa mengkonsumsi berbagai jenis obat ketika seddang datang bulan. Hal ini tentu saja sangat mengganggu. Baca juga 6 Cara Atasi Menstruasi Tidak Lancar dan Cegah Penyebabnya

Jenis Makanan untuk Meredakan Nyeri atau Kram Saat Haid
Jenis Makanan untuk Meredakan Nyeri atau Kram Saat Haid

Berikut adalah 10 jenis makanan yang bisa membantumu meringankan masa "sulit" terasa nyeri atau kram saat sedang menstruasi atau mens:

1. Sayuran Hijau

Perempuan banyak kehilangan darah selama masa menstruasi. Oleh karenanya, kamu membutuhkan makanan yang mengandung zat besi, magnesium dan potasium, untuk menggantikannya. Misalnya saja jenis sayur berupa daun-daunan hijau, sebbagai contoh: bayam, kangkung dan sawi.

2. Ikan

Daging ikan mengandung omega 3 dan 6 yang baik untuk kesehatan. Omega 3 sangat baik dikonsumsi saat menstruasi karena bisa membantu mengurangi nyeri dan kram. Selain itu, mengkonsumsi ikan juga bagus untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah agar tidak tinggi dan mengandung banyak protein.

3. Biji-Bijian Utuh

Anda bisa mengkonsumsi jenis biji-bijian seperti beras (nasi) merah dan gandum. Jenis biji-bijian ini mengandung banyak nutrisi seperti magnesium yang dapat mengurangi ketegangan otot dan kram saat menstruasi. Vitamin B dan E di dalamnya juga bisa mengurangi kelelahan karena anemia yang kamu alami selama datang bulan. Mengkonsumsi kuaci juga patut dicoba, karena dapat sekalian menjaga berat badan agar stabil dan menahan rasa lapar. Hal ini sejalan dengan program diet yang saat ini dijalankan.

4. Daging dan Telur

Daging berprotein juga bisa membantu mencegah anemia. Kamu bisa mengkonsumsi daging merah, ikan, dan telur selama masa datang bulan agar tidak kram. Namun jika kamu vegetarian, tentu saja sayuran hijau dan biji-bijian pada poin di atas tepat dijadikan sebagai pilihan terbaik.

5. Cokelat

Cokelat hitam (dark chocolate) dengan rasa yang sedikit pahit adalah solusinya. Dark chocolate sendiri telah dikemas dengan antioksidan dan senyawa lain yang meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh. Serotonin meningkat, mood dan energi juga akan lebih baik, apalagi pada saat datang bulan. Saat mengkonsumsi coklat hitam, sebaiknya digigit sedikit demi sedikit agar lidah jadi terbiasa dengan rasa pahitnya yang tidak wajar. Dari pengalaman mengalami kram saat haid (datang bulan), rasa nyeri lumayan berkurang.

6. Yogurt

Rutin mengkonsumsi yogurt 2 kali setiap hari selama 6 minggu berturut-turut sangat baik bagi kesehatan. Khusus saat sedang menstruasi, mengkonsumsi yogurt juga berfungsi mengganti kalsium yang hilang saat pendarahan haid.

7. Pisang

Murah dan mudah didapat. Pisang sangat baik dimakan saat menstruasi karena kaya akan potasium dan vitamin yang meningkatkan mood-mu dan membantu mengatur pergerakan usus. Pisang juga baik dalam menekan tingkat stres tubuh, sehingga badan terasa lebih rileks dan dapat menekan rasa nyeri datang bulan.

8. Nanas

Nanas juga merupakan buah yang baik dikonsumsi selama masa haid atau menstruasi. Buah ini kaya akan senyawa yang dinamakan bromelain. Senyawa jenis ini mampu mengurangi kram saat sedang haid. Coba pilih nanas Palembang karena rasanya yang manis dan pas di lidah.

9. Teh Hijau

Selain makanan, ada juga jenis minuman yang sangat baik jika diminum saat datang bulan. Salah satunya adalah teh hijau. Teh hijau mampu mengurangi kadar esterogen dan menyeimbangkan hormon. Seduh selagi hangat. Tubuh akan terasa nyaman dan dapat meredakan nyeri dan rasa kram ketika menstruasi

10. Jahe

Sudah sejak dahulu kala, jahe digunakan sebagai pereda perut kembung atau masuk angin dan mual. Ternyata jahe juga bisa meredakan nyeri haid. Seperti teh hijau, jahe yang telah diolah sebaiknya diminum di saat panas atau hangat.

Semoga tips tentang konsumsi makanan yang dapat meredakan kram atau nyeri ketika haid ini dapat bermanfaat ya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon