Saturday, August 5, 2017

6 Cara Atasi Menstruasi Tidak Lancar dan Cegah Penyebabnya

Tags

Setiap wanita normal pasti akan mengalami siklus haid atau menstruasi, periode lancar normalnya biasanya berkisar 21 sampai 35 hari, namun bagi sebagian wanita yang terganggu siklusnya maka tidak bisa dipastikan kapan jatuh haid berikutnya.

6 Cara Atasi Menstruasi Tidak Lancar dan Cegah Penyebabnya


Menstruasi yang tidak lancar biasanya terjadi karena kadar hormon yang tidak stabil / seimbang, hormon estrogen dan progesteron. Atau biasanya wanita yang melakukan diet tidak sehat dan berlebihan, stress atau kecapean. Padahal hal ini bisa mempengarui juga tingkat kesuburan Anda.

Tips Agar Menstruasi Kembali Lancar Secara Alami


Kurangi aktifitas lembur sampai tengah malam hari

Untuk Anda yang masih mahasiswa atau pekerja yang sering mengerjakan tugasnya pada malam hari, ada baiknya segera kurangi sekarang dan tinggalkan secara perlahan. Karena hal ini adalah salah satu pemicu haid Anda terganggu siklus normalnya.

Mulailah olahraga ringan

Membiasakan diri untuk selalu olahraga setiap hari, akan membantu mengurangi kacaunya siklus menstruasi yang tidak lancar. Terlebih bagi Anda yang olahraga kardio 3 - 4 kali dalam seminggu agar badan fresh dan juga peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar.

Konsumsi makanan mengandung Omega-3 dan antioksidan

Makanan yang mengandung Omega-3 dan antioksidan mudah di dapatkan, seperti ikan salmon, sayuran segar, buah-buahan. Dengan begitu nutrisi dan asupan gizi dalam tubuh akan terpenuhi dengan baik sehingga antibodi tubuh terjaga dengan baik dan menstruasipun tidak terganggu.

Konsumsi jamu alami bukan kemasan

Langkah selanjutnya adalah mengkonsumsi minuman jamu alami yang bisa membantu mengencerkan darah haid sehingga darah mudah keluar dan haid berjalan dengan lancar. Namun jangan minum jamu yang instan, selain tidak alami, terkadang terjadi efek samping terhadap tubuh ditambah tubuh Anda dalam keadaan lemah karena proses menstruasi yang tidak lancar. 

Resep jamu yang bisa di gunakan : persiapakan 2 biji kunyit, setengah sendok ketumbar, setengah sendok biji pala, dan setengah genggam daun srigading. Lalu rebus dengan 1 liter air sampai mendidih, saring dan minum / konsumsi satu kali dalam sehari.

Hindari terlalu sering stress

Faktor yang membuat menstruasi Anda terganggu adalah stress, karena dengan begitu hormon di produksi berlebihan yang membuat emosi tidak stabil dan menggangu peredaran darah dalam tubuh. Lakukan istirahat yang cukup, jangan lakukan hal yang membuat mood menurun, usahakan selalu terjaga emosional sehingga stress pun teratasi.

Asam jawa

Asam jawa ini bisa membantu melancarkan menstruasi Anda, asam jawa bisa di dapatkan di toko atau supermarket terdekat di sekitar, fungsi lainnya juga bisa untuk mencairkan darah haid yang menggumpal sehingga darah bisa jadi lancar dan haid tidak terganggu.

Beberapa Sebab Mengapa Siklus Haid Tidak Lancar


Adanya program diet yang dilakukan

Tentu hal ini sudah tidak hal yang aneh untuk para wanita, diet bukan tidak di perbolehkan, namun kebanyakan wanita saat ini banyak yang ingin cepat kurus dan menurunkan berat badan seketika sehingga mereka melakukan diet ketat yang malah justru membahayakan diri sendiri dan salah satu dampak negatifnya adalah terganggunya siklus haid.

Terjadinya sindrom polikistik

Sindrom ini terjadi karena adanya beberapa gejala yang disebabkan kista kecil dalam indung telur, adanya kista ini yang menyebabkan hormon tidak stabil yang manifestasinya lari ke produksi hormon testoteron yang berlebih, padahal untuk wanita hormon ini tidak boleh di produksi lebih banyak. Oleh sebab itu, pelepasan telur menjadi tidak stabil dan menstruasi menjadi terganggu.

Bagaimana sudah tau? Lebih baik melakukan pencegahan agar haid Anda berjalan dengan lancar.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon