Monday, March 19, 2018

INI DIA 9 JENIS BEDAK DAN KEGUNAANNYA SESUAI DENGAN JENIS KULIT

Jenis dan Manfaat Bedak Sesuai dengan Tipe Kulit. Pemakaian bedak sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Bedak selain untuk membuat kulit tampak segar juga dapat menyempurnakan riasan makeup kita. Ternyata bedak memiliki banyak jenis dan kegunaan. Baca juga SULAM BEDAK (BB GLOW TREATMENT) SOLUSI PRAKTIS BIKIN KULIT CERAH DAN MUDA

INI DIA 9 JENIS BEDAK DAN KEGUNAANNYA SESUAI DENGAN JENIS KULIT

Setiap jenis bedak memiliki fungsinya masing-masing. Anda bisa menyesuaikan dengan jenis kulit dan kebutuhan Anda.

1. Loose Powder (Bedak Tabur)

Tekstur bedak tabur ini sangat halus dan lembut apabila dibandingkan dengan jenis bedak lainnya, sehingga membuat pengaplikasian ke wajah jauh lebih mudah. Biasanya, bedak tabur akan langsung mendapatkan puff dalam kemasan. Tetapi Anda bisa memilih ingin tetap menggunakan puff atau dengan kuas bedak untuk hasil merata dan natural.

Formula Loose powder sangat cocok bagi yang memiliki kulit berminyak. Tetapi bedak ini sangat riskan untuk dibawa kemana-kemana karena mudah tumpah. Dan bedak ini juga mudah luntur oleh keringat.

Pilih warna beberapa tingkat lebih terang dari kulit kamu. Dan sebaiknya gunakan bedak tabur di daerah dahi, hidung dan dagu. Hindari menggunakan bedak tabur hingga di pinggir-pinggir wajah karena menyebabkan hasil yang tidak natural pada kulit wajah. Pulas bedak tabur setelah foundation agar foundation lebih tahan lama dan tepuk tepuk dengan spons agar wajah tidak terlihat mengkilap.

2. Pressed / Compact Powder (Bedak Padat)

Dibandingkan bedak tabur, bedak padat partikelnya lebih kecil dan padat sehingga mudah dibaurkan pada permukaan kulit wajah dan menutup pori-pori dengan sempurna. Selain itu bedak padat juga mampu bertahan lama pada wajah, dan mudah dibawa kemana pun.

Setelah usai beraktivitas, gunakan remover untuk membersihkan sisa riasan agar tidak menyumbat pori-pori wajah dan berisiko menimbulkan jerawat. Hati-hati saat mengaplikasiannya, jangan menambahkan bedak padat saat wajah berkeringat karena akan membuat wajah terlihat seperti topeng.

Bedak ini cocok untuk kulit wajah kering, sedangkan untuk Anda yang memiliki wajah berminyak bedak ini kurang disarankan. Pilih bedak padat yang memiliki formula bebas minyak atau oil free untuk Anda yang memiliki kulit berminyak.

3. Two-Way Cake / Foundation Powder

Seperti namanya, bedak ini selain mengandung formula bedak, juga mengandung foundation. Bedak ini memilki formula yang cenderung berat dan berminyak, namun dapat bertahan lama walau dipakai seharian. Bedak jenis ini cocok untuk dikenakan untuk menghadiri acara-acara resmi dan glamor yang membutuhkan makeup tebal, dan jangan digunakan untuk riasan sehari-hari.

Bedak ini sangat praktis dan jika dipakai sebagai foundation, karena mampu menyerap minyak berlebih dengan baik. Namun perlu diketahui, bedak ini tidak mampu menutupi flek hitam pada wajah dengan sempurna. Bagi Anda yang memiliki wajah berminyak hindari penggunaan bedak ini karena dapat menyumbat pori-pori wajah dan menyebabkan timbulnya jerawat.

4. Mineral Powder

Bedak ini biasanya terbuat dari bahan-bahan seperti zinc oksida, dan titanium oksida yang dapat diserap kulit sehingga membuat wajah terlihat lebih cerah. Zinc oksida dapat melindungi kulit dari jerawat dan titanium oksida dapat melindungi dari sinar matahari.

Namun, buat kita yang harus beraktivitas lama di luar ruangan sebaiknya tetap menggunakan sunblock atau sunscreen agar wajah tetap terlindungi. Mineral powder juga bebas minyak, pengawet, pewarna, dan paraben sehingga aman buat kulit sensitif.

5. Bedak Glitter atau Shimmering Powder

Bedak dengan kandungan glitter bertekstur seperti bedak tabur, tapi memiliki warna yang lebih beragam. Bedak ini mengandung glitter atau bubuk kilap sehingga membuat wajah Anda terlihat lebih berkilau dan bercahaya. Bedak glitter biasa dipakai untuk acara-acara glamor, sehingga tidak cocok dipakai dalam makeup harian. Bedak ini biasanya digunakan oleh para makeup artis untuk memberikan kesan glamor pada riasan.
Bedak ini bentuknya halus, berwarna dan memiliki serbuk-serbuk yang berkilauan. Selain itu, glitter powder juga dapat diaplikasikan pada anggota tubuh yang terbuka seperti pada leher, punggung, dan lengan.

6. Bedak Meteorite

Bentuk bedak ini bulat-bulat kecil dan berwarna warni. Bedak ini dipakai setelah usai mengaplikasikan makeup sebagai sentuhan akhir agar wajah terlihat bersemu natural. Untuk mengaplikasikannya, Anda harus menggunakan kuas besar dan sapukan ke seluruh wajah. Riasan wajah akan terlihat lebih bercahaya dan segar. Biasanya, bedak jenis ini harganya lumayan mahal dan masih sulit ditemukan di pasaran.

7. Setting Powder

Ketika kamu sudah mengaplikasikan berbagai liquid product, bedak ini berfungsi untuk mengunci make up agar tidak luntur dan creasing. Untuk make up lebih tahan lama, fokuskan pemakaian bedak di daerah yang mudah berminyak seperti T-Zone (dahi, hidung, pipi, dan dagu).

Bedak seperti setting powder biasanya memiliki warna translucent, dimana bedak ini tidak memiliki warna dan coverage sehingga riasan wajahmu tidak terlihat cakey.

8. Bedak Cair (Liquid Powder)

Liquid powder adalah jenis bedak cair yang biasa dipakai oleh makeup artis sebagai tambahan makeup base untuk memperkuat tampilan riasan. Bertekstur cair, bedak ini sangat mudah menempel dan menutupi kulit sehingga warnanya sangat terlihat natural. Namun dalam pengaplikasiannya Anda harus berhati-hati, gunakan kuas atau spons agar tidak belang dan merata dengan baik.

9. Finishing Powder

Bedak ini dipakai setelah menggunakan setting powder dengan tujuan untuk menyamarkan garis halus serta pori-pori sehingga hasil makeup menjadi lebih sempurna.

Kebanyakan finishing powder berwarna putih jadi kita tidak perlu memakainya terlalu tebal.

Pilihlah jenis bedak dan warna yang cocok dengan kulit Anda. Dan sempurnakan riasan wajah Anda dengan memakai bedak sesuai dengan kegunaannya. Selamat tampil cantik!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon