Thursday, March 22, 2018

ISTILAH-ISTILAH KECANTIKAN YANG SERING DIGUNAKAN UNTUK RIASAN WAJAH

20 Istilah Makeup yang Sering Digunakan. Jika Anda sering melihat tutorial makeup di Youtube ataupun Instagram, ada beberapa istilah yang berhubungan dengan makeup atau kecantikan sering mereka ucapkan. Berikut ini, 20 istilah kecantikan seputar rias wajah lengkap dengan penjelasannya untuk Anda. Baca juga JENIS-JENIS PRIMER YANG SESUAI DENGAN KONDISI KULIT

ISTILAH-ISTILAH  KECANTIKAN YANG SERING DIGUNAKAN UNTUK RIASAN WAJAH

1. Cakey, foundation terlalu tebal

Istilah ini digunakan pada keadaan alas bedak terlalu tebal atau tekstur keduanya yang terlalu padat, sehingga tidak menempel dengan sempurna pada kulit dan terlihat terpisah. Istilah paling mudah dalam bahasa Indonesia adalah 'seperti didempul'.

2. Smudge, luntur

Istilah ini biasanya digunakan saat mengaplikasikan maskara. Smudging ini artinya luntur atau bleber ke mana-mana saat wajah berkeringat atau sehabis membasuh wajah dengan air.

Ini terjadi karena tekstur maskara yang kurang waterproof atau terlalu lengket yang membuatnya mudah menempel pada bagian atas dan bawah mata.

3. Pigmented, warnanya lebih 'keluar'

Maksud dari istilah ini adalah level pigmentasi dari makeup tersebut cukup tinggi dan pekat, membuat warnanya lebih 'keluar'. Jadi, makeup yang pigmented itu konotasinya baik, warnanya kelihatan setelah diaplikasikan di kulit.

Istilah ini biasanya dipakai untuk makeup yang sifatnya memberikan warna di kulit. Seperti eyeshadow, blush on, lipstik, dan highlighter.

4. Patchy, tidak merata

Istilah ini biasanya dipakai saat mengaplikasikan foundation yang membuat warna dan tekstur kulit tidak merata, bahkan beberapa bagian terlihat kering dan mengelupas. Ini cukup menganggu karena membuat penampilan kurang maksimal.

5. Clumpy, menggumpal

Istilah ini biasanya dipakai saat tekstur maskara terlalu menggumpal. Clumpy terjadi kalau memakai maskara terlalu banyak dan tebal.

6. Creasing, makeup pecah karena minyak wajah

Istilah creasing biasa dipakai saat memakai eyeshadow, foundation dan bedak. Creasing merupakan kondisi makeup yang pecah karena produksi minyak alami wajah, biasanya pada bagian mata dan bagian bibir yang ketarik karena tersenyum.

7. Ashy, warna bedak tidak menyatu dengan kulit

Ashy biasanya digunakan untuk menyebutkan keadaan saat memakai BB cream atau foundation yang warnanya tidak menyatu dengan kulit bahkan wajah terlihat abu-abu. Ini biasanya terjadi karena memilih warna foundation yang terlalu terang dari kulit asli.

8. Flaky, bubuk hitam jatuh ke bawah mata

Meski artinya mirip dengan smudging, flaky ini biasanya dipakai untuk menjelaskan maskara luntur yang lebih spesifik. Yaitu, bubuk-bubuk maskara warna hitam yang jatuh ke bawah mata. Ini membuat mata seperti baru selesai menangis semalaman.

9. Baking

Baking, teknik make-up terbaru dengan membiarkan bedak translucent untuk diam pada bagian wajah tertentu selama 5-10 menit agar panas dari wajah membuat foundation dan concealer lebih ter-set, baru kemudian sapukan bedak tersebut dari wajah

10. Dupe, duplikat dari brand ternama

Istilah ini diambil dari kata duplicate atau dalam bahasa Indonesia duplikat. Artinya, produk dupe memiliki harga yang lebih murah tapi kualitas, rasa, dan teksturnya sangat mirip dengan produk yang lebih mahal.

11. Sticky, lengket di kulit

Pernah merasa setelah memakai foundation atau BB cream wajah jadi lengket? Dalam istilah makeup, itu dinamakan sticky atau tacky. Ini juga bisa dirasakan kalau pakai liquid lipstik yang membuat bibir rasanya menyatu dan sangat lengket.

12. Dewy

Istilah Dewy digunakan pada kulit wajah yang tetap terlihat tampak segar dan bercahaya setelah dimakeup. Modal utama tampilan dewy ini adalah kulit yang terawat. Contohnya dengan rajin memakai pelembap, minyak natural seperti virgin coconut oil, atau produk perawatan kulit lainnya yang sesuai dengan kebutuhan. Lalu yang tak kalah penting adalah memilih produk makeup yang tepat. Pilih foundation yang coverage-nya sheer atau medium, lalu untuk menambah kilau pada wajah, tambahkan highlighter pada tulang pipi dan batang hidung.

13. Strobbing

Untuk riasan acara di malam hari, biasanya strobbing yang perlu dilakukan. Strobbing adalah memulaskan highlight ke daerah yang terpapar cahaya, misalnya tulang pipi, hidung dan dagu yang bisa bikin wajah kamu terlihat cerah merona.

14. Contouring

Kalau istilah kecantikan yang ini rasanya semakin populer setelah beredarnya foto Kim Kardhasian yang terlihat sedang “dibingkai” wajahnya. Contouring adalah teknik untuk “memahat” wajah untuk menonjolkan tulang pipi sehingga terlihat lebih tirus. Biasanya teknik ini menggunakan produk bertekstur powder atau cream dengan warna yang gelap untuk memberi ilusi bayangan pada bagian wajah.

15. Draping, membentuk wajah dengan blush

Draping adalah teknik rias wajah yang kembali ramai diperbincangkan belakangan ini. Konsepnya mirip dengan contouring, yaitu untuk membentuk wajah, tapi di teknik ini kita hanya menggunakan blush saja. Pilih dua blush sesuai rona kulit: Blush dengan warna yang lebih gelap, dan blush berwarna terang. Dengan mempraktikkan teknik draping, dimensi warna pada wajah akan terlihat lebih lembut dan pipi jadi lebih langsing.

16. Apple on The Cheek

Apple on the cheek mudah kita temui saat tersenyum. Bagian pipi yang menonjol saat sedang tersenyum disebut dengan apple on the cheek. Area ini merupakan titik pemakaian blush, namun sebaiknya aplikasikan secara tipis-tipis agar tidak terlihat menor.

17. Waterline

Waterline merupakan area di sepanjang garis bulu mata bagian bawah. Kamu bisa aplikasikan eyeliner pensil ataupun yang gel pada bagian ini

18. Tightlining

Tightlining adalah menggunakan eyeliner tepat di garis mata atas maupun bawah untuk memberikan kesan mata yang lebih besar

19. Undertone

Undertone adalah rona asli kulit Anda yang tidak berubah walaupun terpapar sinar matahari atau memakai pencerah wajah. Berbeda dengan tingkat warna kulit atau skintone. Kalau skintone, saat berjemur atau main di ruangan terbuka pun sudah berubah. Secara umum, undertone kulit dibagi jadi 3: warm tone, cool tone dan neutral. Bagi Anda pemilik kulit gelap belum tentu memiliki warm tone, bisa saja punya warna dasar kulit yang tergolong cool, begitu juga sebaliknya.

20. Skintone

Skintone adalah warna kulit yang bisa langsung Anda lihat. Seperti kulit cerah, gelap, kuning langsat dan lain sebagainya. Warna skintone ini dapat berubah karena beberapa faktor, misalnya sering terkena sinar matahari, kebiasaan merawat kulit, hingga penggunaan krim perawatan kulit.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon