Thursday, March 15, 2018

JENIS-JENIS PRIMER YANG SESUAI DENGAN KONDISI KULIT

Mengenal Jenis-Jenis Primer. Meluangkan waktu beberapa menit untuk mengaplikasikan primer saat berdandan dapat memberikan pengaruh besar pada tampilan akhir Anda. Primer adalah produk yang digunakan untuk mengisi pori-pori, sehingga terbentuk lapisan di atas kulit yang menjadi dasar sebelum menggunakan makeup. Primer akan melembutkan permukaan kulit, memudarkan tampilan garis halus dan pori-pori, meratakan warna wajah, serta membantu mempertahankan riasan agar tidak luntur sepanjang hari. Lihat juga HINDARI MEMAKAI 6 PRODUK KECANTIKAN INI SETIAP HARI

JENIS-JENIS PRIMER YANG SESUAI DENGAN KONDISI KULIT

Ada berbagai jenis primer yang tersedia, yang tidak hanya sekadar mengisi pori-pori, melainkan juga memiliki beberapa manfaat lain seperti meratakan warna maupun memberikan efek kulit bercahaya.

Berikut jenis-jenis primer yang dapat Anda pilih.

1. Blurring / Pore-Minimizing

Jika Anda bermasalah dengan tekstur wajah yang kurang merata, baik karena pori-pori besar maupun kerutan, menggunakan primer berjenis blurring atau pore-minimizing dapat menjadi solusi. Primer jenis ini memiliki formula yang akan ‘mengisi’ pori-pori atau kerutan sehingga akan tersamarkan dan membuat wajah tampak lebih halus. Umumnya, primer dengan jenis ini akan berbahan dasar polymer atau silicone yang dapat mengisi celah maupun kerak-kerak, termasuk keriput pada kulit dan membentuk lapisan segel di atas kulit sehingga menghasilkan tampilan kulit yang lembut, halus, velvety, dan flawless.

2. Color-Correcting

Kegunaan dari Color-Correcting ini, untuk meratakan warna kulit. Color-correcting bekerja dengan konsep roda warna, di mana tiap warna akan ‘menghapuskan’ warna yang berlawanan. Misalnya, warna hijau akan menyamarkan warna kemerahan akibat jerawat atau warna pink akan mencerahkan area bawah mata yang gelap. Jenis primer ini cocok untuk yang memiliki masalah warna complexion yang tidak merata sehingga dapat mengurangi penggunaan foundation atau concealer yang terlalu tebal dengan bantuan primer ini.

3. Mattifying

Untuk mengatasi kulit berminyak dan membuat Foundation bisa awet seharian, gunakan primer berjenis mattifying. Primer jenis ini diformulasikan agar dapat menyamarkan tampilan pori-pori, sekaligus membantu menahan minyak pada wajah. Jika memiliki tipe kulit kombinasi, kamu dapat menggunakan mattifying primer hanya pada bagian wajah yang kerap berminyak seperti T-Zone.

4. Illuminating

Jika Anda menyukai hasil akhir makeup yang tampak dewy dan glowing, Anda dapat memulainya dengan pilihan jenis primer Illuminating. Primer Illumating diformulasikan agar membuat kulit tampak halus sekaligus glowing. Jenis primer ini juga cocok digunakan jika Anda malas menggunakan foundation, namun tetap ingin wajah yang halus bercahaya. Karena hasil akhirnya, primer ini dapat membantu membuat wajah yang kusam agar tampak lebih cerah.

5. Hydrating

Kulit yang kering adalah salah utama hasil foundation tampak tidak merata dan flaky. Oleh karena itu, jika memiliki tipe kulit kering, kamu dapat mencoba jenis primer Hydrating yang memang dikhususkan untuk kulit kering. Kini, semakin banyak juga brand yang mengkombinasikan skin care ke dalam rangkaian produk makeup-nya, termasuk primer. Sehingga lahirlah hydrating primer yang didesain agar dapat membantu melembapkan sekaligus menghaluskan tekstur kulit, Foundation pun dapat lebih mudah diaplikasikan dan terlihat lebih flawless.

6. Eye Primer

Selain untuk seluruh wajah, primer juga tersedia untuk makeup mata. Produk ini cocok untuk kamu yang memiliki daerah kelopak mata mudah berminyak dan menginginkan warna eyeshadow jadi lebih pigmented dan tahan lama.

7. Lip Primer

Lip primer adalah produk kecantikan yang diciptakan untuk digunakan di bawah lipstik, lip liner, dan lip gloss. Primer ini mempunyai fungsi seperti foundation untuk bibir, sama seperti bagaimana foundation diaplikasikan di wajah. Lip primer memiliki ciri-ciri clear dan matte juga tidak terlihat di bibir, tetapi memiliki kegunaan untuk membuat kulit terlihat lebih halus. Selain itu, manfaat lip primer juga berfungsi untuk membuat lipstik menjadi lebih tahan lama di bibir.

8. Eyelash Primer

Primer ini dibuat khusus untuk bulu mata agar membuat mascara lebih tahan lama. Selain itu, primer ini juga dapat membuat bulu mata lebih lentik dan membantu mencegah bulu mata agar tidak mudah rontok.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon