Tuesday, August 7, 2018

INI DIA 5 PERBEDAAN PURGING DAN BREAKOUT

Bedanya Gejala Purging vs Breakout. Ketika tiba-tiba muncul jerawat dan komedo setelah menggunakan produk perawatan, masih banyak orang salah mengartikan antara reaksi kulit purging dan breakout. Lihat juga JANGKA WAKTU PRODUK PERAWATAN KULIT MENUNJUKKAN HASIL

INI DIA 5 PERBEDAAN PURGING DAN BREAKOUT

Purging adalah sebuah reaksi temporer yang timbul akibat dari penggunaan kosmetik atau bahan kimia yang memiliki bahan seperti AHA dan BHA. Biasanya reaksi yang terjadi adalah jerawat yang muncul serta komedo namun reaksinya tak berlangsung lama.

Sedangkan breakout sendiri merupakan efek ketidakcocokan kulit dengan skin care atau dengan kata lain merupakan proses iritasi kulit yang juga disertai dengan komedo dan jerawat.

Berikut perbedaan antara purging dan breakout

1. Cek produk skin care yang saat ini digunakan
Untuk mengetahui perbedaannya pertama kali, perhatikan kandungan senyawa yang terdapat dalam skin care yang digunakan. Biasanya senyawa seperti AHA, retinol maupun BHA yang terdapat dalam skin care akan selalu memberikan efek purging dalam beberapa waktu. Efek purging sendiri merupakan proses pembersihan kulit wajah untuk sementara waktu sehingga sering muncul jerawat dan komedo untuk sementara waktu.

2. Biasanya purging tidak akan memakan waktu lama
Biasanya purging akan memakan waktu yang tak begitu lama, misalnya saja minimal 3 hari dan maksimalnya seminggu. Jika lebih dari itu, tandanya memang proses yang terjadi dalam kulit wajah bukan purging tapi breakout. Apalagi jika jerawat dan komedo yang ada pada wajah makin parah, otomatis harus cepat berkonsultasi ke dokter atau hentikan pemakaian produk.

3. Breakout muncul dimana saja, bukan hanya pada wajah yang diolesi skin care
Breakout sendiri sering muncul bukan hanya pada bagian kulit yang diolesi skin care, tetapi bisa juga dialami di bagian tangan atau kaki dan efeknya dapat semakin parah. Jika hal ini terjadi, itu jelas adalah breakout yang harus cepat diobati sebelum iritasi kulit terus berlanjut.

4. Purging akan mengeluarkan kotoran dalam wajah secara paksa namun tak permanen
Memang benar purging itu sering muncul jerawat atau komedo, namun itu merupakan bagian dari proses pengeluaran kotoran dalam wajah yang hanya bersifat temporer. Jika Anda menggunakan skin care dan muncul jerawat tetapi beberapa hari kemudian wajah mulus kembali bahkan makin cerah, itu tandanya kulit sedang menjalani proses purging dan Anda bisa meneruskan menggunakan skin care tersebut.

5. Proses breakout akan memakan waktu yang lama jika pemakaian skin care tidak segera dihentikan.
Karena tak ada kecocokan dengan skin care, otomatis breakout akan terjadi dalam waktu yang lama yang misalnya lebih dari seminggu dan kondisi jerawat pun malah makin meradang. Saat ini terjadi segera hentikan pemakaian produk.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon