EKSFOLIASI KULIT KEPALA Rambut Sehat Berkilau dengan Mengeksfoliasi Kulit Kepala

Manfaat Rutin Mengeksfoliasi Kulit Kepala. Sel kulit mati bukan hanya terdapat pada bagian wajah dan tubuh saja, kulit kepala juga menghasilkan kulit mati. Jika Anda sering memiliki masalah dengan kulit kepala yang kering atau ketombe, bisa jadi itu karena penumpukan sel kulit mati di kulit kepala. Seperti tubuh, kulit kepala juga membutuhkan eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati. Baca juga MANFAAT BIOTIN UNTUK MERAWAT RAMBUT AGAR TERHINDAR DARI KERONTOKAN

EKSFOLIASI KULIT KEPALA Rambut Sehat Berkilau dengan Mengeksfoliasi Kulit Kepala

Seiring berjalannya waktu orang-orang akan mengalami penumpukan residu dari produk rambut yang digunakan, seperti sampo dan kondisioner, serta akumulasi minyak alami dan sel-sel kulit mati di kulit kepala.

Proses eksfoliasi kulit kepala ini sangat penting untuk membuat kulit kepala terhindar permasalahan kulit kepala yang umum terjadi, seperti terkelupas, kering, dan gatal. Tak hanya itu, kulit kepala yang sehat juga merupakan kunci dari rambut yang sehat dan berkilau.

Bagaimana jika tidak mengatasi penumpukan residu tersebut? Bila mengalami berbagai permasalahan dan meningkatnya sensitivitas di area kulit kepala, hal tersebut bisa menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan dapat menyebabkan kondisi kulit kepala yang kronis seperti psoriasis dan dermatitis seboroik.

Layaknya produk eksfoliasi untuk kulit wajah, produk eksfoliasi kulit kepala terdiri dari dua jenis, yaitu eksfoliasi fisik dan eksfoliasi kimia. Keduanya berfungsi menghilangkan penumpukan sel kulit mati, kelebihan minyak, dan ketombe.

Eksfoliasi kulit kepala biasanya dilakukan pada rambut yang basah dan baru dikeramas. Setelah menyisir dan memisahkan bagian-bagian rambutmu, terapkan produk eksfoliasi dengan ujung jari secara merata di seluruh area kulit kepala. Anda bisa menggunakan sikat atau sarung tangan yang dirancang untuk eksfoliasi kulit kepala. Jika menggunakan produk eksfoliasi fisik, gosoklah dengan gerakan memutar yang lembut dan jangan lupa untuk memijat kulit kepala.

Anda dapat mencoba 5 cara eksfoliasi kulit kepala di bawah ini.

1. Gunakan bahan eksfoliasi kulit kepala alami yang juga ampuh membersihkan

Jika biasanya Anda menggunakan body scrub untuk mengeksfoliasi kulit badan, kulit kepala sebenarnya juga tidak jauh berbeda. Sekarang ini sudah ada beberapa merek perawatan rambut yang mengeluarkan produk scrub kulit kepala. Namun, jika belum memiliki produknya, kamu bisa menggunakan bahan alami yang juga ampuh untuk membersihkan dan mengeksfoliasi kulit kepala.

Cukup gunakan gula pasir dan sampo. Pertama, campurkan dua sendok makan gula pasir dengan Sampo secukupnya. Aduk campuran tersebut hingga berbentuk seperti krim pasta. Takaran ini cukup untuk satu kali proses eksfoliasi saat keramas.

2. Aplikasikan saat rambut basah agar hasilnya lebih maksimal dan bersih

Saat menggunakan body scrub biasanya dilakukan saat tubuh dalam keadaan lembap atau kering. Namun, berbeda dengan eksfoliasi kulit kepala. Perawatan ini justru sebaiknya dilakukan ketika rambut basah.

Jadi, sebelum membaurkan campuran gula dan sampo ke kulit kepala sebaiknya basahi dahulu rambut. Ketika rambut basah, langsung oleskan campuran tersebut diseluruh bagian kulit kepala. Ratakan campurannya agar formulanya bekerja dengan maksimal.

3. Lakukan gerakan pemijatan supaya formulanya lebih meresap

Setelah melumuri seluruh bagian kulit kepala dengan campuran gula dan sampo tadi sebainya lakukan gerakan pemijatan kulit kepala agar formulanya lebih meresap. Selain itu, cara ini juga berguna agar sel kulit mati semakin terangkat dan bersih sempurna.

Namun, sebaiknya lakukan gerakan pemijatan ini perlahan saja, tidak perlu terlalu keras dan kasar, sebab kulit kepala termasuk bagian kulit yang cukup sensitif. Jika melakukan penekanan biasa saja kulit kepala terluka dan akhirnya malah iritasi. Lakukan pemijatan ini paling tidak 15 menit.

Setelah ketiga langkah tadi, lanjutkan eksfoliasi dengan dua cara di bawah ini.

4. Bilas menggunakan air dengan suhu normal supaya kulit kepala tidak kering

Setelah melakukan gerakan pemijatan kulit kepala, pastikan membilasnya agar bersih dan tidak meninggalkan sisa yang justru dapat menimbulkan ketombe. Saat membilas kulit kepala sebaiknya juga menggunakan air dengan suhu normal.

Hindari menggunakan air panas atau hangat saat membilas rambut setelah eksfoliasi kulit kepala. Air dengan suhu tinggi dapat membuat kulit kepala semakin kering, rambut menjadi mudah patah, dan terlihat kusam.

Ketika membilas ramuan eksfoliasi kulit kepala ini, sebaiknya menggunakan kondisioner pada batang rambut. Kondisioner berfungsi untuk memberikan nutrisi tambahan pada rambut sehingga lebih sehat dan mudah diatur. Apa lagi jika rambut tergolong kering, maka kondisioner adalah salah satu produk yang wajib digunakan untuk perawatan harian.

5. Lakukan ekfoliasi seminggu satu kali agar kulit kepala lebih bersih

Anda harus menghindari paparan sinar matahari langsung setelah menjalani proses eksfoliasi kulit kepala. Jika perlu melakukan kegiatan di luar ruangan, pastikan Anda mengenakan topi atau gunakan produk SPF yang diformulasikan untuk kulit kepala dan rambut.

Agar dapat merasakan manfaat dari perawatan ini sebaiknya kamu melakukan eksfoliasi kulit kepala secara rutin. Disarankan untuk mengeksfoliasi kulit kepala sekali atau maksimal dua kali seminggu. Mengapa? Hal ini dikarenakan eksfoliasi akan menghilangkan minyak dari kulit kepala, sehingga eksfoliasi yang sering akan menyebabkan kulit kepala memproduksi minyak berlebih.

0 Response to "EKSFOLIASI KULIT KEPALA Rambut Sehat Berkilau dengan Mengeksfoliasi Kulit Kepala"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel