Friday, January 13, 2017

EKSFOLIASI KIMIA Cara Tepat Melakukan Scrub Wajah

Pemakaian Scrub Kimia untuk Wajah. Melakukan scrub wajah kerap dilakukan untuk menghilangkan kulit mati yang membuat wajah tampak lebih kusam dan tak bercahaya. Scrub biasanya terdapat pada produk kecantikan seperti pelembab, sabun, masker, pembersih wajah, body lotion, dan juga lain sebagainya. Selain itu scrub juga bisa dibuat dari bahan-bahan alami yang ada disekitar kita.


Bagi sebagian orang, alat atau bahan eksfoliasi justru dapat menyebabkan kerusakan kulit dalam jangka panjang, seperti munculnya jerawat, infeksi hingga keriput di wajah.

Namun jika dilakukan dengan benar, eksfoliasi dapat membuat kulit tampak cerah, segar dan terasa kenyal. Jadi, sebelum Anda melakukan eksfoliasi, berikut ini hal yang sebaiknya Anda ketahui.

Eksfoliasi adalah proses untuk menghilangkan sel-sel mati di permukaan kulit. Menurut dermatologis, eksfoliasi fisik mulai dari penggunaan kain flanel, sikat pembersih listrik hingga butiran scrub bisa menyebabkan kerusakan dan meningkatkan sensitivitas kulit, menimbulkan jerawat hingga kemerahan jika digunakan terlalu sering.

Hal ini disebabkan permukaan kulit paling atas berfungsi melindungi diri dari polusi, bakteri dan sinar UV. Sehingga, terlalu sering melakukan eksfoliasi fisik akan menghilangkan lapisan penting tersebut.

Dan menggosok kulit dengan cara mekanis tidak direkomendasikan ahli kecantikan. Namun ada cara lain, yakni eksfoliasi kimia, yaitu dengan menggunakan zat asam sebagai gantinya.

Anda bisa menggunakan produk dengan kandungan glikolat, laktat atau asam salisilat, yang dengan lembut mengangkat sel-sel kulit mati. Anda juga bisa memilih masker dengan kandungan laktat dan asam glikolat.

Jika Anda tidak alergi terhadap zat tersebut, frekuensi melakukan eksfoliasi kimia sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit dan iklim.

Untuk kulit kering, eksfoliasi tidak boleh lebih dari satu atau dua kali dalam seminggu, terutama di musim dingin.

Sementara bagi pemilik kulit berminyak dapat melakukan eksfoliasi kimia hingga empat kali seminggu. Tapi hati-hati menerapkan produk dengan kandungan yang sama berulang kali.

Kadang tanpa Anda sadari, produk pembersih, toner dan masker mengandung bahan serupa, yang juga berfungsi sebagai eksfoliasi. Jika itu terjadi dan Anda menggunakan pada waktu yang sama, bisa menyebabkan iritasi dan rasa sakit pada kulit.

Memilih scrub yang tepat untuk jenis kulit dan melakukan scrub wajah dengan benar akan membuat wajah Anda menjadi lebih cerah dan segar.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon