Thursday, February 2, 2017

PENYEBAB KETIAK MENGHITAM

Ketiak Hitam. Tidak percaya diri mengenakan busana tanpa lengan karena ketiak yang hitam sering dikeluhkan wanita. merupakan masalah yang hampir dialami setiap wanita.


Banyak hal penyebab ketiak menghitam, berikut beberapa hal yang menjadi penyebabnya.

1. Mencukur

Kegiatan shaving atau mencukur, tanpa disadari dapat mengikis bagian kulit terluar ketiak Anda sehingga kulit menjadi kering. Namun bukan berarti Anda tidak boleh melakukan shaving, kuncinya lakukan dalam keadaan kulit lembap sehingga akan meminimalisir terjadinya iritasi pada ketiak yang mampu membuatnya menjadi menghitam.

2. Penggunaan produk dengan kandungan alkohol

Jangan menggunakan produk yang mengandung alkohol setelah bercukur atau waxing. Hal ini mampu membuat kulit teriritasi dan menimbulkan reaksi yang memicu warna pada area ketiak dan menjadikan warnanya menggelap.

3. Acanthosis nigricans

Kondisi ini menyebabkan perubahan warna pada leher, ketiak atau bagian vital Anda menjadi agak gelap. Ini bisa disebabkan oleh produksi insulin atau gangguan glandular. Biasanya ini terjadi pada orang-orang yang kelebihan berat badan. Gunakan produk dengan salicylic acid untuk mengurangi warna gelap pada ketiak Anda.

4. Hiper-pigmentasi

Kondisi ini menyebabkan kulit Anda menghasilkan pigment melanin berlebihan. Jika ini terjadi pada Anda, konsultasikan kepada dokter kulit untuk perawatan lebih lanjut.

5. Busana ketat

Pilihlah busana yang nyaman dan tidak terlalu ketat. Busana ketat mampu menimbulkan gesekan pada area ketiak yang dapat menyebabkan luka dan menjadikan area tersebut tidak mendapatkan cukup udara.

6. Hormon

Meningkatnya hormon estrogen dan progesteron, bisa menyebabkan ketiak terlihat lebih hitam. Hal itu bisa terjadi pada wanita yang sedang hamil, perubahan itu tampak diawal kehamilan hingga akhir masa kehamilan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon