Sunday, April 16, 2017

JERAWATAN? HINDARI BAHAN-BAHAN INI DI KOSMETIK BahanProduk Kosmetik Bikin Jerawatan

Bahan Kosmetik Penyebab Jerawat. Meskipun telah melakukan perawatan wajah secara rutin, namun ada saja jerawat yang muncul. Tentu saja ini sangat mengganggu. Mengapa hal itu bisa terjadi? Bisa jadi, tanpa disadari pori-pori wajah Anda tersumbat oleh kotoran atau bahkan oleh produk makeup yang Anda gunakan.


Sebenarnya bahan ini tidak langsung menyebabkan jerawat. Namun ia dapat menyumbat pori yang memicu munculnya komedo untuk kemudian menjadi jerawat.

Berikut ini bahan-bahan yang ada di dalam produk makeup yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan tumbuhnya jerawat.

1. Alkohol
Alkohol dikenal sebagai salah satu bahan andalan bagi Anda yang berjerawat. Alkohol dapat digunakan untuk membersihkan, mengeringkan, dan antibakteri. Namun, alkohol juga dapat mengganggu keseimbangan alami kulit.

Berlawanan dari teori populer, menggunakan bahan yang dapat mengeringkan, seperti alkohol pada kulit berminyak justru dapat membuat kulit memproduksi lebih banyak minyak. Kelebihan minyak inilah yang nantinya akan menyumbat pori dan menyebabkan munculnya jerawat.

Hindari bahan-bahan seperti etanol, alkohol etil, alkohol didenaturasi, metanol, alkohol isopropil, alkohol SD, dan alkohol benzil. Sebaliknya, gantikan dengan toner yang mengandung witch hazel, teh hijau, air bunga, dan air mentimun.

2. Petroleum
Paraffin wax, minyak mineral, benzene, petrolatum, dan semua kandungan dengan akhiran “eth” merupakan bahan yang menyumbat pori dan bekerja sebagai media untuk memudahkan bahan lain terserap hingga ke lapisan dalam kulit.

Hindari bahan-bahan seperti jelly petroleum, petrolatum, dan minyak mineral. Sebaliknya, gantikan dengan minyak jojoba dan vitamin E.

3. Silikon
Jika menemukan semua bahan yang memiliki akhiran “cone”, sebaiknya Anda waspada. Fungsi silikon dalam produk kecantikan sebenarnya untuk membuat kulit terasa lembut. Tapi sayangnya ini adalah salah satu bahan paling berbahaya dan bisa menyebabkan kulit kering serta pori tersumbat.

Seperti halnya petroleum, silikon juga membentuk penghalang di atas kulit, menjebak kotoran dan bakteri yang menyebabkan munculnya jerawat.

Hindari bahan-bahan seperti dimenthicone, dimenthiconol, dimenthicone copolyol, cyclomethicone, methicone, dan fenil trimethicone. Sebaliknya gantikan dengan minyak alpukat alami, rosehip, dan jojoba.

4. Sulfat
Sulfat adalah bahan yang bisa menghasilkan busa ketika digunakan, membuat Anda merasa memiliki wajah yang sangat bersih. Namun, sama halnya dengan alkohol, sulfat juga bisa membuat wajah memproduksi lebih banyak minyak yang menyebabkan munculnya jerawat.

Hindari bahan-bahan seperti natrium lauril sulfat dan natrium laureth sulfat. Sebaliknya gantikan dengan gliserin glukosida dan glukosida lauryl untuk mencegah timbulnya jerawat.

5. Paraben dan Phtalates
Kandungan ini sangat umum digunakan sebagai bahan produk perawatan kecantikan. Fungsinya adalah sebagai pengawet dan mengencerkan bahan padat lainnya. Tapi dua kandungan ini ternyata sangat beracun dan bisa menyebabkan hormon kacau.

6.Pewarna Buatan
Jika Anda menemukan bahan FD & C dalam daftar bahan, berarti produk tersebut mengandung pewarna buatan. Hal ini dapat menyebabkan iritasi kulit, banyak terdapat dalam lipstik dan blush on. Jika kulit Anda sensitif, jerawat bisa muncul di sekitar bibir dan pipi.

Kalau kulit Anda sensitif, sebaiknya harus benar-benar jeli dalam memilih makeup dan lotion, karena kedua produk tersebut akan menetap di wajah selama beberapa saat, tidak seperti cleanser yang hanya digunakan sebentar.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon