Friday, July 28, 2017

TANDA-TANDA MAKEUP KEDALUWARSA Tips Memakai Kosmetik Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Mencegah Kosmetik Kedaluwarsa. Penggunaan makeup tentu akan berdampak langsung pada kesehatan kulit. Lalai terhadap tanggal kedaluwarsa merupakan hal yang paling sering terjadi. Tidak sedikit wanita yang suka menyimpan makeup mereka dalam waktu lama dan terkadang masih memakainya. Lihat juga KOMPOSISI BAHAN PERAWATAN KULIT TIDAK BOLEH DIPAKAI BERSAMAAN

TANDA-TANDA MAKEUP KEDALUWARSA Tips Memakai Kosmetik Agar Tidak Cepat Rusak

Penggunaan produk kedaluwarsa mampu berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Berbagai masalah kulit seperti alergi,radang dan jerawat akan kita alami jika menggunakan kosmetik yang telah kedaluwarsa.

Ini tanda-tanda yang perlu diperhatikan pada makeup yang akan atau telah kedaluwarsa.

1.Foundation dan Concealer

Usia pemakaian: foundation dan concealer memiliki usia setahun. Namun, terdapat perbedaan bagi jenis makeup tersebut. Foundation dan concealer yang berbahan dasar air akan bertahan hingga 12 bulan, sedangkan yang berbahan dasar minyak bertahan lebih lama hingga 18 bulan karena minyak adalah bahan pengawet alami.

Tanda kedaluwarsa: Anda perlu hati-hati bila minyak naik ke atas dan terlalu kental. Ini bisa membuat hasil polesannya tidak rata dan kurang sesuai seperti saat pertama kali dibeli.

Cara mencegah: Hindari menyimpan foundation atau concealer di tempat yang terekspos sinar secara langsung. Anda bisa mengocok produk berbahan dasar minyak secara rutin agar minyak, air, dan partikel makeup bisa tercampur rata. Tahan diri untuk menyentuh foundation dan concealer dengan jari secara langsung.

2. Blusher, Bronzer, Bedak

Usia pemakaian: banyak yang merekomendasikan untuk tidak memakai blusher, bronzer, maupun face powder yang sudah berusia lebih dari 18 bulan. Namun, jika dipakai dengan baik memakai kuas yang bersih, produk ini bisa dipakai hingga 2 tahun karena tidak adanya kandungan air yang bisa membuat bakteri mudah tumbuh.

Tanda kedaluwarsa: Biasanya pinggiran yang mengeras atau warna yang mulai terlihat kusam menunjukkan bahwa produk Anda sebaiknya tidak dipakai lagi.

Cara mencegah: Pastikan produk tertutup rapat untuk mencegah oksidasi. Hindari pemakaian concealer atau krim yang berminyak sebelum mengaplikasikan produk-produk ini. Gunakan pula kuas yang benar-benar bersih agar minyak wajah tidak terlalu menempel di kuas.

3. Maskara

Usia pemakaian: Kalau Anda memakainya tiap hari, usia maskara bertahan hingga 3 bulan, sedangkan bagi yang memakai hanya di saat-saat tertentu, produk mata ini bisa berusia hingga 6 bulan. Bakteri tidak hanya ada di maskara yang telah dibuka, tetapi juga di bulu mata. Hasil penelitian dari dua universitas di Brasil menunjukkan bahwa 79 persen maskara para wanita di sana terkontaminasi bakteri staph yang bisa menyebabkan infeksi pada kulit.

Tanda kedaluwarsa: Tercium bau yang berbeda dari biasanya, namun lebih baik segera buang ketika maskara telah berusia tepat tiga atau enam bulan.

Cara mencegah: Hindari kebiasaan mengocok sikat maskara berulang-ulang. Lebih baik keluarkan dengan cara memutar untuk mengambil tinta maskara. Jika maskara kering lebih cepat, gunakan baby oil untuk mencairkannya.

4. Eyeliner

Usia pemakaian: Eyeliner cair atau gel biasanya bertahan selama tiga hingga enam bulan, sedangkan yang berbentuk pensil bertahan hingga tiga tahun.

Tanda kedaluwarsa: Jika ada lapisan berwarna putih di atas eyeliner dan tidak bisa dihilangkan, lebih baik ganti dengan produk yang baru.

Cara mencegah: Rajin bersihkan ujung eyeliner cair atau brush untuk eyeliner gel supaya bakteri tidak mudah menempel. Jika Anda lebih suka eyeliner pensil, bersihkan rautan atau silet yang digunakan untuk menajamkan ujung eyeliner dengan alkohol.

5. Lipstik dan Lipgloss

Usia pemakaian: Lipstik bisa bertahan setahun hingga dua tahun. Namun, bahan pengawet seperti paraben, minyak esensial, atau vitamin akan rusak secara alami setelah setahun.

Tanda kedaluwarsa: Lipstik yang terlihat terlalu lembap atau berbau aneh sebaiknya segera dibuang. Tekstur dan warna yang lebih pucat juga menandakan lipstik itu tidak aman dipakai.

Cara mencegah: Simpan lipstik warna cerah di kulkas. Jauhkan dari suhu panas yang bisa mempercepat pemecahan formula lipstik. Lalu, hilangkan kebiasaan memoles lipstik langsung setelah makan. Itu bisa memperbanyak bakteri di lipstik. Bersihkan terlebih dahulu sisa lipstik dan makanan dari bibir menggunakan tisu, baru poles kembali lipstik baru.

6. Kuas Makeup

Usia pemakaian: Apakah kuas makeup bisa kedaluwarsa? Sebenarnya, kuas makeup tidak akan kedaluwarsa apabila Anda merawat sikatnya dengan baik.

Tanda kedaluwarsa: Waktu yang tepat untuk mengganti kuas makeup Anda adalah ketika bulu sikatnya mulai rontok.

Cara mencegah:
Kuas makeup perlu dicuci minimal dua minggu sekali, paling tidak dengan air hangat, sabun lembut, dan setetes minyak zaitun. Anda juga perlu rajin membersihkan kuas mata untuk mencegah infeksi pada mata.

Menggunakan makeup bagi wanita adalah untuk menunjang penampilan agar terlihat cantik. Namun, perlu diperhatikan untuk tetap menjaga kesehatan kulit, agar kosmetik yang diaplikasikan di wajah terlihat lebih sempurna.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon