Thursday, August 31, 2017

Atasi Vertigo Mendadak dengan Obat Tradisional

Vertigo adalah keadaan di mana seseorang akan merasa dirinya atau ruangan disekitar seolah berputar. Penyebab keadaan ini karena virus, penurunan aliran darah ke otak, trauma kepala, iskemi sementara karena obat-obatan alkohol, migrain, dan beberapa kasus epilepsi. Seperti sakit kepala pada umumnya, vertigo bukanlah penyakit melainkan gejala suatu penyakit yang penyebabnya bervariasi. Vertigo sendiri berasal dari bahasa Yunani Vetere yang berarti berputar.

Atasi Vertigo Mendadak dengan Obat Tradisional

Penyebab Vertigo


Penyebab dari vertigo antara lain karena penggunaan obat-obatan kimia yang berlebihan, terdapat gangguan pada telinga bagian dalam, terjadi infeksi atau peradangan oleh virus maupun bakteri di dalam tubuh, penggunaan antibiotik secara terus menerus, adanya pengaruh lingkungan seperti mabuk udara maupun mabuk darat, dan biasanya Anda memiliki riwayat penyakit transient ischemic attack yang menyebabkan fungsi dan kerja otak terganggu.

Gejala Vertigo

Gejala yang paling jelas adalah ketika Anda merasa seperti berputar-putar atau lingkungan sekitar yang berputar, adanya rasa mual dan ingin muntah secara terus menerus, telinga berdenging secara tiba-tiba dan disertai keringat dingin pada kulit, karena merasa berputar-putar menyebabkan Anda kesulitan dalam beraktivitas, dan memiliki masalah dalam memfokuskan pandangan serta mengalami kesulitan dalam berbicara.

Tanaman untuk Obat Tradisional Vertigo


Bunga Melati

Bunga melati yang sangat terkenal di Indonesia selain bunga mawar, selain digunakan membuat teh herbal bunga melati serta daunnya mempunyai kemampuan untuk mengatasi vertigo mendadak. Minyak atsiri dalam bunga melati akan berperan sebagai anti-depressan yang bisa meredakan rasa mual serta memperlancar peredaran darah. 

Cara penggunaannya hanya dengan segenggam daun melati dan 10 kuntum bunga melati. Setelah itu diremas-remas semua bahan tersebut dan taburkan di air. Kemudian air rendaman tersebut dapat doleskan di kening dan pelipis.

Sambiloto

Tanaman ini tergolong liar dan memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Sambiloto sering digunakan dalam pembuatan jamu tradisional. Daun sambiloto mengandung flavonoid yang berperan sebagai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas serta mematikan virus dan kontaminan asing dalam tubuh. Karena vertigo disebabkan oleh virus maka sambiloto bisa dijadikan obat untuk mengatasi vertigo.

Cara penggunaanya cukup Anda siapkan 3-5 helai daun sambiloto, kemudian direbus dengan air hingga mendidih. Ketika sudah mendidih, saring airnya dan dinginkan. Setelah dingin bisa langsung diminum, untuk hasil maksimal minumlah 3 kali dalam sehari.

Cocor Bebek

Tanaman ini sering digunakan sebagai tanaman hias dan memiliki daun seperti cocor bebek dengan tepian seolah bergerigi. Cocor bebek bisa digunakan untuk mengobati vertigo, dengan kandungan flavonoid yang sangat tinggi, yang mana flavonoid akan mematikan virus dalam tubuh dan akan mengurangi gejala vertigo.

Cara penggunaanya dengan Anda mengambil 10 lembar daun cocor bebek kemudian tumbuk hingga halus. Untuk bisa dioleskan tambahkan sedikit garam. Oleskan campuran cocor bebek dan garam pada kening dan pelipis, gunakan 1-2 kali dalam sehari.

Pegagan

Tanaman yang sering dianggap tanaman liar ini ternyata memiliki manfaat untuk mengatasi vertigo. Pegagan mempunyai efek anti-infeksi, anti-toxic, dan anti-bakteri yang sangat ampuh mengatasi bakteri yang bisa menginfeksi telinga dalam. Hal tersebut tentu bisa mengurangi gejala-gejala vertigo.

Cara penggunaannya hanya dengan menyiapkan segenggam daun pegagan, kemudian masukan dalam panci dan rebuslah dengan 3 gelas air sampai mendidih sehingga tersisa sekitar 1 gelas. Minumlah segera air rebusan dan Anda bisa menambahkan 1 sendok teh madu dalam ramuan tersebut. Konsumsilah secara rutin untuk hasil maksimal.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung minyak atsiri yang bisa mengurangi mual dan muntah, sehingga gejala vertigo pun akan hilang. Selain itu kandungan glikosida akan memperlancar peredaran darah dan mengurangi gejala vertigo. Untuk penggunaan cukup dengan memeras jeruk nipis, kemudian air perasan dicampur dengan air panas. Campurkan sedikit garam dan aduklah hingga merata kemudian minumlah. Untuk hasil maksimal konsumsilah sebanyak 2 kali sehari.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon