Thursday, August 31, 2017

Manfaat Makanan Pedas Untuk Kesehatan

Manfaat Makanan Pedas untuk Kesehatan. Bagi pecinta makanan pedas, hidup terasa hampa saat menyantap kuliner tanpa kehadiran si cabai merah sebagai teman makan sampai keringat mengalir deras di dahi. Kabar baiknya ternyata makanan pedas bukan hanya enak saja untuk disantap, tetapi banyak manfaatnya bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat baik kuliner pedas bagi kesehatan yang wajib Anda ketahui. Baca juga artikel menarik tentang Cara Mengatasi Vertigo Mendadak dengan Obat Tradisional.

Manfaat Makanan Pedas Untuk Kesehatan

Manfaat Kuliner Pedas Bagi Kesehatan


Menambah Daya Tahan Tubuh

Cabai merah, cabai rawit, cabai keriting hingga cabai jalapeno kaya akan capsaicin. Capsaicin sendiri merupakan senyawa komponen bioaktif yang sangat bermanfaat bagi ketahanan tubuh terhadap adanya infeksi. Informasi yang dilansir dari Huffington Post, saat capsaicin digunakan sebagai pengobatan local dapat membantu meringankan ras sakit.

Menurunkan Berat Badan

Penelitian menunjukkan bahwa sensani panas capsaicin mendorong stimulasi lemak cokelat yang bisa mendorong kinerja metabolisme tubuh meningkat hingga lima persen. Hal ini berarti ketika Anda mengkonsumsi makanan pedas sama dengan membakar kalori dalam tubuh. Penelitian lain juga menunjukkan capsaicin mempunyai efek termogenik yang dapat membuat tubuh ekstra kalori selama 20 menit setelah makan.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ vital dalam tubuh yang penting untuk selalu dijaga kesehatannya. Makanan pedas mengurangi risiko terkena serangan jantung atau stroke. Sebab capsaicin dalam cabai efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau dikenal denga istilah LDL dan meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL.

Vitamin A dan C yang terdapat pada cabai memperkuat dinding otot jantung dan sensasi hangat dari capsaicin membant meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Bukan hanya itu saja capsaicin juga membantu mencegah pembekuan darah, membantu mengatasi masalah pengerasan arteri, ritme jantung abnormal dan sebagainya.

Mencegah Risiko Terserang Kanker dan Tumor

Kanker dan tumor merupakan penyakit berbahaya yang sudah banyak memakan korban jiwa. Penyakit ini tentunya sangat ditakuti oleh semua orang. Sebab banyak nyawa yang melayang akibat teserang penyakit ganas tersebut dan tidak bisa tertolong lagi oleh tenaga medis.

Manfaat capsaicin salah satunya adalah mengaktifkan reseptor sel yang terdapat pada  lapisan dalam usus untuk mencapai reaksi dan mematikan reseptor over-aktif yang bermanfaat menurunkan pertumbuhan tumor. Menurut penelitian juga menyatakan bahwa senyawa capsaicin mampu membunuh 80 % kanker prostat tanpa membahayakan sel normal di sekitarnya.

Capsaicin juga telah dikaitkan efektif terhadap pengobatan kanker payudara, pankreas dan kandung kemih. Cabai juga mempunyai sifat anti peradangan dan sangat ampuh melindingi borok atau ulkus dalam perut.

Meringankan Sinusitas

Pasti Anda menyadari saat menkonsumsi makanan pedas hidung akan merah dan berair. Capsaicin mirip seperti senyawa dalam ramuan obat dekongesten. Semakin pedas makanan yang Anda santap semakin berair juga hidung Anda. Jika Anda sedang pilek dan hidung tersumbat, mengkonsumsi makanan pedas bisa menjadi solusi efektif.

Mencegah Parkinson

Sebuah penelitian baru yang dipublikasikan dalam Jurnal Annals of Neurology menyatakan bahwa konsumsi lada dua kali seminggu dapat mengurangi risiko pengembangan penyakit Parkinson. Kandungan nikotin dalam lada yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan pada saraf.

Melancarkan Pernapasan

Makanan pedas bertindak seperti espektoran. Gemar menyantap kuliner pedas dapat membantu mengobati penyakit asma, bronchitis kronik, sinusitis dan penyakit pernapasan lainnya.

Pereda Demam Tinggi

Bukan hanya buahnya saja, daun cabe juga dimanfaatkan oleh masyarakat pedesaan sebagai penurun demam. Mula-mula ambil segenggam daun cabai rawit lalu bubuk sampai halus dan tambahkan satu sendok minyak selada kemudian campurkan kedua bahan sampai rata.

Tempelkan ramuan tersebut pada ubun-ubun atau seluruh tubuh, selimuti badan penderita dengan selimut yang tebal. Tidak lama kemudian badan akan mengeluarkan keringat dan demam mulai turun.

Ternyata makan Makanan Pedas ada faedahnya ya untuk kesehatan. Tentu saja hal ini bukan justifikasi Anda bisa berlebihan mengkonsumsinya. Tetap ada batasannya dan jaga terus kesehatan lambung Anda. Sesuaikan porsinya dan jalani hidup sehat secara seimbang dengan pola makan yang teratur dan olahraga secara rutin dijalankan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon