Tuesday, September 12, 2017

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sejak dahulu tanaman lidah buaya sudah sangat terkenal akan khasiatnya. Tanaman berkulit hijau dan berujung runcing dengan pinggirnya yang tajam ini sering dijadikan sebagai bahan obat maupun untuk dibuat makanan. Ternyata lidah buaya juga sangat cocok untuk berbagai keperluan perawatan kulit dan rambut. Selain itu, lidah buaya juga cocok dijadikan sebagai tanaman hias.

Tanaman herbal ini mengandung banyak senyawa biologis aktif, contohnya polymannans, mannans asetat, senyawa antrajuinon, antrakuinon dan berbagai lektin dan zat saponin.  Selain itu masih ada sekitar 200 senyawa dan sekitar 75 jenis zat bermanfaat lainnya yang terkandung di dalam lidah buaya.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Beberapa Contoh Manfaat Lidah Buaya


Menghilangkan Jerawat

Salah satu khasiat lidah buaya yang paling terkenal adalah menghilangkan jerawat. Hal ini dikarenakan adanya senyawa antrakuinon yang berfungsi untuk membunuh bakteri. Cara mennyembuhkan jerawat dengan lidah buaya juga sangat mudah. Belah dua lidah buaya kemudian oleskan lendir lidah buaya pada bagian yang berjerawat. Tunggu kurang lebih 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Lakukan sehari sekali sampai jerawat mengempis.

Kesehatan Bulu Mata dan Alis

Bulu mata dan alis adalah bagian wajah yang jarang sekali mendapat perhatian. Padahal bulu mata yang lentik dan sehat bisa menunjang penampilan, begitu pula dengan alis. Seringnya memakai kosmetik dapat mempengaruhi kondisi bulu dan alis mata Anda. Untuk menyehatkannya kembali, gunakan cara berikut ini.

Cuci bulu mata Anda kemudian olesi dengan gel lidah buaya secara perlahan dan merata. Tunggu selama setengah jam kemudian cuci kembali dengan air hingga bersih. Lakukan setiap hari sebelum mandi.

Sedangkan untuk merawat dan menebalkan alis mata Anda cukup oleskan gel lidah buaya ke alis sebelum tidur. Kemudian Anda dapat membersihkan dengan cara mencucinya keesokan harinya.
Perawatan Rambut

Lidah buaya juga sudah lama digunakan dalam perawatan rambut. Contohnya untuk mengurangi ketombe, menyuburkan rambut, mempercepat pertumbuhan rambut dan menghaluskan rambut.

Ambil lidah buaya secukupnya. Belah melintang kemudian gosokkan pada kulit kepala. Usahakan Anda melakukan ini setelah keramas, agar kulit kepala Anda juga dalam keadaan bersih. Tutup dengan shower cap atau handuk biasa. Jika Anda tahan, bisa Anda biarkan semalaman, atau kalau tidak, cukup tunggu satu jam, kemudian bilas seperti biasa.

Melembabkan

Daripada menggunakan pelembab pabrikan yang belum tentu cocok untuk kulit Anda, gunakan saja lidah buaya yang pasti alami dan anti iritasi. Caranya cukup oleskan gel lidah buaya pada wajah atau tubuh yang sudah dibersihkan. Biarkan semalaman dan bilas keesokan harinya. Lakukan hal ini rutin setiap hari dan Anda akan merasakan hasilnya.

Mengatasi Diabetes

Mengkonsumsi lidah buaya dapat menurunkan tingkat gula darah, hal ini tentunya merupakan kabar gembira bagi para penderita diabetes. Siapkan lidah buaya, cuci hingga bersih dan kemudian hilangkan bagian durinya. Rebus dengan tiga gelas air hingga menyisakan air sebanyak setengah dari volume awal. Saring dan dinginkan. Minum ramuan ini setengah gelas sebanyak tiga kali tiap hari.

Mengobati Luka

Lidah buaya juga sangat efektif mengatasi beberapa luka ringan. Bagi Anda yang mengalami luka bakar ringan, cukup oleskan gel lidah buaya pada bagian yang terbakar. Hal yang sama dapat Anda gunakan juga pada kulit yang terbakar matahari untuk mengurangi efek panas dan perih serta menghindarkan dari melepuh.

Lidah buaya juga efektif meredakan perih karena lecet, mengurangi warna biru karena karena memar serta mengurangi kerusakan sel akibat frostbite.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon