Saturday, October 7, 2017

13 Cara Alami Menghilangkan Komedo

Memiliki wajah yang bersih dan sehat merupakan dambaan semua orang. Kulit wajah yang cerah dan bersih tentunya akan manambah rasa percaya diri dalam setiap momen. Namun faktanya wajah merupakan area kulit pertama yang sukit untuk dijaga dan rawan terkena berbagai masalah kulit. Salah satunya adalah wajah kusam, berminyak, berjerawat kering dan banyaknya komedo yang tumbuh di sekitar wajah Anda.

13 Cara Alami Menghilangkan Komedo


Komedo-komedo ini umumnya tumbuh di sekitar hidung dan sangat mengganggu kecantikan wajah. Biasanya masalah kulit yang berkomedo mulai terjadi ketika seseorang mulai menginjak usia remaja. Sebab pada tahap memasuki usia remaja ini akan terjadi peningkatan konsumsi hormone yang membuat kulit rawan terserang berbagai masalah. Berikut 13 cara ampuh yang wajib Anda ketahui untuk mengatasi masalah komedo di wajah.

13 Cara Alami Menghilangkan  Komedo


Rajin Mencuci Wajah dengan Air

Selain karena faktor peningkatan hormone, komedo dapat tumbuh arena berbagai faktor lainnya seperti kesalahan penggunaan make up atau karena banyaknya debu yang melekat di wajah. Terutama bagi Anda yang banyak melakukan aktivitas di siang hari di tempat terbuka dan rawan terkena debu.
Debu yang menempel di kulit wajah dan tidak segera dibersihkan dapat menjadi pemicu utama terhadap munculnya komedo. Oleh sebab itu untuk menghindari masalah komedo pada kulit wajah hal utama yang dapat Anda lakukan adalah dengan rajin-rajin membersihkan wajah Anda dari tempelan debu.

Gunakan Pembersih

Selain dapat dilakukan dengan membasuh muka menggunakan air, dapat juga dilakukan dengan mencucinya menggunakan pembersih. Pembersih yang dianjurkan dalam membersihkan wajah Anda adalah pembersih yang mengandung Salisylic Acid. Sebab kandungan Salisylic Acid tersebut ampuh dalam membasmi 99 % kuman penyebab jerawat dan komedo.

Perpaduan Madu dan Kayu Manis

Madu memang terkenal dapat membantu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Tidak heran jika harga madu murni relatif mahal karena sesuai dengan khasiatnya. Madu merupakan antibiotik yang efektif membunuh bakteri pada kulit serta berfungsi melembabkannya. Sementara kayu manis memicu produksi kolagen, protein yang mempunyai peran penting dalam meregenerasi kulit.

Putih Telur

Putih telur sering digunakan sebagai masker wajah. Putih telur ini mengandung banyak nutrisi yang dapat membantu menghilangkan komedo pada wajah. Untuk hasil maksimal, kocok terlebih dahulu putih telur yang sudah terpisah dari kuningnya kemudian oleskan pada wajah dan biarkan selama 10-15 menit. Biarkan sampai mengering kemudian bersihkan menggunakan air hangat dan handuk yang bersih.

Baking Soda

Tidak hanya efektif untuk menghilangkan jerawat saja, baking soda juga sangat ampuh untuk menghilangkan komedo yang bersarang di wajah. Baking soda ini befungsi sebagai eksfolian atau pengikis kulit mati yang menyebabkan kulit tersumbat sehingga  menimbulkan komedo dan jerawat.

Lidah Buaya

Batang hijau ini memang terpercaya mempunyai banyak manfaat dalam kesehatan terutama yang paling fenomenal adalah dalam menjaga kesehatan rambut kepala. Banyak sekali produk-produk sampo dan perawatan rambut kepala yang memanfaatkan lidah buaya sebagai bahan baku utama pembuatan produk.

Selain bermanfaat terhadap kesehatan rambut kepala, lidah buaya juga bisa digunakan sebagai masker wajah. Masker wajah dengan lidah buaya bermanfaat dalam menghilangkan jerawat dan komedo di wajah. Cara ini cenderung murah dan ampuh dalam mengatasi masalah kulit wajah Anda.

Lemon

Jeruk lemon selain memiliki rasa eyang enak saat dihidangkan dengan segelas es teh juga mengandung banyak manfaat yang baik untuk kesehatan kulit wajah. Kandungan asam alpha hidroxi pada buah lemon efektif dalam menghilangkan komedo. Kandungan asam sitratnya juga bermanfaat dalam mengencangkan pori-pori wajah dan membersihkannya dari sel kulit mati.

Minyak Pohon Teh

Seduhan teh manis di pagi hari merupakan kebiasaan baik yang dilakukan oleh banyak orang terutama para pecinta teh. Tahukah Anda batang pohon teh juga mempunyai manfaat yang tidak kalah ampuh dari seduhan secangkir teh hangat. Pohon teh mengandung minyak yang berfungsi sebagai antiseptik untuk membunuh bakteri penyebab komedo dan mengurangi peradangan pada kulit.

Pasta Gigi

Pasta gigi dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi masalah komedo di wajah. Ketika pasta gigi dioleskan ke wajah yang berkomedo akan menghasilkan sensasi mints panas seakan kulit terasa terbakar. Akan tetapi hal tersebut sebenarnya bukan sebuah masalah. Justru mengurangi produksi komedo di wajah Anda tentunya menambah rasa percaya diri.

Teh Hijau

Teh hijau banyak dimanfaatkan sebagai solusi diet alami bagi kalangan yang bermasalah dengan berat badannya. Selain baik dalam membakar lemak dalam tubuh, teh hijau juga dapat digunaka sebagai solusi mengatasi wajah berminyak dan komedo. Teh hijau mampu menyerap kelebihan minyak dan mengatasi komedo yang disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori.

Teh hijau mengandung senyawa antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Bahkan berdasarkan penelitian yang dilakukan teh hijau dapat menghambat penyerapan androgen pada kulit dan mengurangi produksi minyak berlebih.

Kulit Jeruk

Kulit jeruk kaya akan vitamin C dan asam alpha hidroksi yang mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat akibat melekatnya butiran debu halus pada wajah. Sekaligus mengangkat kotoran dan menghilangkan komedo pada wajah. Dengan tampilan kulit wajah yang bersih dan segar tentunya menambah rasa percaya diri Anda.

Gula

Gula dikenal sebagai antiseptik alami yang dapat digunakan dalam membunuh bakteri pada kulit. Namun gula yang dimaksud  di sini adalah gula murni yang belum tercampur dengan bahan lainnya. Selain gula murni dapat juga dengan menggunakan cuka apel.

Cuka apel bersifat antiseptik dan mampu membunuh bakteri jahat yang menimbulkan munculnya komedo di wajah. Memanfaatkan cuka apel dapat menghilangkan komedo sekaligus membersihkan pori-pori dari minyak berlebih.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon