Sunday, October 8, 2017

13 Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Bibir Anda

Mempunyai bibir yang indah dan sehat merupakan impian bagi setiap orang terutama bagi kaum hawa yang erat dengan dunia kecantikan. Keadaan bibir yang sehat akan menambah rasa percaya diri dalam setiap penampilan Anda. Namun banyak kalangan yang bermasalah terkait keadaan bibirnya. Bibir yang tidak sehat bisa disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya faktor makanan, cuaca, maupun kesehatan tubuh.

13 Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Bibir Anda


Sebagian orang menjadikan tampilan bibir menjadi prioritas dalam setiap performanya  dan rela melakukan apa saja demi mendapatkan keadaan bibir yang sesuai dengan keinginan mula mulai dengan cara perawatan dalam harga mahal, penggunaan produk-produk kecantikan untuk bibir dan lain sebagainya. Berikut 7 cara alami yang wajib Anda ketahui untuk menjaga kesehatan bibir Anda.

7 Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Bibir Anda


Menyikat Bibir Secara Perlahan

Bibir akan terlihat cantik dan menarik ketika memiliki warna yang merah merona serta  terjaga tekstur kelembabannya. Masalah utama yang sering terjadi dialami oleh berbagai kalangan terkait kesehatan bibir adalah keadaan bibir yang kering, pucat dan pecah-pecah. Tentu saja ini akan menurunkan rasa percaya diri Anda.

Hal pertama yang harus dilakukan dalam menjaga kesehatan bibir adalah dengan menyikatnya secara perlahan. Menyikat bibir Anda secara perlahan sama artinya dengan mengangkat sela kulit mati pada bibir yang membuat bibir berwarna kehitaman dan pucat. warna bibir yang hitam dan bukan keturunan merupakan pertanda bahwa bibir sudah tidak sehat lagi dan memerlukan penanganan.

Dengan menyikatnya secara perlahan sel kulit mati yang menempel pada bibir Anda akan terangkat dan membuat bibir lebih merona dari keadaan sebelumnya. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C. Sebab makanan yang kaya akan vitamin C sangat ampuh dalam menjaga kesehatan bibir.

Gunakan Tomat

Seperti yang Anda ketahui buah tomat kaya akan kandungan vitamin C. Buah ini sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan bibir. Cara mengkonsumsi buah ini bisa dilakukan dengan variasi cara. Bisa memakannya secara langsung, menyajikannya dalam bentuk jus, atau dalam hidangan masakan yang dimasak setengah matang. Konsumsi tomat juga dapat menambah kelembutan bibir Anda.

Cukupi Kebutuhan Buah dan Sayur

Buah dan sayur merupakan sumber utama dalam memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan bibir saja, namun konsumsi buah dan sayur dalam takaran yang cukup juga sangat berperan dalam menambah daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Buah dan sayur juga sangat ampuh untuk menurunkan kelebihan kolesterol dalam tubuh. 

Tetapi  di antara berbagai buah dan sayur ada beberapa yang tidak baik dikonsumsi bagi penderita asam urat. Untuk itu bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan bibir dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur, pastikan dulu bahwa penyakit asam urat tidak bersarang di tubuh Anda. Sebab kesalahan konsumsi buah dan sayur bagi penderita penyakit asam urat dapat menimbulkan akibat yang fatal.

Jangan Menjilat Bibir

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan adalah membasahi bibir dengan cara menjilatnya. Padahal kebiasaan tersebut sangat tidak baik bagi kesehatan bibir Anda. Sebab menjilat bibir dapat menyebabkan bibir tampak hitam dan gelap. Sehingga bibir terlihat pucat dan kurang menarik. 

Gunakan Pelembab Bibir

Salah satu ciri bibir yang sehat adalah keadaan bibir yang lembab dan lembut. Upaya dalam melembabkan bibir dapat dilakukan dengan berbagai cara. Namun cara efektif yang banyak diminati adalah dengan menggunakan pelembab bibir. Bibir yang lembab akan terlihat lebih segar dan menarik.

Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang kaya akan berbagai manfaat. Hal paling popular dalam pemanfaatan lidah buaya adalah dalam menjaga kesehatan rambut. Tahukan Anda selain bermanfaat untuk kesehatan mahkota kepala, tanaman hijau ini juga baik untuk menyehatkan bibir Anda.

Menggunakan Madu

Madu asli yang khas dengan rasa manis ini memang terpercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Sehingga tidak heran jika harga madu asli cenderung mahal, hal ini sesuai dengan sejuta manfaat yang dihadirkannya. Madu juga ampuh dalam mengatasi masalah yang terjadi pada bibir. 

Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung banyak vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan bibir dan kulit. Cara menggunakannya bisa dengan cara menjadikannya sebagai masker atau mengkonsumsinya dalam hidangan minuman dan sebagainya.

Buah Mentimun

Bukan hanya jeruk nipis saja, buah mentimun juga dipercaya dapat menyehatkan kulit wajah tidak terkecuali kulit bibir. Apalagi mentimun yang mempunyai sensasi kesegaran, selain menyehatkan juga membuat bibir dan kulit terasa segar dan nyaman.

Jangan Terlalu Sering Menggunakan Lipstik

Sebagian besar wanita lebih suka memakai lipstick daripada lip ice  dan sejenisnya. Padahal lipstick mengandung bahan kimia yang tidak baik bagi kesehatan bibir Anda. Jika sudah terlanjur kecanduan untuk menggunakan lipstick, usahakan gunakan jenis lipstick yang sesuai dengan jenis bibir Anda. 

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Air mineral sangat baik untuk dikonsumsi minimal delapan gelas dalam sehari. Selain menyehatkan badan dan membuatnya terhindar dari bahaya dehidrasi, konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup juga sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan bibir.

Kurangi Konsumsi Kopi

Rasa kopi yang nikmat cenderung membuat para penikmatnya menjadi kecanduan dan selalu ingin meminumnya dalam setiap momen terutama pada malam hari dan pagi hari yang cuacanya terasa dingin. Padahal terlalu banya konsumsi kopi dapat membuat bibir hitam dan gelap.

Gunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun dipercaya ampuh dalam mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Oleskan minyak zaitun secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam kelembaban bibir Anda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon