Thursday, October 12, 2017

Dampak Buruk Radiasi Smartphone Bagi kesehatan

Smartphone cerdas yaitu telepon genggam yang mempunyai kemampuan, penggunaan, dan fungsi yang menyerupai komputer. Sebuah telepon yang mempunyai fitur canggih, disegala tempat dan waktu. Kita dapat melihat banyak orang menggunakan smartphone, ini merupakan sebuah kemauan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya, seolah-olah dunia berada digenggaman tangan. 

Dampak Buruk Radiasi Smartphone Bagi kesehatan


Kita dapat berkomunikasi jarak jauh, saling berkirim pesan, main game, transaksi, hingga belanja online. ke mana pun kita melangkah pengguna smartphone selalu menatap layar ponsel, seperti ada dunia yang lebih menarik dibandingkan dunia nyata. Namun perlu anda ketahui ponsel menggunakan gelombang elektromagnetik dalam mengirim dan menerima pesan. Gelombang ini menyebabkan pemanasan pada jaringan tubuh. 

Jaringan pada tubuh kita dipanaskan oleh rotasi dari molekul polar yang disebabkan oleh medan elektromagnetik. Pada saat seseorang sedang menggunakan smartphone untuk telepon, efek pemanasan ini akan terjadi pada permukaan kepala dan mengakibatkan kenaikan suhu. Otak memiliki kemampuan untuk membuang kelebihan panas melalui sirkulasi darah. Namun, kornea mata tidak memiliki pengaturan suhu dan ditemukan sebuah kenyataan bahwa radiasi ponsel dapat menyebabkan katarak. 

Pengamatan lebih jauh mengenai dampak radiasi elektromagnetik ponsel terhadap tubuh manusia, ternyata memiliki kemiripan dengan dampak radiasi elektromagnetik yang ditimbulkan oleh radar. Dampak tersebut adalah kemampuan radar mengagitasi molekul pada air yang ada dalam tubuh manusia. Sel-sel yang terdapat dalam tubuh manusia sebagian mengandung air. Agitasi besar oleh elektromagnetik, kalau intensitas radio elektromagnetik nya cukup kuat. Maka Molekul-molekul air terinosasi, dampak yang ditimbulkan mirip dengan akibat yang ditimbulkan oleh radiasi nuklir. 

Peristiwa agitasi oleh gelombang mikro, agitasi dapat menaikan suhu molekul air yang ada di dalam Sel-sel tubuh manusia dan ini dapat berpengaruh terhadap kerja susunan pada syaraf, kerja kelenjar dan hormone serta berpengaruh terhadap psikologis manusia. Hal-hal inilah yang berkemungkinan diduga sebagai penyebab timbulnya Penyait-penyakit seperti Alzheimer atau kepikunan dini. 

Hasil Sel-sel tubuh yang terkena paparan gelombang elektromagnetik seperti pada ponsel mengalami kerusakan yang signifikan. Beberapa akibat buruk yang biasa terjadi pada tubuh manusia menurut sejumlah penelitian antara lain meningkatkan antara lain meningkatkan risiko terkena tumor telinga, kanker otak, berpengaruh buruk pada jaringan otak, dan penyakit lainnya. 

Sebenarnya semua ponsel yang beredar masih bisa dikategorikan aman. Karena tingkat sarnya masih dibawah 1.6 watt/kg. meskipun demikian ada beberapa orang yang merasa agak pusing dan merasa panas di daerah telinga setelah menggunakan ponsel yang dikategorikan panas tersebut. 

Berikut Beberapa Dampak Buruk Radiasi dari Ponsel


Risiko terkena kanker otak

Risiko terkenanya kanker otak pada Anak-anak dan remaja meningkat 400 persen akibat menggunakan ponsel secara berlebihan. Makin muda usia pengguna, makin besar dampak yang ditimbulkan oleh radiasi ponsel. Pada wanita dewasa radiasi ponsel juga berbahaya. Menggunakan ponsel 30 menit dalam sehari selama 10 tahun dapat meningkatkan risiko kanker otak dan acoustic neuroma, penyakit sejenis tumor otak yang dapat menyebabkan tuli.

Menyebabkan tumor otak

Radiasi ponsel dapat memengaruhi terbentuknya neoplasma dan regenerasi sel yang tidak wajar. Umumnya sebuah tumor otak hanya menyerang orang dewasa pada usia produktif, namun tidak sedikit pula ditemukan kasus dimana tumor menyerang Anak-anak. Oleh karena itu usahakan mulai saat ini tidak menggunakan ponsel terlalu sering, apalagi sampai dibiasakan tidur bersama handphone.

Terbakar dan meledak

Media masa seperti televisi dan surat kabar pernah memberitakan kasus ponsel meledak dan terbakar ketika pemiliknya sedar terlelap tidur sehingga melukainya. Kejadian tersebut terjadi karena karena pengguna sering mengisi ulang daya nya dan kemudian tidur disisinya. Ketika daya sudah penuh dan lupa mencabutnya, ponsel tersebut akan menjadi panas dan membuat korsleting dan membuatnya meledak hingga terbakar.

Serangan jantung

Pada beberapa kasus yang pernah ditemukan, seseorang yang memiliki riwayat jantung dan Tiba-tiba meninggal dunia seketika mendengar ponselnya berdering di tengah malam, bisa jadi hal ini menjadi penyebab seseorang dengan penyakit jantung kaget sehingga mengalami serangan jantung.

Alzheimer

Penyakit Alzheimer memang bukan salah satu penyakit yang menular dan pada umumnya menyerang seseorang yang sudah tua. Namun, bagi mereka yang sudah terbiasa tidur di dekat perangkat canggih ini, radiasinya dapat mempercepat proses seseorang mengalami penyakit Alzheimer.

Menyebabkan kelelahan

Ponsel yang berada dekat dengan pemiliknya dapat membuat kualitas tidur menjadi kurang nyenyak. Meskipun anda tertidur, namun sesungguhnya anda masih tersadar. Dengan ditandai anda masih mengingat beberapa hal yang terjadi saat sedang tidur. Hal ini dapat mengakibatkan kelelahan ketika bangun keesokan harinya

Menghambat metabolisme tubuh

Dapat diketahui ketika seseorang tertidur, metabolisme pada tubuh kita sedang bekerja sangat aktif. Oleh karena itu, bila seseorang terpapar radiasi ponsel maka metabolisme tubuh akan terhambat. Sehingga proses pencernaan makanan dan detoksifikasi racun di dalam tubuh juga akan terganggu.

Berisiko melahiran anak hyperaktif

Wanita yang menggunakan handphone ketika hamil memiliki kecenderungan akan melahirkan seorang anak dengan masalah tingkah laku. Wanita hamil yang memakai ponsel, meskipun hanya 2 atau 3 kali dalam sehari dapat menimbulkan bayi mereka terkena penyakit hiperaktif dan akan mengalami kesulitan dalam pemahaman atau proses belajar, emosi dan sosialiasi anak saat masa sekolah. 

Ponsel dapat merusak otak pada nak-anak

Sebisa mungkin jauhkan ponsel dari jangkauan Anak-anak, karena otak mereka yang masih muda, sangat sensitif terhadap radiasi ponsel jika terkena cukup lama, terlebih kepada bayi. Departemen kesehatan masyarakat Toronto telah mengingatkan kepada para remaja dan anak-anak untuk membatasi menggunakan ponsel, dalam rangka menghindari risiko kesehatan yang cukup serius. Anak-anak dibawah umur 8 tahun seharusnya menggunakan sebuah ponsel hanya dalam keadaan darurat, dan para remaja perlu membatasi panggilan kurang dari 10 menit.  

Tips mengurangi atau menghindari radiasi ponsel

  • Jangan menggunakan ponsel saat sedang mengandung, dan jauhkan ponsel dari jangkauan Anak-anak
  • Batasi penggunaan ponsel dalam jangka yang lama
  • Gunakanlah headset dengan kabel untuk mengurangi efek radiasi ponsel Karena menjauhkan ponsel dari kepala. Dan hindarilah menggunakan Bluetooth
  • Cari tahu lokasi hotspot area, dan jauhi paparan langsung dari area transmisi wifi
  • Atasi penggunaan ponsel di dalam gedung, karena akan memancarkan lebih banyak gelombang di dalam gedung dibandingkan di area terbuka
Nah, ulasan diatas merupakan pelajaran untuk membatasi menggunakan ponsel dalam hidup kita, memang benar pada zaman yang modern ini ponsel merupakan suatu perangkat canggih yang dapat mempermudah dalam segala hal. 

Tapi segala sesuatu akan menjadi buruk apabila kita menggunakannya secara berlebihan, apalagi membawa ponsel tidur disebelah kita, karena hal ini sangat berisiko bagi kesehatan tubuh kita. Bagi anda yang sudah memiliki anak sebaiknya jangan perkenalkan ponsel kepada anak anda karena sekali anak mengenal dan mengerti tentang ponsel, sang anak akan kecanduan dan susah lepas dari perangkat canggih ini. 

Alangkah lebih baiknya mencegah dari pada mengobati. Demikian ulasan berikut ini, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon