Tuesday, November 14, 2017

7 Tips Untuk Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Di penghujung tahun adalah waktu di mana di negeri tropis seperti Indonesia saatnya turun hujan, selain ha ini membuat sebagian daerah banjir, namun ada hal yang lebih penting dari itu adalah kesehatan Anda. Banyak yang meremehkan hal ini karena cuaca yang memang dingin dam lembap dam menyebabkan mudah demam untuk orang yang memiliki imunitas yang rendah.

7 Tips Untuk Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan


Untuk itu, lebih baik mencegah daripada mengobati, agar tidak mengganggu aktivitas Anda yang sibuk untuk mencari nafkah untuk keluarga, dan menjaga kesehatan juga salah satu bentuk syukur kita kepada yang pencipta yaitu Allah. 

Berikut Cara Mudah Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan


Hindari untuk kehujanan secara langsung

Hal ini adalah langkah awal pencegahan yang sering di lupakan oleh sebagian orang, rela kehujanan dan membiarkan jas hujan tidak berguna sebagaimana mestinya. Oleh karena itu bentuk usaha pertama kita untuk menjaga kesehatan tubuh secara alami adalah melindungi tubuh dari kehujanan secara langsung.

Konsumsi makanan yang baik dan sehat

Apakah semua makanan baik itu sehat? Belum tentu, contohnya jika Anda mengkonsumsi makanan berlebihan membuat perut sakit, tidak mencuci makanan sebelum mengkonsumsi nya membuat perut sakit dll.

Ini adalah cara kedua untuk menjaga kesehatan di musim hujan dengan memperhatikan seluruh makanan yang kita akan konsumsi, selain halal jika kita muslim juga baik secara bentuknya / kualitas makanan itu sendiri dan cara pengolahannya.

Biasakan cuci tangan sebelum makan

Untuk Anda yang biasa makan makanan menggunakan tangan, ada baiknya membiasakan untuk mencuci tangan sebelum makan, agar bakteri dalam tangan tidak masuk dalam perut dan dapat mengganggu menurunnya imunitas tubuh Anda dan menyebabkan sakit. Terkhusus untuk Anda  yang mempunyai riwayat sakit lambung atau magh.

Lakukan olahraga rutin

Olahraga adalah salah satu bagian baik yang sering di tinggalkan, tidak harus berat seperti gym, lari maraton, cukup lakukan olahraga cukup setiap hari meskipun itu ringan agar tubuh bisa mengeluarkan keringat dan bukti bahwa metabolisme tubuh bekerja degan baik atau normal.

 Konsumsi air putih

Sebenarnya cara satu ini bisa di lakukan siapa saja, berapa usia Anda, setuju kan? Namun tidak banyak yang bisa melakukannya karena faktor kebiasaan atau kesibukan hingga lupa untuk mengonsumsi nya.

Sebagian orang, lebih suka meminum minuman bersoda daripada minuman sehat dan murah seperti air putih, hal ini mulai saat ini haru dirubah, karena jika tidak diri sendiri siapa lagi. 

Menjaga kebersihan lingkungan dan diri sendiri

Hal ini terkait menjaga imunitas tubuh, terkait lingkungan jelas hal ini sangat keterkaitan, bagi sebagian orang yang tidak menjaga kebersihan anggota tubuh dan lingkungan akan mudah lebih di serang penyakit di banding orang yang menjaga kebersihan.

Hal ini karena imunitas tubuh tidak terjaga dengan baik, cara ini sangat mudah hanya dengan merubah pola hidup bersih dengan menjaga lingkungan dari sampah di sekitar Anda.

Jangan sering begadang

Hal ini memang berat dilakukan oleh sebagian orang yang mempunyai setumpuk kerjaan. Namun tidak bisa di pungkiri bahwa begadang akan mengurangi imunitas dalam tubuh. Sehingga mudah di serang penyaki ditambah jika Anda sering kehujanan tanpa perlindungan jas hujan, maka Anda lebih mudah sakit.

Kesimpulan : jaga imunitas tubuh dengan baik, mulai dari menjaga asupan makanan dan menjaga imunitas dari luar seperti tidak memakai jas hujan saat bepergian.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon