Monday, November 13, 2017

INI DIA PENYAKIT AKIBAT SEMBARANGAN MENCOBA TESTER KOSMETIK

Bahaya Dibalik Mencoba Tester Kosmetik. Jangan sembarangan mencoba tester kosmetik di toko kosmetik. Alih-alih mendapatkan kosmetik yang diinginkan, Anda malah menderita penyakit. Salah satunya, penyakit herpes. Baca juga EFEK NEGATIF GUNAKAN PORE STRIPS UNTUK ATASI KOMEDO

INI DIA PENYAKIT AKIBAT SEMBARANGAN MENCOBA TESTER KOSMETIK

Seorang peneliti menjelaskan kalau faktor penyebab Herpes memang kerap ditemukan pada produk kosmetik. Tak hanya Herpes, penularan bakteri lewat pemakaian kosmetik yang bergantian bahkan bisa meningkatkan risiko kebutaan.

Tester kosmetik berisiko mengandung bakteri E.coli, staph dan strep yang berpotensi menyebabkan sakit tenggorokan.

Produk-produk kosmetik mengandung bahan pengawet yang bisa memperlambat pertumbuhan mikroba, tapi bisa saja terkontaminasi kalau orang memakai aplikator atau jari yang tidak bersih saat memakai produk tersebut, atau jika produk itu disimpan dengan tidak benar.

Selain produk kosmetik, alat-alat kosmetik juga berisiko tinggi menularkan bakteri dan menyebabkan penyakit.

Spons dan kuas makeup
Spons dan kuas sering kali dibasahi air terlebih dahulu untuk memudahkan pengaplikasian makeup seperti foundation, concealer atau eyeshadow. Hal itu menyebabkan spons dan kuas jadi lembap dan berisiko jadi sarang bakteri.

Lingkungan (yang lembap) ini berpotensi meningkatkan pertumbuhan bakteri.

Maskara
Bergantian memakai maskara bisa menyebabkan 'pink eye'. Pink eye merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi mata yang iritasi akibat bakteri.

Gejala pink eye umumnya ditandai dengan mata kemerahan, keluarnya kotoran mata yang berlebihan, bahkan kebutaan yang tidak dapat disembuhkan.

Untuk menghindari terkena penyakit akibat penularan bakteri dari kosmetik, disarankan untuk menghindari pakai kosmetik bergantian, terutama kosmetik yang ada di toko dan digunakan banyak orang.

Berikut ini adalah beberapa tips saat kamu harus menggunakan tester kosmetik agar tak sampai tertular bakteri.

- Sebisa mungkin lipstik atau eyeshadow pada punggung tangan. Hindari langsung mencoba pada bibir atau mata karena dapat menimbulkan iritasi bahkan sakit tenggorokan.
- Ini juga berlaku saat mencoba blush on, sebisa mungkin oleskan saja pada tangan bukannya pipi.
- Jika terpaksa harus mencobanya di bibir atau bagian wajah lain segeralah hapus dengan tisu basah.
- Jika tak ada tisu basah, segera cari air dan cuci bagian wajah atau tangan yang terkena make up tester tersebut.
- Jika harus mencoba sampel produk di toko, sebaiknya Anda membawa spons atau kuas sendiri.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon