Tuesday, March 27, 2018

BAHAN-BAHAN ALAMI UNTUK EKSFOLIASI KULIT WAJAH

Eksfoliasi Kulit Wajah dengan Bahan Alami, Bikin Kulit Cantik dan Sehat. Melakukan eksfoliasi alias mengelupas sel kulit mati secara rutin bisa membantu menghilangkan sel kulit mati, menjaga pori-pori kulit tetap bersih dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga kulit terlihat lebih cerah menyehatkan dan lebih muda. Eksfoliasi juga bisa membantu pelembab dan produk perawatan kulit lain yang digunakan bisa melakukan penetrasi dengan lebih baik. Baca juga PERBEDAAN PHYSICAL DAN CHEMICAL EXFOLIANT Angkat Sel Kulit Mati, Pilih Manual Atau Menggunakan Losion

BAHAN ALAMI UNTUK EKSFOLIASI KULIT WAJAH

Eksfoliasi kulit tidak harus dilakukan di salon, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Namun, perlu diingat eksfoliasi tidak boleh dilakukan setiap hari, lakukan hanya tiga kali dalam seminggu.

Berikut ini beberapa bahan yang dapat Anda gunakan untuk melakukan eksfoliasi sendiri di rumah.

1. Baking soda
Bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk eksfoliasi ini adalah baking soda, pembersih wajah, dan air. Campurkan baking soda dengan pembersih wajah untuk diaplikasikan langsung ke kulit wajah, biarkan selama lima sampai sepuluh menit sebelum membilasnya dengan bersih.

2. Gula
Gula adalah bahan eksfoliasi yang paling alami. Gula terbuat dari tanaman tebu, yang merupakan sumber alami asam glikolat, salah satu jenis Alpha Hydroxy Acid. Asam glikolat bagus untuk memecah protein (yakni yang menjadi perekat sel-sel kulit mati sehingga mencegahnya untuk terkelupas), serta meningkatkan produksi sel kulit baru dan menghaluskan dan melembutkan kulit.

Bahan- bahan yang Anda butuhkan adalah setengah sendok teh madu, satu sendok teh gula, dan jus lemon yang segar.

Campurkan madu, gula, dan jus lemon menjadi satu. Jika campuran terasa terlalu encer, tambahkan sedikit gula lagi untuk menjadikannya bahan eksfoliasi kulit Anda.

3. Kopi
Kopi termasuk ke dalam bahan eksfoliasi terbaik karena memiliki efek anti inflamasi dan bisa meningkatkan produksi kolagen. Bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah satu sendok makan kopi bubuk dan satu sendok makan air atau minyak zaitun.

Campurkan kopi dan air atau minyak zaitun sebelum diaplikasikan ke kulit wajah. Jika Anda menggunakan minyak zaitun, hindari mengaplikasikan pelembap wajah sesudahnya, karena terlalu lembap hanya akan menyebabkan munculnya jerawat.

4. Oatmeal
Bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah satu sendok makan oatmeal, seperempat sendok teh garam, dan satu sendok teh air. Campurkan oatmeal dengan garam, tambahkan air untuk menjadikannya pasta, gosokkan perlahan ke permukaan kulit wajah dengan gerakan melingkar, diamkan selama lima sampai sepuluh menit, sebelum membilasnya dengan bersih.

5. Beras
Penggunaan beras sebagai bahan perawatan kulit memang cukup populer dalam dunia kecantikan. Tiap butir beras mengandung berbagai macam mineral, vitamin B1, vitamin C, vitamin E, dan juga ferulic sebagai anti-oksidan yang baik untuk mencerahkan serta menjaga kelembapan kulit. Selain itu, bahan alami yang satu ini juga sangat baik dalam mengatasi iritasi dan peradangan pada kulit.

Campurkan hingga rata 3 satu sendok makan beras merah yang sudah dihaluskan, 1 satu sendok makan plain yogurt, 1 satu sendok makan madu dan 1 satu sendok makan air lemon atau jeruk nipis.

6. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti almond diketahui memiliki kandungan gizi yang sangat menyehatkan kulit. Tak hanya baik dikonsumsi, almond pun dapat digunakan sebagai exfoliating scrub.

Blender segenggam almond hingga terbentuk butiran sebesar garam. Tambahkan 1 sdm minyak kelapa ke 1 sdt almond yang telah digiling dan pijatkan ke wajah.

Minyak kelapa bersifat lembut di kulit, dapat mengatasi iritasi dengan baik, dan melembabkan kulit. Sementara itu, almond mampu melemaskan dan mengangkat sel kulit mati setelah digosokkan dengan lembut. Hindari penggunaan kacang yang terlalu kasar atau kurang digiling dengan baik.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon