Friday, March 30, 2018

PANDUAN DIET SEHAT DI USIA 40 TAHUN KE ATAS

Diet Tepat di Usia 40 Tahun. Melakukan diet di usia 40 tahun ke atas bukanlah hal yang mudah. Metabolisme tubuh pada usia 40 tahun mulai melambat. Anda harus melakukan kebiasaan diet dengan bijak dan tepat. Baca juga INI DIA PENYEBAB JERAWAT DI USIA DEWASA

PANDUAN DIET SEHAT DI USIA 40 TAHUN KE ATAS

Berikut ini panduan diet di usia 40 tahun ke atas yang bisa Anda lakukan.

Tidur selama 7 jam setiap malam

Tidur sangat penting untuk metabolisme yang baik, terutama seiring bertambahnya usia. Sejumlah penelitian telah dipublikasikan tentang bahaya skimping saat tidur.

Jadilah pemakan 80/20

Mengonsumsi makanan sehat dan memperhatikan asupan kalori Anda menjadi semakin penting setelah ulang tahun ke 40 Anda.

Salah satu tips utama menurunkan berat badan adalah aturan 80/20. Buat 80 persen makanan yang Anda makan sehat dan biarkan 20 persen lainnya menjadi makanan yang tidak sehat.

Hindari minum minuman keras

Jika Anda berusia lebih dari 40 tahun dan Anda memutuskan untuk berhenti minum alkohol, maka ini bisa membuat perbedaan besar dalam berat badan Anda.

Memahami dan menyesuaikan diri dengan ritme biologis tubuh yang baru

Kenaikan berat badan akan jauh lebih mudah seiring bertambahnya usia. Salah satu cara diet di usia 40 tahun untuk mengontrol berat badan adalah memahami dan menyesuaikan diri Anda dengan ritme biologis tubuh Anda yang baru. Anda harus mengetahui apa saja jenis makanan yang bisa memicu pertambahan berat badan dengan mudah. Itu sebabnya, sangat penting bagi Anda untuk membuat daftar makanan yang boleh dan tidak boleh Anda konsumsi selama melakukan diet.

Bagi wanita, optimalkan diet untuk mengubah hormon

Metabolisme Anda melambat saat Anda mendekati masa menopause. Namun mengonsumsi lebih banyak makanan tanaman yang belum diproses seperti buah utuh, sayuran, kacang polong, kacang-kacangan dan biji-bijian akan membuat tubuh Anda lebih sehat.

Anda akan menikmati peningkatan energi yang nyata yang akan membuat olahraga menjadi sedikit lebih mudah.

Bagi pria, dapatkan lebih banyak protein tanpa lemak

Kita semua tahu bahwa protein adalah bantuan penurunan berat badan yang penting untuk pria dan wanita dari segala umur. Tapi ternyata hal itu bisa membuat perbedaan yang cukup besar bagi pria berusia di atas 40 tahun.

Meskipun harus meningkatkan kadar protein Anda, Anda harus benar-benar mengurangi daging.

Penelitian telah menunjukkan bahwa pola makan nabati dengan daging terbatas adalah salah satu faktor penurunan berat badan nyata untuk pria, jadi buatlah telur, kacang-kacangan, kacang hitam dan kinoa sebagai makanan pokok baru Anda.

Hilangkan kondisi metabolik yang mendasarinya

Jangan biarkan tubuh Anda bekerja melawan Anda. Sekitar satu dari lima orang dewasa berusia di atas 40 tahun memiliki kondisi tiroid dan banyak dari mereka bahkan tidak mengetahuinya.

Sebuah tiroid lamban adalah alasan utama banyak orang tidak bisa menurunkan berat badan.

Dapatkan cukup vitamin D

Banyak dari kita kekurangan Vitamin D, terutama selama musim dingin. Tapi jika Anda mendapatkan lebih dari itu, maka hal ini bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan atau paling tidak memperlambat kenaikan berat badan Anda.

Kalsium untuk kesehatan tulang

Ketika umur sudah tidak muda lagi, kemungkinan besar hormon Anda akan mengalami perubahan drastis. Hal ini membuat wanita usia 40 tahun ke atas rentan mengalami risiko osteoporosis. Jadi, bagi Anda yang ingin diet di usia 40 tahun ke atas, perbanyaklah konsumsi kalsium. Jika Anda ingin mengonsumsi produk olahan susu, pilihlah produk yang rendah lemak. Konsultasikan kepada dokter Anda untuk pilihan produk kalsium yang tepat untuk Anda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon